Salah satu penyebab utama serangan jantung adalah tersumbatnya pembuluh darah arteri menuju ke jantung. Beberapa alasan lainnya adalah stres, tidak ada aktivitas fisik dan diet yang tidak sehat.

Beberapa jenis makanan diyakini mempunyai kemampuan untuk membersihkan saluran arteri dan mencegah terjadinya penyumbatan yang mengganggu aliran darah. Beberapa jenis diantaranya adalah buah-buahan dan sayuran yang mungkin sudah dikonsumsi setiap hari, juga ikan salmon dan teh hijau yang sangat populer.

Kebanyakan orang setuju bahwa memasak bahan makanan dapat merusak nutrisi yang dikandungnya, terlebih jika anda mengggorengnya. Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya, konsumsilah dalam bentuk alaminya, hindarilah memasak atau mengolahnya secara berlebihan.

Berikut adalah 10 jenis makanan yang dapat membantu mencegah serangan jantung:

1. Salmon

Salmon yang diperkaya dengan asam lemak sehat yang membantu menurunkan kolesterol darah dan juga mencegah peradangan, dua hal yang menjadi alasan umum yang menyebabkan serangan jantung.

2. Jus jeruk

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan, yang akan membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan juga menjaga tekanan darah tetap normal. Menurut sebuah studi, dua gelas jus jeruk per hari akan menyediakan semua nutrisi penting untuk tubuh dan mencegah penyakit jantung.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan salah satu makanan sehat untuk jantung. Kacang-kacangan diperkaya dengan asam lemak, lemak tak jenuh dan asam lemak omega 3 yang menyehatkan. Memakan kacang-kacangan akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan juga secara signifikan meningkatkan kesehatan sendi dan jantung.

4. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi yang kuat. Hal ini akan mengurangi inflamasi serta penyimpanan lemak yang berlebihan. Menambahkan kunyit ke dalam masakan akan membantu mencegah penyakit jantung.

5. Teh hijau

Salah satu minuman utama yang akan melindungi kita dari serangan jantung adalah teh hijau. Teh hijau mengandung katekin yang merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi jantung. Teh hijau juga dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan metabolisme. Minum dua cangkir teh hijau setiap hari akan memberikan hasil yang baik.

6. Semangka

Semangka dapat dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk menjaga jantung tetap sehat. Hal ini karena semangka dapat merangsang produksi asam nitrat dalam tubuh dan menjaga pembuluh darah tetap bersih.

7. Gandum utuh

Oat, roti gandum dan beras merah juga merupakan makanan yang dapat membantu mencegah serangan jantung, dan memakannya secara teratur akan membantu membersihkan pembuluh darah dan menjaga jantung tetap terlindungi. Semua makanan ini mengandung banyak serat yang dapat mengatur kadar kolesterol dan memberikan perlindungan dari penyakit jantung.

8. Cranberries

Memiliki kandungan yang kaya akan kalium, cranberry dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkontrol. Konsumsi dua gelas jus cranberry setiap hari akan menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 40%.

9. Delima

Delima juga salah satu makanan yang akan membantu mencegah serangan jantung. Delima kaya akan kandungan fitonutrien yang dapat membantu untuk merangsang produksi oksida nitrat dalam tubuh.

10. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, dan hal ini akan menjamin keamanan kesehatan jantung.

loading...