Banyak cara yang dilakukan orang untuk mendapatkan kebahagiaan, lain orang lain pula caranya. Ada yang yakin bahwa materi dapat memberikan kebahagiaan, yang lain berpendapat bahwa keluarga merupakan sumber kebahagiaan, dan lain-lain lagi.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan kebahagiaan:

1. Bersama dengan orang yang anda cintai. Penelitian menunjukkan bahwa orang bahagia menghabiskan waktu sendirian sangat kecil. Sebaliknya, mereka selalu dikelilingi oleh teman dan keluarga dan menemukan kebahagiaan dengan berbagi kehidupan dengan yang lain.

2. Nikahilah seseorang yang anda cintai dan hormati. Saran dari Socrates: “Semua pengertian pernikahan: jika anda mendapatkan istri yang baik, anda akan bahagia; jika anda mendapatkan istri yang tidak baik, anda akan menjadi seorang filsafat”.

3. Banyak tersenyum. Melakukan sesuatu sering membuat anda ikut merasakan perbuatan tsb. Disamping itu, hal tsb akan membuat anda terlihat lebih baik, dan mungkin membuat orang lain bahagia.

4. Banyak tertawa. Tidak hanya baik untuk jantung, tapi juga untuk orang-orang di sekitar anda.

5. Jujur. Kejujuran adalah kebijakan terbaik, dan tidak menyebabkan banyak sakit kepala di kemudian hari. Tentu saja, jalan untuk kejujuran akan menjadi kelebihan dari integritas seseorang, walaupun sulit, tapi mungkin. Tapi ingatlah untuk mengatakan kepada tetangga anda bahwa dia terlihat lebih kurus / turun berat badannya.

6. Habiskan uang kurang dari yang anda dapatkan, dan rencanakan untuk pension anda. Tidak peduli berapa banyak yang anda dapatkan, dan betapa inginnya anda membeli suatu barang, jangan habiskan semua.

7. Berikan sebanyak yang anda bisa. Berikanlah sesuatu kepada yang lebih membutuhkan daripada anda, dalam hal waktu dan uang. BeBeberapa reaksi yang mungkin timbul merupakan sebuah hadiah.

8. Nikmatilah hidupmu. Kelilingi diri anda dengan bau yang harum, parfum yang wangi, buat kue. Pajang foto atau gambar anda di dinding. Belilah bunga untuk menghias rumah anda. Makan makanan yang berbumbu pedas, dan lain-lain.

9. Hilangkan semua kekusutan. Berihkan lemari , meja, dapur anda. Jangan biarkan barang-barang bertumpuk.

10. Sumbangkan barang-barang yang tidak anda gunakan. Jika anda memiliki buku yang tidak anda baca, pakaian yang tidak anda pakai, atau bingkisan yang tidak anda gunakan: berikan mereka sesuatu yang dapat menghargai mereka.

11. Jadilah sehat. Makan makanan yang sehat, hindari makanan cepat saji/ junk food dan kelebihan minum minuman alcohol, berolahraga secara rutin, dan pastikan anda melakukan check up kesehatan setahun sekali.

12. Ingatlah bahwa anda sehat. Sebuah penelitian menarik menunjukkan bahwa kebahagiaan tidak selalu berkorelasi dengan kesehatan. Banyak orang sehat tidak memperhatikan bahwa mereka sehat, sedangkan orang yang sakit menghargai sisa-sisa hari yang mereka lalui dengan sehat.

13. Bersyukurlah. Ucapan syukur itu sangat penting untuk kebahagiaan. Psikiater menemukan bahwa berbicara dan menulis mengenai hal-hal yang disyukuri memperkuat kebahagiaan pada orang dewasa. Belajar untuk menikmati hal-hal kecil juga berdampak yang sama.

14. Luangkan waktu untuk merefleksi diri. Meditasi, buatlah jurnal, atau keduanya. Mereka dapat memberi perspektif dan struktur kehidupan anda.

15. Tentukan standard anda. Buatlah tujuan-tujuan untuk diri anda, berdasarkan apa yang anda piker masuk akal. Anda akan merasa lebih bahagia saat anda mencapainya.

16. Temukan aktivitas yang anda cintai. Cobalah meluangkan waktu melakukan pekerjaan atau aktivitas yang dapat membuat jam berlalu dengan cepat. Orang yang paling bahagia biasanya adalah orang yang sibuk melakukan hal yang mereka cintai, dari memasak, memulai bisnis baru, atau bersama dengan anak.

17. Buatlah rutinitas, tapi ingat bahwa kejutan sering membawa kebahagiaan yang lebih. Kehidupan penuh dengan ketidak pastian untuk dikontrol. Pengalaman-pengalaman yang tidak kita rencanakan, kadang membawa keperkembangan dan pemenuhan yang lebih besar.

18. Kembangkan mental anda. Belajar memberikan kepuasan yang lebih dibandingkan berbelanja secara impulsive.

#dari internet

loading...