Tahun 2009, kuota penerimaan PNS sebanyak 300 Ribu

Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara (Meneg PAN), Taufiq Effendi, mengungkapkan bahwa kuota penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) tahun 2009 sekitar 300 ribu orang.

"Kuota itu akan dibagi untuk 33 provinsi seluruh Indonesia dan sudah termasuk pengangkatan pagawai honorer," kata Taufiq Effendi, di Pontianak, Selasa.

Menteri mengatakan, awal Juli mendatang akan membahas pembagian kuota penerimaan PNS dengan semua kepala daerah.

"Untuk tes penerimaan CPNS akan kita lakukan setelah pelaksanaan Pemilihan Presiden, 8 Juli 2009, tetapi kita belum bisa tentukan bulannya kapan," kata Taufiq Effendi.

Tes CPNS digelar setelah Pilpres karena untuk menghindari masuknya unsur politik dalam penerimaan PNS.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kalimantan Barat Utin Kusumawaty mengatakan telah mengusulkan 21 atlet berprestasi untuk diangkap menjadi PNS.

"Lima di antaranya sudah diterima pada perekrutan tahun 2008," katanya.

Ia menambahkan, rekrutmen terhadap atlet tersebut dilakukan secara bertahap karena keterbatasan kemampuan pemerintah. "Kalau kemampuan rekrutmen tahun ini lebih banyak, semoga saja semakin banyak atlet yang diangkat menjadi PNS," kata dia.

Syarat utama adalah peraih medali emas untuk kategori kompetisi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON), medali perak tingkat regional seperti Sea Games, dan medali perunggu tingkat internasional seperti Olimpiade atau Asian Games.

Para atlet dan pelatih yang diterima, rencananya akan bekerja di Dinas Pemuda dan Olahraga sesuai keahlian masing-masing.