Ada berbagai pilihan nutrisi penunjang pembentukan otot yang bisa Anda dapatkan dari makanan di sekitar Anda. Bahkan Anda tidak akan mengira jika makanan-makanan tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar bagi pembentukan otot Anda.

Apa saja makanan tersebut, berikut 5 jenis di antaranya:

1. Putih Telur

Salah satu kunci sukses para atlet binaraga dunia memiliki otot besar adalah, mereka sangat akrab dengan telur( terutama bagian putih telurnya) dan selalu memasukkan makanan ini ke dalam program diet mereka.

Dengan rasio protein dan lemak 60:1, putih telur menjadi salah satu sumber protein terbaik yang baik dan paling mudah didapat hingga saat ini.

Tak hanya itu, makanan sehat ini juga diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral penting untuk menunjang pembentukan otot.

2. Dada Ayam & Kalkun

Dada ayam dan kalkun adalah sumber protein yang paling familiar di kalangan bodybuilder. Selain rasanya yang lezat dan menggugah selera, dada ayam mengandung 48 persen protein/sajian sedangkan kandungan protein dada kalkun bisa mencapai 73 persen protein / sajian.

3. Susu Protein

Penelitian membandingkan antara sport drink yang mengandung karbohidrat dan elektrolit dengan susu protein yang dikonsumsi setelah altihan. Hasilnya, susu protein terbukti lebih baik dalam mensintesis glikogen otot, mencegah penyusutan otot, dan memaksimalkan pembentukan sel-sel otot baru setelah latihan.

4. Almond

Almond mengandung alfatokoferol, yaitu bentuk terbaik dari vitamin E yang cepat diserap oleh tubuh. Vitamin E merupakan antioksidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas setelah Anda berlatih, sehingga otot akan lebih cepat melakukan pemulihan dan pertumbuhan.

Selain itu vitamin E yang terdapat pada almond dapat mencegah Anda dari penyakit kulit. Konsumsi satu hingga dua genggam almond setiap hari akan membantu Anda meningkatkan perkembangan otot lebih optimal.

5. Air

Ingat bahwa tubuh 70 persen tubuh Anda terdiri dari cairan. Sel-sel otot, aliran darah, dan hampir semua organ tubuh Anda terdiri dari cairan. Ketika Anda menjalankan program pembentukan otot, nutrisi penting ini wajib Anda sertakan. Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan faktor penting agar otot Anda terlihat berkembang.

Air juga berfungsi sebagai media transportasi nutrisi ke sel-sel otot, sehingga lebih efisien dan efektif dalam mengirimkan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. 8-9 gelas air perhari adalah jumlah yang direkomendasikan. Kebutuhan ini bisa lebih banyak tergantung dari tingkat aktivitas Anda sehari-hari.

sportindo

loading...