Sembelit merupakan masalah perut yang seringkali dianggap enteng. Sembelit atau sulit buang air besar jika dibiarkan berlarut-larut akan berpengaruh buruk bagi kesehatan, termasuk mengakibatkan kanker.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya sembelit antara lain pola makan yang tidak seimbang, kurangnya asupan cairan, kebiasaan menunda buang air besar, kurangnya aktivitas fisik, dan gangguan mekanis pada usus.

Berikut adalah beberapa tips alami untuk mengatasi sembelit yang mungkin bisa menimpa anda:

1. Ubah pola makan

Umumnya sembelit diakibatkan oleh kebiasaan makan yang kurang sehat. Kurangi kebiasaan makan fastfood, gula, dan makanan olahan lainnya. Tambahkan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian dalam menu makan anda.

2. Makan lebih banyak serat

Serat larut (ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lentil) akan membasahi saluran pencernaan seperti spons, dan serat tidak larut (yang ditemukan dalam sayuran dan biji-bijian) akan menyapu kotoran keluar dari saluran pencernaan. Usus anda perlu kedua jenis serat  tersebut untuk menjadi sehat.

3. Minum lebih banyak air

Usus besar mendaur ulang air kembali ke dalam tubuh. Tanpa asupan air yang cukup, kotoran dan sampah akan menjadi keras dan kering sehingga sulit dikeluarkan.

4. Gunakan probiotik

Studi menunjukkan bahwa probiotik mempunyai efek menguntungkan pada gejala gastrointestinal pasien dengan konstipasi kronis.

5. Olahraga

Lakukan olahraga setidaknya tiga kali per minggu selama 30 menit. Bahkan berjalan kaki juga dianggap sebagai olahraga dan dapat membantu meringankan sembelit.

6. Gunakan closet jongkok

Menggunakan kloset jongkok daripada kloset duduk dipercaya sebagai posisi anatomi yang lebih baik untuk membersihkan sampah yang efektif dari usus besar.

7. Herbal pembersih

Saat ini banyak tersedia obat herbal pembersih saluran pencernaan, carilah di toko herbal yang anda percaya.

Bahan-bahan alami di bawah ini dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi sembelit, karena mempunyai efek sebagai pencahar (laxatif). Berikut adalah contoh resepnya:

  • Daun lidah buaya sebanyak 100 gram (dikupas kulitnya), diiris kecil-kecil lalu direbus dengan 200 cc air hingga mendidih, tambahkan 1 sendok makan madu, hangat-hangat airnya diminum dan daun lidah buayanya dimakan. Lakukan 2 kali sehari.
  • Temulawak sebanyak 30 gram (dikupas kulitnya dan diiris-iris) + 30 gram asam jawa + gula aren secukupnya, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum. lakukan 2 kali sehari
  • Ubi jalar sebanyak 100 gram direbus dengan air secukupnya atau dibuat sop. Kemudian airnya diminum dalam keadaan hangat dan daunnya dimakan.
  • Makan 300-400 gram buah pepaya matang setiap hari secara teratur.
  • Buah nanas setengah matang sebanyak 200 gram + 200 gram apel, dijus, tambahkan air jeruk nipis, lalu diminum.


Catatan :

  • Pilih salah satu resep di atas dan dilakukan secara teratur.
  • Untuk perebusan gunakan periuk tanah, panci enamel atau panci kaca.
loading...