Bagi anda yang terbiasa menyajikan teh, mungkin mengalami betapa noda kecoklatan bekas air teh banyak menempel pada cangkir keramik kesayangan anda, dan noda ini ternyata cukup susah untuk dibersihkan. Semakin lama semakin banyak noda bekas air teh itu dan juga semakin susah untuk dihilangkan. Banyak cara untuk menghilangkan noda bekas teh dan kopi itu, mulai menggunakan sabut cuci sampai menggunakan cairan pembersih yang khusus untuk menghilangkan noda seperti itu.

Rupanya, untuk membersihkan noda bekas teh & kopi tersebut tidak perlu susah-susah, berbagai jenis minuman, makanan dan barang kebutuhan rumah tangga sehari-hari dapat pula membantu anda membersihan noda bekas teh yang membandel tersebut.

Berikut adalah beberapa "bantuan" yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan noda kopi dan teh:

1. Baby wipes

Gunakan baby wipes atau tisu basah untuk membersihkan tumpahan kopi dari karpet Anda. Selain menyerap kopi, tisu basah juga dapat membersihkan noda kopi.

Gunakan juga tisu basah khusus bayi ini untuk membersihkan tumpahan kopi di baju dan mebel, terutama untuk tumpahan baru yang belum mengering.

2. Baking soda

Jangan biarkan sisa kopi dan teh tersisa di keramik anda. Berikan sedikit baking soda pada lap bersih yang telah anda basahi dengan air. Seka dan gosokkan sisa kopi dan teh dengan menggunakan lap tersebut. Selanjutnya, bilas dengan air bersih, kemudian keringkan.

Selain keramik, anda juga dapat menghilangkan noda dari konter dapur anda. Taburkan baking soda, sedikit air, dan gosok-gosokkan sedikit.

3. Bir

Menurut situs The Reader's Digest, anda bahkan dapat menghilangkan noda kopi dan teh dengan bir. Tuangkan bir pada permukaan yang terkena kopi atau teh. Setelah itu, anda hanya perlu menggosok-gosokkan bagian yang kotor.

4. Garam

Taburkan garam ke atas spons. Setelah itu, seka spons ke bagian cangkir yang terkena noda kopi atau teh. Jika noda tersebut masih tersisa, campur cuka putih dan garam dengan perbandingan setara. Setelah itu, gosok spons yang sudah diberi campuran garam dan cuka ke cangkir.

5. Cuka

Cuka adalah pembersih serbaguna yang efektif. anda dapat menghilangkan berbagai jenis noda dengan cuka. Untuk noda yang cukup lebar di baju anda, rendam baju tersebut di dalam campuran cuka dan air dingin dengan perbandingan 3 bagian cuka dan 1 bagian air dingin sebelum mencucinya.

6. Nanas

Untuk menghilangkan noda kopi dan teh dari cangkir, anda juga dapat menggunakan nanas. Ambillah bagian tengah nanas, dan gosokkan pada caking atau mug yang memiliki noda teh atau kopi. Setelah itu, cuci seperti biasa.

Cuka, Agresif Merontokkan Kotoran

Tahukah anda, cuka tidak hanya mampu membuat masakan lebih lezat? Cuka ternyata juga mampu "membantu" anda melakukan banyak pekerjaan rumah. Tidak percaya?

Mungkin, anda perlu mencobanya sendiri beberapa "kehebatan" cuka ini. Dengan memanfaatkannya, anda dapat mengurangi penggunaan zat kimia dan ikut melestarikan lingkungan. Simak tipsnya berikut ini:

Cairan pembersih

Cuka dapat anda gunakan untuk membersihkan kaca jendela, lantai, konter dapur, keramik, bahkan perabotan besi. anda hanya perlu mencampurkan cuka dengan air bersih. Campuran ini dapat membawa kembali kilau perabotan anda.

Dengan kadar cuka yang lebih pekat, anda bahkan dapat menggunakannya untuk membersihkan ubin kamar mandi dan noda membandel di kamar mandi anda.

Pengharum saluran

Jika saluran pembuangan air di wastafel atau sink dapur sudah berbau tidak sedap, anda bisa menuangkan cuka ke dalam saluran dan guyur menggunakan air panas. Efek cuka dapat menjadi lebih "agresif" lagi dengan menambahkan campuran baking soda dan cuka ke dalam saluran untuk merontokkan material yang menempel di dinding saluran.

Menghilangkan noda

Cuka juga efektif untuk menghilangkan noda. Untuk noda pada baju, rendamlah baju ke dalam cuka selama 24 jam. Gosok-gosok bagian baju yang terkena noda dengan lembut dan cucilah dengan air dingin.

Menambahkan satu cangkir cuka ke dalam cucian baju anda juga efektif untuk menghilangkan kotoran dan sisa sabun. Bahkan, mencuci dengan cuka juga dapat menghilangkan bau pada baju-baju olahraga yang sebelumnya penuh keringat.

Menumbuhkan tanaman

Tak hanya itu. Cuka bahkan dapat membantu anda bercocok tanam. Jika tanah di halaman rumah mengandung alkalin dan anda ingin menumbuhkan tanaman yang memerlukan banyak asam seperti rhododendron, tambahkan saja cuka ke tanah tempat menanam tanaman tersebut. Namun, pastikan anda sudah mengecek kadar asam di tanah rumah anda. Terlalu banyak asam justeru dapat merusak tanaman.

sumber: kompas

loading...