Kondisi tulang lemah dan rapuh disebut sebagai osteoporosis. Tulang memberikan dukungan untuk otot dan melindungi organ-organ internal di dalam tubuh.

Tulang yang kuat melindungi terhadap osteoporosis. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang pada masa bayi, masa kanak-kanak dan remaja.

Kalsium adalah mineral yang memperkuat tulang dan gigi. Vitamin D, di sisi lain, membantu untuk menyerap kalsium dan selanjutnya meningkatkan kesehatan tulang. Oleh karena itu, dalam rangka untuk menjaga kesehatan tulang yang baik dan mencegah osteoporosis, maka perlu untuk makan dengan benar!

Kita harus memilih makanan yang kaya akan kalsium, vitamin D dan protein yang biasanya ditemukan dalam susu dan produk susu, telur, almond, bayam, tuna, salmon, dll.

Vitamin D berlimpah ditemukan di bawah sinar matahari. Sangat sedikit makanan merupakan sumber yang baik dari vitamin D.

Jadi, makan makanan yang tepat membantu dapat untuk menghindari osteoporosis. Berikut ini adalah 5 jenis makanan yang baik untuk kesehatan tulang anda:

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan sumber yang kaya vitamin D. Minum satu cangkir yoghurt sehari dapat mencukupkan kebutuhan kalsium harian dan juga menguatkan tulang anda. Hal ini juga dapat mencegah osteoporosis jika dikonsumsi secara teratur.

2. Susu

Susu adalah sumber kalsium terbaik. Mengkonsumsi susu secara teratur dapat mengurangi risiko kepadatan tulang yang rendah. Susu juga mencukupkan kebutuhan harian tubuh akan kalsium dan vitamin.

3. Kacang almond

Mengkonsumsi setengah cangkir almond sehari menambahkan sampai sekitar 18% dari kebutuhan kalsium per hari. Almond tidak hanya memperkuat tulang tetapi juga membantu dalam penurunan berat badan dan mempromosikan kesehatan jantung.

4. Brokoli

Brokoli adalah makanan super yang memiliki jumlah tinggi vitamin K dan kalsium. Dengan demikian, brokoli sangat bagus untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Menambahkan brokoli pada makanan harian anda dapat mencegah osteoporosis dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

5. Jus jeruk

Minum jus jeruk pagi hari adalah cara yang bagus untuk memulai aktifitas harian anda. Jeruk kaya akan vitamin C. Jeruk juga mengandung kalsium, mineral untuk menguatkan dan membantu perkembangan tulang. Jeruk menyediakan sekitar 6% dari kebutuhan harian kalsium anda.

loading...