Vitamin K berperan sangat penting dalam menghentikan pendarahan, misalnya ketika tangan anda terluka oleh pisau atau setelah menjalani operasi. Selain itu, Vitamin K juga penting peranannya untuk pertumbuhan tulang dan pencegahan osteoporosis.

Kebutuhan akan Vitamin K dapat terpenuhi dari makanan sehari-hari, tanpa perlu adanya fortifikasi atau konsumsi suplemen. Kejadian defisiensi Vitamin K sangat jarang terjadi. Jika anda ingin memastikan bahwa anda mendapatkan cukup asupan Vitamin K, langkah terbaik adalah banyak makan sayuran terutama sayuran berdaun hijau tua seperti brokoli, kangkung, dan kubis. Teh dan strawberry juga merupakan sumber vitamin K yang baik. Beberapa makanan asal hewan, termasuk kuning telur dan hati, memiliki sejumlah kecil vitamin K.

Ada tiga bentuk vitamin K, yaitu:

  • Vitamin K1 (phytomenadione) yang terdapat pada sayuran hijau,
  • Vitamin K2 (menaquinone) yang dapat disintesis oleh flora usus normal seperti Bacteriodes fragilis dan beberapa strain Escherichia coli,
  • Vitamin K3 (menadione) merupakan vitamin K sintetis yang sekarang jarang diberikan pada bayi yang baru lahir (neonatus) karena dilaporkan dapat menyebabkan anemia hemolitik.


Berikut adalah beberapa manfaat dari Vitamin K bagi kesehatan:

1. Mempercepat Menghentikan Pendarahan

Vitamin K sangat penting dalam proses penggumpalan darah sehingga akan mempercepat menghentikan pendarahan setiap kali anda terluka.

Darah biasanya memiliki jumlah yang berbeda dalam faktor pembekuan darah, yaitu zat yang membantu membentuk bekuan darah untuk menghentikan pendarahan dari luka atau memar. Anda perlu Vitamin K untuk membantu hati membuat protrombin (faktor II), yang paling penting dari faktor-faktor pembekuan darah. Beberapa faktor lain, termasuk faktor VII (Proconvertin), faktor IX (Tromboplastin plasma), dan faktor X (Stuart-Prower Factor), juga dibuat di hati dan juga tergantung pada vitamin K.

Tanpa faktor pembekuan, pembekuan darah sangat lambat atau tidak terjadi sama sekali, sehingga luka kecil pun akan menimbulkan pendarahan dalam waktu lama atau benturan kecil akan mengakibatkan memar yang besar.

2. Mencegah Osteoporosis

Anda memerlukan Vitamin K untuk membantu mengikat kalsium ke dalam tulang dan menempatkannya di tempat yang tepat. Jika anda tidak memiliki cukup Vitamin K, anda tidak akan mampu membentuk tulang baru. Dalam jangka panjang, kekurangan vitamin K dapat menyebabkan osteoporosis, atau tulang yang rapuh dan mudah patah.

Vitamin K berperan dalam proses metabolisme tulang, yaitu menurunkan kadar undercarboxylated osteocalcin yang berkorelasi positif dengan risiko rawan patah tulang pada penderita osteoporosis. Vitamin K berhubungan dengan kerapatan massa tulang (bone density). Hal itu tampak pada pasien yang sering mengalami cedera seperti patah tulang pinggul atau paha (menunjukkan massa tulang tidak rapat, banyak poros), yang ternyata kadar vitamin K dalam darahnya lebih rendah.

3. Membunuh Sel Kanker

Menurut penelitian, kemampuan Vitamin K dalam memperlambat atau membunuh sel tumor sama kuatnya dengan obat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggabungkan Vitamin K dengan obat antikanker standar dapat membantu obat tersebut bekerja lebih baik. 

4. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin K merupakan antioksidan alami yang dapat mempercantik kulit wajah. Kaum perempuan disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K agar terhindar dari penuaan dini.

Kosmetik yang menggunakan vitamin K termasuk sukses dalam menghilangkan lingkaran gelap di bawah mata. Antioksidan yang dimiliki vitamin K berguna dalam menghilangkan tanda-tanda penuaan pada kulit.

loading...