Alergi rhinitis merupakan alergi yang terutama berkaitan pada hidung, disebabkan oleh adanya alergen yang terhirup oleh hidung dan memicu respon hipersensitivitas. Ada dua jenis rhinitis alergi berdasarkan penyebabnya, yaitu seasonal allergic rhinitis (SAR) jika terjadi pada waktu yang sama setiap tahunnya, misalnya musim semi di mana banyak serbuk sari bunga yang beterbangan, dan perrenial allergic rhinitis (PAR) jika gejalanya terjadi sepanjang tahun, yang disebabkan oleh alergen seperti debu di rumah atau partikel dari hewan yang terbawa di udara.

Gejala alergi rhinitis atau dikenal juga dengan hay fever antara lain bersin-bersin terutama di pagi hari atau jika keluar rumah, hidung mampet atau berair terus menerus, gatal di dalam telinga, tenggorokan dan hidung, mata berair, memerah dan terasa gatal serta pusing atau sakit kepala.

Alergi rhinitis dianggap juga sebagai hipersensitivitas sindrom, sebuah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap benda asing seperti makanan, debu, jamur, serbuk sari dan bulu binatang. Benda-benda ini sebenarnya tidak berbahaya bagi orang yang tidak alergi, tetapi pada orang yang alergi maka responnya akan berbeda. Sistem kekebalan tubuh dari orang yang menderita alergi akan menganggap benda-benda tersebut sebagai ancaman (alergen) dan menyerang mereka dengan sepenuh hati.

Tangani sumber pemicunya

Alergi mungkin tidak bisa disembuhkan secara total, tetapi kita dapat meminimalisir kejadiannya. Kebersihan lingkungan dan pengaturan menu makanan dapat membantu melawan serangan alergi ini. Berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Bersihkan kamar tidur

Untuk orang dengan kecenderungan alergi, lingkungan yang bersih sangat penting. Hal ini terutama untuk kamar tidur, di mana kebanyakan orang menghabiskan separuh hidup mereka. Mungkin sebaiknya gunakan kasur busa menggantikan kasur kapuk anda.

2. Jagalah kebersihan lingkungan

Selain kamar tidur, lingkungan rumah dan sekitarnya yang kotor juga  dapat memicu alergi. Hal ini termasuk tidak menumpuk banyak barang di dalam rumah ataupun kamar tidur yang dapat menjadi sarang bertumpuknya debu sebagai rangsangan timbulnya reaksi alergi. Usahakan jangan memelihara binatang di dalam rumah ataupun meletakkan kandang hewan peliharaan di sekitar rumah anda.

3. Bersihkan hidung

Bersihkan hidung dengan air garam kami dua kali sehari dengan menggunakan semprotan, hal ini bertujuan untuk mengurangi penyumbatan di hidung anda.

4. Perhatikan apa yang anda makan

Awasi setiap makanan dan minuman yang menimbulkan reaksi alergi. Hindarilah bahan manakan dan minuman tersebut. Anda harus mematuhi aturan diet alergi anda.

Meskipun gejala alergi sebagian besar bersumber pada hidung, anda mungkin dapat terkena alergi yang dipicu oleh makanan. Produk susu, gluten dan ragi merupakan makanan yang dapat memicu alergi rinitis ini.

5. Tangani radikal bebas

Dengan kondisi tubuh yang prima, kita tindak mungkin dengan mudah terserang penyakit, termasuk alergi. Salah satu penyebab kondisi tubuh melemah adalah akibat ulah radikal bebas yang menurunkan sistem kekebalan tubuh. Dalam jumlah yang berlebihan, radikal bebas menimbulkan peradangan dan kerusakan pada jaringan sel tubuh yang sehat. Antioksidan menetralkan radikal bebas dan mencegah mereka dari menimbulkan kerusakan lebih lanjut.

Sayuran dan buah-buahan yang berwarna biru, hijau, kuning, oranye dan merah mengandung banyak antioksidan. Sekitar 35 persen dari pigmen ini berasal dari keluarga karotenoid, sedangkan sisanya 65 persen flavonoids. Ternyata, flavonoids memiliki sifat antioksidan, dan dapat bertindak sebagai agen anti-inflamasi yang membantu menyeimbangkan dan mengembalikan fungsi kekebalan tubuh normal.

6. Kontrol inflamasi

Asam lemak essensial omega 3 yang ditemukan dalam flax seed oil dan minyak ikan laut dalam, seperti salmon, dan cod, cenderung dapat membantu mengurangi inflamasi. Asam lemak esensial jenis lain yaitu gamma-linolenat (GLA), yang ditemukan pada evening primrose, borage dan minyak biji kismis hitam, juga dapat membantu mengurangi inflamasi.

Makanan yangmengandung semua zat-zat ini sangat penting untuk membuat sistem kekebalan tubuh kembali normal. Oleh karena itu, jika anda berada dalam situasi dan kondisi yang memungkinkan terserang alergi rhinitis ini, ada baiknya mengkonsumsi suplemen antioksidan dan lemak esensial ini.

loading...