Penyakit jantung merupakan nomor satu penyebab kematian di negara-negara di seluruh dunia, dan makanan merupakan salah satu faktor utama untuk masalah jantung. Untungnya kita bisa mengatur makanan agar kita bisa menjaga kesehatan jantung.

Kebiasaan hidup sehat dapat menghindarkan dari resiko penyakit jantung, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan melakukan pola hidup sehat seperti olah raga teratur, tidak merokok, dan mengonsumsi makanan sehat, dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 82 persen.

Para peneliti menemukan bahwa di antara faktor-faktor risiko utama untuk masalah jantung adalah diet rendah serat tanaman dan jenuh dalam makanan hewani, makanan yang digoreng dan karbohidrat olahan.

Berikut adalah beberapa kelompok makanan yang harus dikonsumsi untuk menjaga jantung tetap sehat:

Sayuran dan buah-buahan

Makanlah lebih banyak sayuran segar, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, danĀ  harus semakin menggantikan makanan asal lemak hewani, makanan yang digoreng dan karbohidrat olahan. Konsumsilah daging tanpa lemak seperti unggas dan hindari daging merah. Lemak pada unggas lebih mudah untuk dicerna.

Gunakan minyak sehat

Hindari menggunakan mentega dan keju. Gunakan sedikit minyak saat memasak dan beralih ke minyak zaitun yang lebih sehat, jika memungkinkan. Minyak zaitun sangat baik dalam membilas lemak dari tubuh. Hal ini akan meningkatkan kolesterol darah dan keseimbangan lemak darah. Hal ini juga akan menurunkan tingkat tekanan darah dan memberikan nutrisi ke otot jantung.

Makan ikan

Konsumsi ikan berminyak seperti sarden, mackerel, salmon dan tuna akan menyuplai asam lemak esensial bagi tubuh, yang membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Hindari ikan yang goreng dengan banyak minyak, kalau bisa tumislah sebentar saja atau goreng dengan minyak sehat.

Bawang putih

Bawang putih diketahui tidak memengaruhi tekanan darah, sehingga dapat sering dikonsumsi. Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. Hal ini baik untuk kesehatan jantung karena makin banyak konsumsi garam, maka makin tinggi risiko terkena tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Teh hijau

Sejumlah penelitian menemukan keterkaitan antara meminum teh hijau dengan penurunan risiko penyakit jantung. Mereka yang meminum lebih dari lima cangkir teh hijau dalam sehari memiliki risiko sekitar 25 persen lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dan stroke. Namun, jika minum lebih dari lima cangkir teh hijau per hari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit batu ginjal.

Hindari fastfood

Hindari makanan siap saji dan serba instan karena dapat memperbesar risiko terkena berbagai macam penyakit yang berbahaya, salah satunya adalah penyumbatan saluran darah yang dapat berujung kepada serangan jantung. Selain berkalori tinggi, makanan siap saji umumnya mengandung kadar garam yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan hipertensi.

Selain mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, juga perlu membatasi asupan garam tidak lebih dari 5-6 gram per hari,.

loading...