Telah banyak sekali diketahui gangguan kesehatan yang ditimbulkan akibat rokok, baik bagi si perokok maupun bagi orang lain. Hal paling penting yang harus kita ketahui ketika berhenti merokok adalah bahwa gangguan kesehatan yang ditimbulkan akibat merokok akan segera hilang setelah kita berhenti merokok.

Dalam waktu 20 menit  setelah rokok terakhir, denyut jantung dan tekanan darah akan menjadi normal kembali. Setelah 8 jam berhenti merokok, tingkat karbon monoksida dan oksigen dalam darah akan kembali normal. Resiko terkena serangan jantung akan segera berkurang setelah 24 jam, dan dalam 2 minggu sirkulasi dan fungsi paru-paru akan meningkat hingga 30 persen. Efek-efek menguntungkan ini terus berlanjut, setelah 10 tahun berhenti merokok, resiko kematian karena kanker paru-paru menjadi kurang, sama seperti orang yang bukan perokok.

Bagi sebagian orang, menghentikan kebiasaan merokok sangatlah sulit, hal ini karena sifat nikotin yang sangat adiktif, selain itu faktor lingkungan dan ego juga sangat mempengaruhi kebiasaan merokok ini. Kita perlu dukungan yang kuat dari keluarga dan teman-teman untuk menciptakan lingkungan tanpa rokok.

Para ahli mengatakan bahwa kita harus mempersiapkan banyak hal sebelum ingin benar-benar berhenti merokok. Mengidentifikasi strategi, misalnya latihan relaksasi, yang dapat membantu mengatasi ketagihan tembakau. Cobalah untuk melakukan satu atau dua kebiasaan baru lainnya, seperti olahraga teratur. Olahraga ini sangat penting, karena bisa menjadi prediktor akan keberhasilan upaya berhenti merokok.

Berikut adalah 5 langkah yang dapat dicoba untuk membantu kita berhenti merokok:

Langkah 1

Amati kebiasaan merokok kita. Buatlah grafik dan beri tanda setiap batang rokok yang dihabiskan dalam 24 jam, termasuk rokok pertama di pagi hari, yang biasanya menemani minum secangkir kopi, serta rokok-rokok pada saat lainnya. Terus pantau kebiasaan merokok ini selama 3 minggu.

Langkah 2

Tuliskan semua alasan mengapa kita ingin berhenti merokok, misalnya untuk menghilangkan penyakit batuk akibat rokok, atau kita ingin berhenti menyebarkan asap rokok pada bayi kita, atau misalnya kita melihat ada anggota keluarga yang meninggal akibat rokok, dan lain-lain.

Langkah 3

Tetapkan tanggal dimana kita berniat untuk mulai berhenti merokok. Beritahukan tanggal ini pada keluarga atau orang yang kita kenal dan mintalah mereka untuk membantu kita dalam upaya ini sehingga mereka dapat mendukung kita jika kita kehilangan tekad atau menyimpang dari upaya berhenti merokok ini.

Langkah 4

Konsultasi dengan dokter tentang hal-hal yang dapat membantu kita untuk berhenti merokok, misalnya mungkin ada obat atau terapi yang dapat membantu untuk mengurangi atau berhenti merokok. Cobalah mengunyah permen karet, mengunyah sayuran mentah, atau berolahraga lebih banyak. Jauhi tempat-tempat yang sering diasosiasikan dengan rokok, seperti warung kopi, bar, dan lain-lain.

Langkah 5

Ketika kita mulai berhenti merokok, mungkin akan timbul semacam efek samping, misalnya berupa perasaan atau keinginan untuk makan lebih sering sehingga hal ini dapat meningkatkan berat badan kita. Selama beberapa minggu pertama, biarkan dan penuhi saja keinginan-keinginan seperti itu. Sediakan selalu makanan sehat, misalnya buah-buahan dan sayuran segar, permen bebas gula dan soda, dan camilan-camilan atau kue bebas lemak. Minumlah banyak air putih. Biasanya keadaan ini akan terjadi sampai sekitar 8 minggu setelah mulai berhenti merokok, selanjutnya pola makan kita akan menjadi normal kembali.

Ketika kita berhenti merokok, mungkin kita merasa kehilangan suatu 'kesenangan' dan suatu cara yang menurut kita dapat mengurangi stres. Kita mungkin harus menggantikan kebiasaan ini dengan kebiasaan lain yang lebih positif, misalnya olahraga, membaca, berkebun, mengurus taman, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa hal positif yang dapat kita pikirkan untuk mendorong kita berhenti merokok:

  • Berhenti merokok akan memberikan waktu luang untuk lebih banyak berolahraga, menyalurkan hobby, dan menghabiskan waktu bersama keluarga.
  • Kita dapat menggunakan uang yang biasanya digunakan untuk membeli rokok, untuk hal-hal yang lebih berguna, misalnya membeli obat, menabung, membelikan hadiah buat orang yang kita sayangi, dll.
  • Jika berhenti merokok, nafas kita tidak akan berbau rokok lagi, gigi tidak menjadi kuning, rumah atau kamar kita tidak lagi berbau asap dan tidak kotor karena abu rokok.
  • Alat penciuman dan indra perasa akan semakin membaik, sehingga makanan dan minuman akan terasa lebih lezat.
  • Batuk akibat rokok akan hilang dan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa bulan setelah berhenti merokok.
  • dan banyak lagi manfaat jika kita sudah berhenti merokok.

Demikianlah, dan yang terpenting adalah niat kita untuk benar-benar berhenti merokok.

loading...