Minum kopi di pagi hari memang nikmat sekali, sesuatu hal yang mungkin tidak bisa dilewatkan oleh banyak orang, terutama oleh para pria. Banyak orang yang percaya akan manfaat atau khasiat minum kopi sama banyak dengan orang yang percaya bahwa minum kopi memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh.

Memang minum kopi telah menjadi kebiasaan banyak orang di berbagai negara sejak jaman dahulu sekali dan nampaknya kebiasaan akan terus berlangsung. Mungkin kita hanya perlu hati-hati sehingga dapat meminimalkan resiko gangguan kesehatan yang mungkin timbul akibat kebiasaan minum kopi. Berikut adalah kebiasaan minum kopi yang beresiko buruk bagi kesehatan, harap anda mewaspadainya.

Kopi + Fastfood

Makanan cepat saji (fast food) memang diketahui tidak baik untuk kesehatan. Tapi jika seseorang mengonsumsi makanan cepat saji ditambah dengan kopi maka akan menjadi kombinasi yang sangat buruk bagi kesehatan.

Peneliti Marie-Soleil Beaudoin dari University of Guelph, Kanada menemukan bahwa konsumsi makanan cepat saji yang tinggi lemak akan meningkatkan kadar gula darah. Tapi kenaikan ini bisa berlipat ganda jika setelahnya dilanjutkan dengan mengonsumsi kopi berkafein.

"Hasil ini memberitahu kita bahwa lemak jenuh mengganggu kemampuan tubuh untuk membersihkan gula dalam darah. Ketika digabungkan dengan kopi berkafein dampaknya bisa lebih buruk lagi," ujar Beaudoin, seperti dikutip dari Health24, Senin (4/4/2011).

Beaudoin mengungkapkan memiliki gula yang terlalu lama berada di dalam darah adalah kondisi yang tidak menyehatkan dan bisa berpengaruh terhadap organ tubuh lainnya. Beaudoin melakukan studi ini bersama dengan Profesor Lindsay Robinson dan Terry Graham.

Studi ini merupakan yang pertama kali menemukan pengaruh dari lemak jenuh dan kopi berkafein terhadap tingkat gula darah. Diketahui lonjakan kadar gula darah yang muncul hingga 65 persen dan setingkat dengan orang yang berisiko mengalami diabetes. Hasil dari studi ini diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

"Efek yang yang ditimbulkan bisa bertahan hingga berjam-jam. Apa yang Anda makan pada siang hari bisa berdampak pada bagaimana tubuh merespons makanan di kemudian hari," ujar Beaudoin.

Selain itu para peneliti juga melihat efek gastrointestinal dengan mengukur kadar hormon incretin, yaitu hormon yang dilepaskan oleh usus setelah mengonsumsi lemak. Hormon ini akan menjadi sinyal bagi pankreas untuk melepaskan insulin yang berfungsi membantu membersihkan gula di dalam darah.

"Kami menemukan bahwa lemak dan kopi berkafein bisa merusak komunikasi antara usus dan pankreas. Kondisi inilah yang menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi tinggi setelah mengonsumsi lemak dan kafein," ungkapnya.

Hasil penelitian ini menjadi sangat penting bagi orang yang berisiko terhadap penyakit metabolik dan juga diabetes tipe 2. Karena itu orang yang dengan atau berisiko diabetes tipe 2 harus membatasi konsumsi kafeinnya.

Selain itu seseorang harus membatasi asupan lemak jenuh yang ditemukan dalam daging merah, makanan olahan dan makanan cepat saji serta mengganti minumannya dengan yang tidak berkafein.

Kopi + Suplemen

Punya kebiasaan minum kopi di pagi hari bersamaan dengan suplemen seperti vitamin-vitamin dan mineral? Sebaiknya tinggalkan kebiasaan itu, karena minum kopi dan suplemen berbarengan akan mempengaruhi penyerapan mineral dan vitamin yang terkandung dalam suplemen.

Minum kopi yang mengandung kafein akan membuat seseorang sering buang air kecil. Jika dilakukan bersamaan dengan konsumsi suplemen akan membuat beberapa nutrisi penting ikut terbuang. Masalah lain yang muncul, ada kemungkinan mineral dan vitamin tersebut ikut bereaksi dengan kafein dalam kopi.

Karena itu sebaiknya seseorang memberi jarak waktu agar penyerapan tidak terganggu, seperti dikutip dari Healthmad, Rabu (2/3/2011).

Mineral seperti kalsium, magnesium, natrium, fosfat dan kalium merupakan jenis mineral yang cepat terbuang. Selain itu kafein juga menghambat penyerapan zat besi, vitamin A dan B.

Mineral-mineral memiliki fungsi yang penting untuk tubuh seperti:
1. Kalsium sangat penting bagi perkembangan tulang dan kekuatan gigi yang baik, kontraksi otot dan beberapa fungsi ssaraf
2. Magnesium diperlukan untuk mengubah produk pangan menjadi energi serta menjaga gigi, tulang dan otot yang kuat
3. Natrium diperlukan dalam jumlah yang cukup untuk membantu menjaga kadar air tubuh pada tingkat yang normal
4. kalium diperlukan untuk memelihara sel-sel tubuh dengan baik khususnya otot jantung
5. Zat besi merupakan zat penting yang dibutuhkan untuk produksi dan fungsi sel darah merah, otot dan juga sistem kekebalan tubuh.

Jika memang harus minum kopi dan mengonsumsi suplemen di pagi hari, maka seseorang bisa menyiasatinya agar vitamin dan mineral yang dikonsumsi bisa terserap dengan baik oleh tubuh.

Cobalah mengonsumsi kafein disela-sela waktu makan, tapi jangan sebelum atau setelah makan. Seseorang bisa minum kopi antara waktu sarapan dan makan siang, sehingga bisa memberikan waktu bagi tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sebelum kafein masuk ke dalam tubuh.

Sebaiknya seseorang mengonsumsi suplemen dengan menggunakan air putih, sehingga vitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen tidak ikut bereaksi dengan kandungan dalam minuman.

detikHealth

loading...