Dengan bertambahnya usia, kekuatan tubuh akan berangsur-angsur melemah. Tulang akan menjadi lebih rawan patah dan mengalami kerusakan. Tubuh kita terdiri dari 206 tulang. Tulang memberikan kekuatan yang diperlukan dan mendukung untuk menjaga tubuh tetap tegak. Oleh karena itu, perlu untuk menjaga kesehatan tulang seperti juga organ lain dalam tubuh.

Tulang sangat penting untuk melaksanakan fungsi-fungsi vital dalam tubuh. Tulang memberikan kerangka dan postur tubuh yang tepat, dengan demikian kita perlu untuk menjaga tulang kuat dan sehat. Karena tulang terdiri dari kolagen dan kalsium, maka kekurangan kalsium bisa menyebabkan masalah tulang seperti osteoporosis.

Beberapa faktor risiko yang terkait dengan osteoporosis termasuk gaya hidup tidak aktif, merokok, konsumsi alkohol, kalsium rendah dalam diet dan riwayat keluarga. Mempertahankan diet sehat kaya akan kalsium dan vitamin D akan menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Juga konsumsi makanan yang kaya kalsium dan vitamin D dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Berikut adalah bebeapa makanan yang dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan tulang:

1. Susu

Susu merupakan sumber yang kaya kalsium yang diperlukan untuk penguatan tulang. Susu menyediakan sekitar 30% dari dosis harian kalsium. Susu yang diperkaya dengan vitamin D berguna dalam menjaga kekuatan tulang. Vitamin D juga membantu dalam penyerapan kalsium dari makanan.

2. Keju

Keju kaya akan kandungan kalsium. Mengkonsumsi keju secara tidak berlebihan baik untuk kesehatan tulang. Karena vitamin D kurang dalam keju, gunakan keju yang telah diperkaya vitamin D.

3. Yoghurt

Yoghurt adalah sumber terbaik kalsium selain susu. Yoghurt juga diperkaya dengan vitamin D. Yoghurt Yunani atau Greek yogurt atau labneh adalah sumber terbaik kalsium dan vitamin D yang memberikan kekuatan untuk tulang.

Greek yogurt atau labneh merupakan yogurt yang disaring sehingga menghasilkan tekstur kental antara yogurt dan keju. Rasanya asam khas yogurt. Greek yogurt bisa disantap begitu saja atau dimasak, serta bisa dijadikan hidangan gurih atau manis. Greek yogurt pun bisa menjadi alternatif mentega yang lebih menyehatkan.

4. Ikan salmon

Salmon memiliki jumlah kandungan kalsium yang baik, yang sangat berguna untuk tulang maupun jantung. Sekitar 3 ons salmon mengandung 181 gram kalsium yang baik untuk tulang dan kesehatan jantung.

5. Sarden

Sarden merupakan sumber makanan lain yang dapat membantu untuk memperkuat tulang. Sarden memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Bahkan sarden adalah salah satu sumber kalsium yang termurah dan yang terbaik. Sarden juga kaya akan asam lemak omega-3.

loading...