Penyakit jantung lebih sering terjadi pada orang dengan usia lanjut, terutama pada mereka yang gemuk, merokok, atau yang memiliki tekanan darah tinggi. Pria dan wanita menunjukkan tanda atau gejala yang sama, namun pada wanita lebih sering mengalami kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, masalah tidur, dan sesak napas. Perempuan juga merasakan sakit atau sesak di dada lebih dari rasa sakit yang dirasakan oleh pria.

Berikut adalah tanda-tanda masalah jantung:

  • Kecemasan dan kesulitan bernafas setelah latihan; serangan seperti ashma yang lebih buruk ketika orang berbaring (asma jantung).
  • Detak jantung yang cepat, lemah, atau tidak teratur.
  • Pembengkakan kaki, kadang memburuk di sore hari.
  • Sesak napas meski tidak sedang olahraga, kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, kelemahan, dan pusing.
  • Serangan rasa nyeri mendadak di dada, bahu kiri, atau lengan yang terjadi ketika berolahraga dan segera sembuh setelah beristirahat selama beberapa menit (angina pectoris).
  • Mengalami rasa yang sangat sakit pada dada seperti tertimpa bebean besar; tidak hilang dengan istirahat (serangan jantung).
  • Pada wanita, perasaan seperti gangguan pencernaan, mual, sifat lekat, kejang, nyeri rahang (serangan jantung).


Berikut adalah beberapa hal untuk menangani gangguan jantung:

  • Penyakit jantung yang berbeda mungkin memerlukan obat-obatan tertentu yang berbeda, yang harus digunakan dengan hati-hati. Jika anda berpikir seseorang memiliki gangguan jantung, segera carilah bantuan medis. Sangat penting bahwa penderita jantung memiliki persediaan obat yang tepat ketika ia membutuhkannya.
  • Orang dengan gangguan jantung tidak harus bekerja begitu keras untuk menghindari mengalami rasa nyeri dada atau mengalami kesulitan bernapas. Namun, olahraga teratur membantu mencegah serangan jantung.
  • Orang dengan masalah jantung sebaiknya tidak makan makanan berminyak dan harus menurunkan berat badan jika memiliki kelebihan berat badan. Juga, mereka harus berhenti merokok atau minum alkohol.
  • Jika orang tua mulai mengalami serangan sulit bernapas atau pembengkakan pada kaki, dia harus makan makanan yang mengandung sedikit atau tanpa garam selama sisa hidupnya.
  • Jika seseorang memiliki angina pectoris atau serangan jantung, dia harus beristirahat dengan tenang di tempat yang dingin sampai rasa sakit hilang.


Jika nyeri dada yang sangat kuat dan tidak hilang dengan istirahat, atau jika orang tersebut menunjukkan tanda-tanda syok, kondisi jantungnya mungkin telah rusak parah. Orang tersebut harus istirahat di tempat tidur selama setidaknya satu minggu atau selama dia sakit. Kemudian ia bisa mulai duduk atau menggerakan badan dengan perlahan, tetapi harus tetap sangat tenang selama sebulan atau lebih. Segera carilah bantuan medis.

Tips untuk orang muda yang ingin sehat pada masa tuanya

Banyak masalah kesehatan yang bisa terjadi pada orang lanjut usia atau bahkan pada usia sebelumnya, termasuk tekanan darah tinggi, pengerasan arteri, penyakit jantung, dan stroke. Hal tersebut sebagian besar merupakan akibat gaya hidup pada masa mudanya, apa yang ia makan, minum, dan merokok.

Anda bisa memiliki peluang besar untuk hidup lebih sehat pada masa tua, jika melakukan hal berikut:
1. Makan makanan yang bergizi, kurangi makanan berminyak, atau mengandung banyak garam. Hindari kelebihan berat badan. Gunakan minyak sayur daripada lemak hewan untuk memasak.
2. Jangan minum minuman beralkohol berlebihan.
3. Jangan merokok.
4. Tetap aktif fisik dan juga aktif secara mental.
5. Cukup istirahat dan tidur.
6. Santai, hadapi segala hal dengan positif, jangan mudah khawatir atau marah.

loading...