Tidur yang cukup sangat baik bagi kebugaran dan kesehatan badan. Tidur yang cukup waktu bermanfaat bagi kesehatan jantung, mengurangi stres, memori yang lebih baik dan penurunan berat badan.

Cobalah untuk berhenti minum kopi atau hentikan kebiasaan tidur siang dan pertimbangkan tips di bawah ini agar anda bisa tidur dengan cukup kuantitas serta kualitasnya.

1. Biasakan Tidur Secara Rutin

Tetapkan jam tidur anda secara rutin setiap harinya, misalnya tidur mulai jam 9 malam dan bangun jam 5 pagi. Lakukan setiap hari dengan disiplin. Usahakan untuk tidak tidur siang, karena akan menambah jam melek di malam harinya. Juga pada hari libur jangan dibiasakan untuk bangun lebih siang.

Tidur pada waktu yang sama setiap malam membantu anda untuk bangun pada waktu yang sama pula.

2. Perbanyak Bergerak

Memperbanyak bergerak, misalnya melakukan latihan aerobik sedikitnya empat kali dalam seminggu dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Selain itu aerobik juga dapat menurunkan stress, meningkatkan vitalitas dan mengursangi mengantuk di siang hari.

Cobalah untuk melakukan latihan beberapa jam sebelum waktu tidur sehingga anda tidak akan mengurangi jam tidur anda.

3. Perbaiki Pola Makan

Kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, minuman ringan, dan coklat. Hentikan atau kurangi ngemil menjelang tidur. Hindari makanan pedas yang dapat membuat anda terjaga dari tidur dengan mulas atau dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Stop Merokok

Seorang yang merokok kualitas tidurnya lebih buruk dibanding orang yang tidak merokok. Merokok juga memperburuk apnea tidur dan gangguan pernapasan lain yang membuat sulit untuk tidur nyenyak.

5. Hentikan Kebiasaan Minum Alkohol Sebelum Tidur

Alkohol mengganggu pola tidur dan gelombang otak yang membuat anda merasa segar di pagi hari. Meski demikian, setelah anda berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol tersebut anda akan mengalami kesulitan tidur.

6. Hentikan Main Game Sebelum Tidur

Hentikan kebiasaan main game sebelum tidur, misalnya game komputer, game ponsel, playstation dan lain-lain. Cahaya akan merangsang otak, sehingga dapat membuat anda lebih sulit untuk tertidur. Hentikan kebiasaan buruk itu sekitar 1 jam sebelum anda pergi tidur.

7. Jauhkan Binatang Piaraan Dari Kamar Tidur

Binatang kesayangan dapat menjadi sumber gangguan bagi tidur anda. Usahakan agar binatang kesayangan anda untuk tidak masuk kamar menjelang anda tidur. Suatu studi menemukan bahwa 53 persen pemilik hewan peliharaan memiliki pengalaman akan gangguan tidur setiap malamnya yang disebabkan oleh hewan itu.

8. Buat Suasana Ruang Tidur Senyaman Mungkin

Anda akan tidur lebih nyenyak jika ruangan tidur anda terasa lebih nyaman. Ranjang dengan kasur yang empuk, aliran udara yang lancar, suhu yang tidak terlalu dingin atau panas, selimut yang nyaman, dan suasana tenang dan tidak bising, akan menjadikan tidur anda lebih nyaman.

9. Matikan Lampu

Cahaya memberitahu otak anda bahwa sudah waktunya untuk bangun, sehingga membuat ruangan menjadi gelap akan membuat anda jadi tertidur. Sebuah penelitian terbaru dari The Ohio State University di Columbus menemukan bahwa bahkan sejumlah kecil cahaya dari ponsel atau komputer dapat mengganggu produksi melatonin dan mengganggu tidur anda.

10. Jadikan Kamar Tidur Sebagai Area Terbatas

Tempat tidur anda harus dikaitkan dengan tidur dan seks, sehingga tidak ada aktifitas pekerjaan, makan, atau menonton TV. Jika anda bangun di malam hari, bangun dan lakukan sesuatu yang menenangkan seperti meditasi atau membaca sampai anda merasa mengantuk lagi. Jangan menghidupkan TV atau komputer.

loading...