Apa yang dimaksud dengan hits dan page views sebuah situs web, terkadang masih cukup membingungkan bagi sebagian pengunjung website, bahkan bagi pemilik website itu sendiri.
Berikut adalah beberapa istilah yang sering dijumpai dalam statistik website.

Visit
Saat itu saya mengambil sebuah buku yang ada di depan kursi peserta sebagai contoh. Namun kali ini saya ganti koran saja untuk lebih mempermudah. “Asumsikan koran ini sebuah situs web,” kata saya. Nah, sekali saya pegang dan baca buku ini, maka oleh statistik web, aktivitas ini disebut sebagai visit. Jika sekarang saya taruh koran itu, dan beberapa saat kemudian, katakanlah satu jam, saya membaca koran itu lagi, maka hal itu diterjemahkan oleh statistik web sebagai visit lagi oleh orang yang sama.

Bedanya koran fisik dengan web adalah: satu buku hanya bisa dibaca langsung secara eksklusif oleh satu orang pada saat yang sama, sementara satu situs web bisa dikunjungi oleh banyak orang (bisa jutaan) pada saat yang sama.

Unique Visitor
Unique visitor adalah jumlah pengunjung unik yang mendatangi sebuah situs, yang dicatat berdasarkan IP Adress. Jika diibaratkan aktivitas membaca koran di atas, saya adalah satu pembaca. Bagi situs web, maka saya adalah satu pengunjung unik, meski dalam satu hari bisa datang berulang kali. Nah, karena kebanyakan pengguna Internet berasal dari kantor dan warnet, maka satu IP tidak selalu identik dengan satu pengunjung (sekadar catatan: kebanyakan kantor atau warnet memiliki IP Adress yang sama meski jumlah karyawan atau pengaksesnya bisa puluhan hingga ribuan orang). Jika koran mengaku bahwa satu korang bisa dibaca 3-4 orang maka sama halnya dengan web, satu pengunjung unik bisa disetarakan dengan 3-10 orang.

Page Views atau Impression
Kata di atas menunjukkan berapa jumlah halaman web yang dilihat oleh pengunjung. Ini sama dengan berapa jumlah halaman korang yang dibuka oleh pembaca. Bagi pemasang iklan web, faktor ini sangat penting karena akan menunjukkan seberapa sering iklannya dilihat oleh pengunjung.

Hits
Hits dalam benak awam (celakanya, juga pemasang iklan) adalah jumlah pengunjung. Namun bagi statistik web, itu berarti jumlah http request atau jumlah file yang diunduh oleh pengunjung. Satu halaman web bisa terdiri dari puluhan file, atau puluhan hits. Makin rumit dan makin banyak isi sebuah halaman web, makin tinggi jumlah hitsnya. Jika diibaratkan koran adalah, seberapa banyak jumlah kata dan gambar yang dibaca.
 
Itu sebabnya jika Anda bertanya kepada pengelola web berapa hitsnya, mereka akan menjawab: wah hits kami jutaan setiap bulannya (atau harinya). Pengelola itu tidak bercanda atau berbohong karena ia memang menjawab berdasarkan statistik. Anda bertanya berapa hits (yang maksudnya berapa jumlah pengunjung) dijawab dengan jumlah hits (yang maknanya jumlah file yang diunduh oleh pengunjung, yang jumlahnya bisa ribuan hingga puluhan ribu kali jumlah pengunjung).
 
#dari berbagai sumber
 
loading...