Menurut penelitian ilmiah anggur telah di lama diyakini orang memiliki khasiat pengobatan. Anggur adalah buah rendah lemak dengan ukuran, bentuk dan warna berbeda yang segar, manis dan kadang memiliki rasa yang tajam.

Anggur disebut-sebut sebagai makanan fungsional yang banyak memberikan manfaat dari nutrisi yang dikandungnya karena dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Sebagai salah satu buah-buahan yang paling menyehatkan, anggur mengandung 70 kalori per setengah cangkir dan merupakan sumber potassium, vitamin C dan pectin- sejenis serat yang dapat membantu mengurangi kolesterol darah. Ketika dikeringkan menjadi kismis, anggur memiliki konsentrasi gula dan zat besi yang lebih tinggi.

Anggur juga mengandung beberapa phytochemical termasuk resveratrol yang terdapat dalam kulitnya, quercitins, anthocyanin dan catechin. Dengan perannya bagi kesehatan jantung, pencegah stroke dan pelindung kanker membuat anggur hampir dikategorikan dalam status makanan super.

Dalam beberapa penelitian resveratrol yang terdapat dalam kulit semua jenis anggur baik untuk mengurangi resiko kanker payudara, liver, usus dan penyakit jantung. Anggur sebagai komponen utama minuman anggur merah merupakan minuman yang baik bagi kesehatan jantung dimana dapat mengatur pengaruh negatif dari pola makan kaya lemak jenuh yang tinggi.

Untuk mendapatkan anggur yang baik, pilihlah anggur yang segar dengan warna terang dan tidak mengkerut atau lecet. Hindari pematangan dalam batang karena ini menjadi tanda bahwa anggur tersebut tua. Simpan anggur di lemari es tanpa cuci dalam kantong yang dibolongi selama satu minggu.

Berikut adalah beberapa khasiat lain jantung bagi kesehatan anda:

1. Asma

Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.

2. Antibakteri

Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

3. Alzheimer

Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

4. Kanker payudara

Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.

5. Sembelit

Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.

6. Kelelahan

Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.

7. Pencernaan

Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.

8. Migrain

Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.

9. Gangguan ginjal

Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.


loading...