Selain mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari, beberapa makanan tertentu juga memiliki khasiat ntara lain dapat mengatasi kelelahan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menyembuhkan dari sakit. Bahkan pencegahan dan penanganan gejala penyakit sering dapat secara signifikan dibantu melalui makanan yang kita makan.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu menyembuhkan anda:

Kelp - Rumput laut besar baik buat tiroid

Tingkat tiroid yang rendah dapat menyebabkan rasa lesu, kesulitan memulihkan dari sakit, kurangnya stamina, mood yang kurang baik, dan lain-lain. Yodium sangat penting untuk tiroid, suatu kelenjar yang berbentuk kupu-kupu di leher.

Rumput laut kaya akan kalsium, kalium magnesium, dan -yang paling penting untuk tiroid rendah tingkat- yodium. Meski demikian, yodium yang berlebihan bisa menimbulkan masalah juga. Kuncinya adalah jumlah moderat untuk meningkatkan tingkat energi dan fungsi otak.

Selain rumput laut, bahan makanan yang baik untuk tiroid antara lain sayuran berdaun hijau termasuk kangkung, bok choy, bayam, peterseli, kacang hijau, dan alfalfa.

Jahe - mengurangi mual

Kebanyakan orang sudah biasa menggunakan jahe sebagai bumbu masakan, selain itu jahe juga berkhasiat membantu pencernaan dan menenangkan perut serta mengobati radang sendi. Jahe juga diakui oleh para praktisi kesehatan dapat mengurangi rasa mual, terutama pasca operasi .

Sumber jahe antara lain jahe segar, jahe dalam makanan dan minuman, dan jahe herbal dalam bentuk ekstrak, kapsul, dan minyak.

Jamur - herbal terpercaya

Jamur telah banyak dimanfaatkan sebagai herbal untuk meningkatkan kesehatan, salah satunya jamur shiitake. Jamur shiitake membantu menyehatkan jantung dengan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Penelitian terus berlanjut untuk mengkaji bagaimana jamur shiitake dapat melawan kanker dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui senyawa lentinan, yang diyakini dapat memperlambat pertumbuhan tumor. Menurut American Cancer Society, setidaknya satu percobaan klinis menunjukkan bahwa lentinan dapat memperpanjang hidup pasien kanker kolorektal.

Lemak - tak semuanya buruk

Kebanyakan lemak mengakibatkan kegemukan dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Berbagai cara dilakukan orang untuk mengurangi lemak tubuh, meski demikian harap tidak menurunkan lemak secara drastis atau ekstrim. Lemak merupakan zat yang sangat pentng bagi tubuh, selain itu tidak semua lemak buruk bagi tubuh, ada juga lemak baiknya.

Lemak sangat penting bagi otak kita untuk dapat berfungsi dengan baik. Mengurangi lemak seluruhnya dapat menyebabkan depresi dan menimbulkan jerawat.

Lemak sehat, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung. Sumber lemak sehat termasuk lemak ikan, alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan tertentu, seperti kenari dan almond.

Kalsium - menyembuhkan patah tulang

Beralih ke makanan yang kaya kalsium merupakan langkah yang direkomendasikan untuk mempercepat penyembuhan patah tulang. Langkah selanjutnya adalah perbanyak asupan vitamin D, yang membantu tubuh menyerap kalsium.

Sumber kalsium meliputi produk susu (seperti yoghurt dan susu), sayuran hijau (seperti kangkung), dan kacang-kacangan. Sumber vitamin D termasuk telur, susu, dan ikan berlemak (seperti sarden dan salmon).

Probiotik - bakteri baik melawan penyakit

Probiotik adalah mikroorganisme hidup ("bakteri baik") yang diperlukan tubuh untuk melindungi serangan penyakit. Probiotik dapat ditemukan dalam makanan seperti yoghurt, kefir, dan minuman kedelai.

Probiotik juga dapat diperoleh dalam bentuk suplemen. Para peneliti terus mengeksplorasi potensi probiotik untuk mengobati penyakit termasuk sindrom iritasi usus, infeksi kulit, dan kanker tertentu. Penelitian-penelitian itu tampak menjanjikan, sebuah laporan lain mengungkapkan bukti dari probiotik untuk mengobati diare dan mencegah infeksi saluran kemih.

Bit - sumber karbohidrat tinggi

Karbohidrat memberi kita energi. Saat ini banyak dari kita sering beralih ke karbohidrat olahan yang tidak mengandung nutrisi lainnya. Bit adalah pasokan energi alami yang mengandung karbohidrat yang tinggi, kalsium, besi, vitamin A dan C, beta-karoten, vitamin B6, asam folat, mangan, kalsium, magnesium, zat besi, potasium, dan fosfor.

Bit mempunyai banyak manfaat luar biasa. Penelitian mengungkapkan bahwa bit dapat membantu dalam melawan kanker dan melindungi terhadap penyakit jantung. Bit mempunyai efek membersihkan yang hebat dan menguntungkan bagi seluruh sistem tubuh serta dapat memperkuat sistem kekebalan. Sayuran ini mengandung antioksidan yang tinggi dan membantu mencagah infeksi.

Berbagai khasiat bit antara lain membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh, memperkuat sistem peredaran darah dan sistem kekebalan, memperkuat fungsi darah dan mengatasi anemia, melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal serta memberi tenaga dan menyeimbangkan tubuh.

loading...