Seng sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Bahkan, jika terserang demam parah, mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak seng atau suplemen seng, anda akan sembuh lebih cepat. Seng juga membantu mempercepat penyembuhan luka, membuat kulit tetap sehat, membantu menjaga penglihatan, dan bahkan mungkin meningkatkan memori.

Lebih dari 200 enzim di dalam tubuh memerlukan mineral seng untuk dapat bekerja dengan baik. Seperti contoh berikut: Tubuh perlu mineral seng untuk membuat enzim alcohol dehidrogenase, yaitu enzim yang berfungsi untuk mengurai alkohol. Jika anda kekurangan seng, tubuh tidak dapat memproses alkohol dan anda akan menjadi sangat mabuk meskipun hanya sedikit minum alkohol.

Anda juga perlu seng untuk membuat banyak hormon, termasuk sel yang memberitahu sistem kekebalan tubuh anda apa yang harus dilakukan ketika mendapat serangan dari kuman. Seng sangat penting untuk membuat hormon-hormon yang mengontrol pertumbuhan dan hormon testosteron pada laki-laki. Di dalam tubuh seng terdapat di dalam setiap sel, tetapi sebagian besar berada pada kulit, rambut, kuku, dan mata, dan dalam kelenjar prostat pada laki-laki. Tubuh mengandung sekitar 2,2 gram seng.

Perlu Asupan Lebih

Tanda-tanda bahwa seng adalah nutrisi penting telah diketahui hampir satu abad yang lalu di Mesir, ketika dokter melihat bahwa anak-anak muda kaum miskin yang hanya makan roti yang tidak beragi tumbuh sangat pendek dan terbelakang. Ternyata makanan mereka hanya mengandung mineral seng yang sangat sedikit. Setelah mendapat lebih banyak asupan seng dalam makanannya, anak-anak itu pun mulai tumbuh normal lagi.

Saat ini, kasus kekurangan seng yang serius sudah sangat jarang ditemui. Bahkan kekurangan mineral seng yang ringan juga tidak terlalu umum dijumpai, dan jika ada biasanya lebih sering terjadi pada perempuan.

Berikut beberapa kondisi di mana anda mungkin memerlukan lebih banyak asupan mineral seng:

Anda seorang vegetarian atau vegan yang ketat

Makanan asal hewan seperti daging dan ikan adalah sumber makanan terbaik yang mengandung banyak seng. Seng hampir tidak terdapat dalam buah-buahan. Anak-anak yang tidak makan makanan asal hewan lebih berisiko untuk mengalami defisiensi seng.

Anda sering mengkonsumsi makanan tinggi serat

Serat, khususnya serat dari biji-bijian, akan mengikat seng yang terdapat dalam makanan sehingga dapat mengganggu proses penyerapan seng oleh tubuh.

Anda sedang hamil atau menyusui

Ketika hamil atau menyusui, anda berbagi banyak seng dengan bayi anda. Jika makanan anda mengandung mineral seng yang sedikit dapat menyebabkan defisiensi seng. Konsultasilah dengan dokter sebelum anda akan menggunakan suplemen untuk menambah asupan seng.

Anda berusia di atas usia 50 tahun

Kemampuan tubuh anda untuk menyerap seng dari makanan akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, hal ini bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung seng.

Anda mengkonsumsi minuman beralkohol

Orang yang biasa minum minuman beralkohol, biasanya memiliki pola makan yang tidak teratur. Selain itu, minuman beralkohol mempunyai efek mengeluarkan seng yang tersimpan di dalam hati. Jika hal ini terus berlanjut, dapat menyebabkan anda menjadi defisiensi seng.

Gejala yang dapat diamati pada orang yang mengalami defisiensi seng antara lain: pertumbuhan lambat pada anak-anak, penyembuhan luka menjadi lambat, sering infeksi, iritasi kulit, rambut rontok, dan berkurangnya atau hilangnya indra perasa.

Secara umum, anda tidak perlu khawatir akan kekurangan mineral seng ini. Siapapun yang makan seimbang dan beragam akan mendapatkan banyak asupan seng. Daging, hati, telur dan makanan laut adalah sumber makanan yang mengandung banyak seng.

loading...