Kelainan / gangguan (impairement) adalah kehilangan atau kelainan jiwa, struktur atau fungsi anatomi. Kecacatan adalah suatu keterbatasan atau kekurangan (akibat dari kelainan/gangguan) kemampuan untuk melakukan aktifitas dengan cara atau dalam tingkat yang dianggap normal bagi manusia.

Cacat jasmaniah adalah kekurangan bagi individu tertentu, akibat dari suatu kelainan / gangguan atau kecacatan, yang membatasi atau menghalangi pemenuhan suatu peran yang normal (tergantung umur, jenis kelamin, dan factor social budaya) bagi individu tersebut.

Berikut adalah enam jenis kecacatan yang biasa terjadi pada manusia, yaitu:

1. Kecacatan visual meliputi buta total dan rendahnya daya lihat

Buta total (total blind) artinya kedua mata tidak bisa melihat sama sekali. Rendahnya daya lihat (low vision) artinya kedua mata tidak mampu menghitung jari-jari yang digerakkan pada kejauhan satu meter bahkan dengan menggunakan kaca mata.

2. Kecacatan pendengaran artinya kedua telinga, tanpa alat bantu pendengaran, tidak dapat mendengar suara atau pembicaraan pada jarak satu meter.

3. Kecacatan intelektual artinya tidak mampu berbicara sama sekali atau pembicaraan tidak dapat dimengerti.

4. Kecacatan fisik artinya kelainan pada tulang, otot, atau gerak sendi. Katagori ini termasuk paralityc atau bagian gerak tubuh yang tidak lengkap. Juga yang termasuk dalam kategori ini adalah orang yang tidak mampu berbicara dengan jelas karena sebab-sebab yang lain.

5. Gangguan mental, kesulitan-kesulitan utama pada skill (duduk, berdiri, berjalan, berbicara, berpakaian, dan makan) dan biasanya terjadi sejak masa kanak-kanak. Ini termasuk berkurangnya kemampuan intelektual. Keadaan ini menjadi cacat jasmaniah dalam kegiatan sosial dan pekerjaan sampai lanjut usia.

6. Gangguan jiwa artinya kelainan mental dan tingkah laku. Seseorang yang mengalami kecacatan ini sering berbicara dan tertawa sendiri dan tingkah laku mereka tidak dapat ditebak. Cacat bawaan sejak lahir.

loading...