Pernahkah Anda mengalami rasa sakit di salah satu atau kedua testis atau di sekitarnya? Hati-hati, mungkin saja Anda mengalami masalah kesehatan. Apa saja sih penyebabnya?

Testis adalah kelenjar kelamin jantan yang terdapat pada hewan dan manusia (pria). Pria mempunyai dua testis dan dibungkus dengan skrotum yang berfungsi memproduksi sperma dan hormon seks pria seperti testosteron.
Mengapa Buah Zakar Terasa Nyeri

Nyeri pada testis bisa saja menjadi gejala berbagai masalah kesehatan dan tidak boleh diremehkan! Dr. G.P. Sharma, MS, MCh, urologist dan senior konsultan dari Sri Balaji Action Medical Institute, New Delhi, India, mengungkapkan 9 alasan penyebab nyeri testis dan cara mengatasinya, seperti dimuat di duniafitness.com:

1. Varikokel

Varikokel merupakan salah satu gangguan kesehatan pada pembuluh darah disekitar alat reproduksi pria, yaitu sekitar testis yang menjadi tempat diproduksinya sperma pada pria.

2. Hernia inguinalis

Hernia atau yang biasa disebut dengan “turun bero” paling umum terjadi dan muncul sebagai tonjolan di selangkangan atau skrotum. Hernia inguinalis terjadi ketika dinding abdomen berkembang sehingga usus menerobos ke bawah melalui celah. Jika Anda merasa ada benjolan di bawah perut yang lembut, kecil, dan mungkin sedikit nyeri dan bengkak, mungkin Anda terkena hernia ini.

3. Hidrokel

Hidrokel disebabkan oleh penumpukan cairan pada satu atau dua testis pria yang menyebabkan skrotum (kantung testis) membesar.

4. Gangrene fournier

Adanya pembengkakan pada skrotum. Gangrene fournier adalah salah satu penyakit darurat di bidang urologi.

5. Kanker testis

Merupakan pertumbuhan sel-sel ganas di dalam testis yang bisa menyebabkan testis membesar atau muncul benjolan di dalam skrotum.

6. Torsi

Kondisi ini terjadi ketika salah satu testis Anda terpelintir secara spontan di dalam skrotum yang menyebabkan penurunan aliran darah ke testis yang terpelintir. Kondisi ini juga sangat darurat dan memerlukan penanganan medik yang cepat.

7. Radang testis

Radang testis atau orchitis/ orchiditis adalah peradangan yang terjadi pada testis sehingga menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan infeksi.

8. Batu ureter

Batu ureter disebabkan akibat batu ginjal yang turun ke ureter. Gerakan peristaltik ureter mencoba mendorong batu ke distal sehingga menimbulkan kontraksi yang kuat. Batu ureter dapat terbentuk di seluruh saluran kemih, terutama pada tempat-tempat yang sering mengalami hambatan aliran urin (stasis urin), yaitu pada sistem kalises ginjal atau buli buli.

9. Cedera disekitar testis

Nyeri pada testis perlu penanganan serius dokter, tetapi dalam keadaan darurat, Dr. Sharma memberikan 3 tip sederhana untuk membantu mengurangi nyeri pada testis :

  • Tempelkan es pada skrotum jika membengkak.
  • Jangan melakukan aktivitas apapun jika terasa nyeri.
  • Pakailah pakaian yang mendukung dan melindungi testis Anda.


Segera pergi ke dokter jika nyeri tidak kunjung hilang.

loading...