Dengan tingkat kesehatan masyarakat yang semakin meningkat sekarang ini, kebanyakan orang telah mendapat asupan vitamin A secara cukup dalam makanannya, tetapi meski begitu tetap saja ada orang yang beresiko tinggi kekurangan vitamin A.

Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan gangguan kesehatan antara lain: rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, dan lain-lain. Salah satu gejala paling awal dari kekurangan vitamin A adalah gangguan pada penglihatan berupa rabun senja.

Kebutuhan normal untuk orang dewasa sekitar 5,000 IU per hari. Vitamin A terdapat dalam makanan: susu, telur, hati, daging, ayam, sayuran hijau, wortel, ubi, bayam, brokoli, mangga, tomat, dan lain-lain.

Terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabkan anda harus meningkatkan asupan Vitamin A lebih dari biasanya, kondisi tersebut diantaranya:

1.Mengidap penyakit hati, fibrosis kistik, atau diare kronis
Penyakit ini dapat menyebabkan masalah dalam penyerapan dan penyimpanan vitamin A dalam tubuh anda.

2. Minum alkohol
Alkohol dapat mengurangi Vitamin A dan beta karoten yang tersimpan dalam hati anda. Di sisi lain, studi pada hewan menunjukkan bahwa beta karoten dikombinasikan dengan alkohol dapat menyebabkan banyak kerusakan pada hati anda.

2. Anda merokok
Orang yang merokok memiliki rendah beta karoten yang rendah.

3. Minum pil KB
Pil KB meningkatkan jumlah Vitamin A dalam darah anda, tetapi mengurangi jumlah tersimpan di hati anda. (Ini tidak terjadi dengan beta karoten.)

4. Sedang sakit atau mengalami infeksi kronis
Ketika sakit, tubuh menghasilkan radikal bebas lebih banyak dari biasanya, hal ini dapat menurunkan tingkat vitamin A dalam tubuh.

5. Sering mengalami stres, baik fisik ataupun psikologis
Bekerja terlalu keras, kelelahan, dan berolahraga terlalu berlebihan dapat menyebabkan tubuh menghasilkan radikal bebas, hal ini berakibatkan menurunkan kadar Vitamin A dalam tubuh anda.

6. Ibu hamil atau menyusui
Ibu hamil atau menyusui berbagi Vitamin A dengan bayinya. Mungkin anda perlu menambah asupan Vitamin A, tetapi hal ini harus dengan rekomendasi dokter. Terlalu banyak asupan vitamin A selama kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir.

7. Menggunakan obat-obatan
Terdapat beberapa obat yang dapat menyerap vitamin yang larut lemak seperti Vitamin A. Terdapat juga obat yang dapat mempengaruhi usus anda, sehingga sulit untuk menyerap vitamin A dan beta karoten. Mungkin anda perlu menambah konsumsi Vitamin A ketika anda menggunakan obat-obatan jenis ini, konsultasikan ke dokter anda untuk mengetahui lebih lanjut akan solusinya.

loading...