Tidak ada cara untuk mencegah migrain. Tetapi jika anda menderita migrain, mencari tahu faktor pemicu dan menghindarinya adalah jalan terbaik yang bisa anda lakukan. Hal ini dapat membuat migrain tidak terlalu parah dan tidak terlalu lama ketika menyerang anda.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam upaya pencegahan migrain antara lain:

1. Tidur yang teratur

Usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan pada akhir pekan. Tidurlah dengan waktu yang cukup.

2. Makan teratur

Kebiasaan terlambat makan dan kadar gula darah yang rendah adalah pemicu migrain.

3. Minum banyak air

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala migrain. Minum air putih 8 gelas per hari merupakan anjuran yang sangat baik.

4. Hindari makanan pemicu

Hal ini dapat bervariasi pada setiap orang, tapi pada umumnya makanan di bawah ini dapat menjadi pemicu terjadinya migrain:

  • Monosodium glutamat (MSG)
  • Nitrat dan nitrit, yang ditemukan dalam daging olahan
  • Sulfit, ditemukan dalam buah-buahan kering
  • Keju yang disimpan lama
  • Alkohol, khususnya pada anggur merah
  • Coklat
  • Kafein dalam jumlah besar


5. Olahraga teratur

Sewaktu migrain menyerang, memang olahraga dapat memperparah rasa sakitnya. Tetapi sebaliknya, olahraga ringan sampai sedang dapat meredakan stres yang merupakan salah satu pemicu utama migrain.

6. Batasi obat yang mengandung estrogen

Hormon dalam pil KB dan obat terapi penggantian hormon yang biasa digunakan untuk mengobati gejala menopause dapat menyebabkan sakit kepala migrain. Jika anda menggunakan salah satu dari obat-obatan tersebut dan mengalami migrain, pertimbangkan untuk mengurangi dosisnya atau menghentikan sama sekali penggunaanya.

7. Hindari situasi stres

Jika anda berada di lingkungan yang bisa membuat anda merasa stress, cobalah untuk mengatasinya dan tetaplah tenang.

Kurangi Stres Anda

Stres dan ketegangan merupakan salah satu sumber utama migrain. Ada berbagai teknik yang tersedia untuk mengurangi ketegangan dan stres. Cara berikut mungkin efektif dalam mencegah terjadinya migrain:

- Biofeedback

Sistem ini mengajarkan orang untuk memantau dan mengendalikan reaksi fisik mereka, termasuk ketegangan otot dan bahkan tekanan darah. Biofeedback dianggap sebagai pengobatan alternatif, namun banyak penelitian telah membuktikan efektivitasnya, dan sekarang menjadi pengobatan migrain umum.

- Terapi relaksasi

Ada berbagai teknik yang digunakan untuk relaksasi tubuh, termasuk pernapasan, visualisasi, dan relaksasi otot progresif.

- Cognitive Behavioral Therapy (CBT)

CBT adalah bentuk perawatan psikologis yang mengajarkan orang untuk mengenali dan mengatasi dengan sumber stres dalam kehidupan mereka.

- Pijat

Pijat dapat mengurangi ketegangan otot, mendorong relaksasi, dan memperbaiki tidur.

loading...