Banyak sekali bahaya yang mengancam anda di internet, mulai dari yang masuk kategori mengganggu sampai yang merusak. Kalau anda termasuk orang yang sering bertransaksi melalui internet, berhati-hatilah. Orang-orang jahat di internet setiap saat mengincar uang anda. Sebut saja virus, spyware, keylogger, trojan, spam, adware dan masih banyak lagi. Lebih baik mencegah, karena kalau sudah kejadian, anda akan dibuat repot dan dirugikan.

Untuk persiapan anda sebelum masuk ke internet, berikut ini saya sarankan sebagai berikut :

Browser
Gunakan program internet browser yang relatif aman. Update-lah browser anda sesering mungkin, aktifkan fasilitas Auto Update, hal ini untuk kebaikan anda. Saran saya gunakan browser Mozilla Firefox, selain cepat juga relatif aman.

Antivirus
Aktifkan selalu program antivirus anda, gunakan antivirus yang sedikit memakan resources komputer anda. Saran saya gunakan antivirus gratisan misalnya: AVG Free Edition atau Avira Antivirus. Lakukan update databasenya minimal sebulan sekali, bahkan pembuat program antivirus merilis database antivirus setiap hari untuk membasmi virus atau trojan yang juga dibuat setiap hari oleh para virus maker.

Anti spyware
Spyware, malware, adware sebenarnya awalnya bertujuan baik dan sering digunakan oleh situs e-commerce dalam memonitor pelanggannya, apa saja produk yang diinginkan dan kebiasaan apa yang dilakukan oleh para pelanggannya. Tetapi dalam perkembangannya, spyware ini disalahgunakan oleh hacker untuk tujuan merusak, mengambil data pengguna internet dan tujuan offensive lainnya. Saran saya gunakan program: Spyware Doctor dari PC Tool, Spyware Blaster, dan lain-lainnya.

Firewall
Jika komputer anda mempunyai program firewall sebaiknya diaktifkan, hal ini berguna untuk menangkal serangan yang masuk ke komputer anda dari internet.
Jangan mengetikkan password atau passphrase anda di keyboard, bahkan di komputer rumah sekalipun apalagi jika anda di warnet. Program keylogger akan mencuri account dan password anda. Gunakan selalu copy dan paste untuk memasukan password anda, itupun belum aman 100%, hacker masih memiliki program pengintip / pemantau isi 'clipboard'. Untuk menghindari program pemantau isi 'clipboard' Caranya: copy satu paragraph kalimat dari komputer yang anda pakai, hapus karakternya sampai anda mendapatkan susunan password plus beberapa karakter pengecoh, di form password, hapuslah karakter pengecoh itu.

Tulisan ini hanya sebagian kecil saja untuk keamanan anda di internet yang liar. Anda dapat mencari tips-tips keamanan berinternet dari pakarnya melalui internet, majalah komputer atau teman-teman anda.
Happy surfing !
loading...