Vitamin B terdiri dari banyak anggota, misalnya ada vitamin B1, B2, B6, dan lain-lain yang mempunyai tugas dan fungsi penting yang berbeda-beda. Keluarga besar Vitamin B ini bekerja bersama-sama menjaga kesehatan tubuh anda. Fungsi masing-masing anggota keluarga vitamin B ini sangat penting dan unik, misalnya: ada yang membantu sel-sel tumbuh dan berkembang dengan baik, ada yang membantu menghasilkan energi, ada yang menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan sel darah merah, mencegah bayi lahir cacat, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa anggota penting keluarga Vitamin B yaitu:

Vitamin B1 atau Thiamin

Thiamin berfungsi menjaga sel-sel tubuh, terutama sel saraf, agar bekerja dengan baik. Thiamin juga penting untuk menjaga fungsi mental terutama memori, mengubah makanan menjadi energi, memperlancar metabolisme, memperlancar sirkulasi darah, mengoptimalkan aktivitas kognitif dan fungsi otak, serta fungsi-fungsi lainnya.

Vitamin B1 banyak ditemui dalam makanan seperti ragi, hati, biji bunga matahari, sejumlah padi, biji-bijian, kacang polong, semangka, tiram, oatmeal dan tepung terigu.

Vitamin B2 atau Riboflavin

Riboflavin sangat penting peranannya untuk mengubah energi dari makanan. Juga penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel darah merah, dan berperan juga dalam memproduksi hormon-hormon tubuh.

Makanan sumber vitamin B2 antara lain susu dan produk-produk susu, misalnya keju, merupakan sumber yang baik untuk riboflavin. Hampir semua sayuran hijau dan biji-bijian mengandung riboflavin; brokoli, jamur dan bayam merupakan sumber yang baik.

Vitamin B3 atau Niasin

Lebih dari 50 jenis proses dalam tubuh, seperti melepaskan energi dari makanan, produksi hormon untuk bahan detoksifikasi kimia, tergantung pada niacin.

Makanan sumber niasin antara lain daging unggas (ayam, itik dll) dan ikan merupakan sumber utama niasin, sama halnya roti dan sereal (biji-bijian) yang telah diperkaya. Jamur, asparagus dan sayuran hijau juga merupakan sumber niasin.

Vitamin B5 atau Asam Pantothenic

Vitamin ini bekerja sama dengan beberapa B lainnya dalam proses pemecahan lemak, protein, dan karbohidrat menjadi energi. Anda juga perlu Vitamin B5 untuk membuat Vitamin D, beberapa hormon, dan sel darah merah.

Makanan sumber Vitamin B5 antara lain daging, ikan, unggas (ayam, itik dll), semua biji-bijian dan sayuran merupakan sumber utama.

Vitamin B6 atau Pyridoxine

Peran utama Vitamin B6 atau pyridoxine adalah membantu tugas asam amino agar fungsi lebih dari 5.000 protein dalam tubuh dapat berjalan dengan baik. Vitamin B6 juga berperan dalam produksi lebih dari 60 jenis enzim.

Makanan sumber vitamin B6 atau pyridoxine antara lain daging, ikan dan unggas (itik, ayam dll) merupakan sumber utama vitamin B6. Sumber yang lain adalah kentang, beras tumbuk, kacang-kacangan, beberapa sayuran hijau dan buah berwarna ungu.

Vitamin B7 atau Biotin

Biotin berperan dalam banyak proses tubuh seperti memecah lemak, protein, dan karbohidrat menjadi bahan bakar dapat digunakan tubuh. Biotin kadang-kadang disebut juga Vitamin H.

Makanan yang mengandung banyak vitamin B7 antara lain: hati, telur, kacang tanah, susu, ikan salmon, remis, dan pisang.

Vitamin B9 atau asam folat

Tugas utama asam folat adalah membantu sel-sel tumbuh dan membelah dengan benar, hal ini penting untuk mencegah bayi cacat lahir. Selain itu asam folat berperan juga dalam mengontrol suasana hati, nafsu makan, dan membantu tidur dengan baik. Asam folat sangat penting dalam menjaga pembuluh darah arteri tetap lancar terbuka sehingga hal ini dapat menurunkan resiko serangan jantung atau stroke.

Makanan yang mengandung banyak asam folat atau Vitamin B9 antara lain sayur-sayuran, khususnya sayuran berdaun hijau, hati , daging, susu dan produk-produk susu.

Vitamin B12 atau cobalamin

Vitamin B12 berperan dalam memproses karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan menjadi energi. Cobalamin juga membentuk pelindung yang melindungi sel saraf, menjaga sel darah merah tetap sehat, memperlancar sistem metabolisme, dan membantu mencegah penyakit jantung.

Makanan yang mengandung banyak Vitamin B12 antara lain hati, ikan, susu dan olahannya, daging, telur, kedelai, dan rumput laut.

Demikianlah kita mengenal beberapa anggota penting dari keluarga Vitamin B. Bila tubuh mendapat asupan vitamin B secara lengkap, mereka akan bekerja sama untuk menjaga organ tubuh berfungsi secara efisien, menghasilkan energi dan zat-zat lain yang banyak dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara normal.

loading...