Sakit kepala sangat mengganggu, kadang seringkali seolah tidak tertahankan rasa sakitnya. Banyak orang yang langsung minum obat sakit kepala saat terasa mulai sakit kepala, bahkan kalau tidak sembuh juga dosis obatnya langsung ditambah.

Sebelum menggunakan obat-obatan, mungkin anda tertarik untuk menggunakan cara-cara lain yang lebih sehat untuk meredakan sakit kepala.

Identifikasi pemicunya

Buatlah semacam diary (catatan harian) sakit kepala anda, dengan mencatat apa yang anda makan hari itu, cuacanya bagaimana, dimana anda berada dan sebagainya, untuk identifikasi lingkungan. Sekali anda berhasil mengetahui pemicunya, anda dapat mengambil tindakan pencegahannya. Kemudian obatilah penyebab ini. Obat-obat sakit kepala yang banyak beredar hanya bersifat mengurangi rasa sakit, tapi tidak memberantas sebab-sebabnya.

Berikut ada beberapa cara yang dapat membantu anda mengatasi sakit kepala, baik berupa ramuan herbal maupun bermacam terapi yang dapat anda coba. Sebelum mencoba, ada baiknya anda konsultasi dulu pada praktisi kesehatan atau pada orang yang sudah punya pengalaman dengan cara pengobatan seperti di bawah ini.

Perbanyak Makan Ikan atasi Sakit Kepala

Banyak banyaklah makan ikan minyak omega 3 dan 6 alami yang terkandung di dalamnya juga terbukti mampu mengurangi resiko sakit kepala. Ikan salmon, tuna, mackerel, dam sarden juga sangat berguna untuk mencegah arthritis atau radang sendi. Sudah banyak dibuktikan oleh kawan-kawan berkulit pucat Anda di daerah daerah dingin seperti Islandia, Greenland, atau daerah sekitar Kutub Utara.

Kentang Rebus

Memakan kentang rebus dapat membantu Anda meredakan sakit kepala, khususnya sakit kepala yang disebabkan oleh alkohol. Alkohol ternyata membuat orang kehilangan elektrolit seperti potasium.

Memakan makanan yang kaya akan potasium akan membantu meredakan sakit kepala akibat alkohol. Sebuah kentang rebus (beserta kulitnya) mengandung potasium paling banyak, yakni 721 miligram.

Semangka

Penyebab utama sakit kepala adalah dehidrasi. Oleh karena itu, makanlah buah yang mengandung banyak air. Semangka bisa menjadi solusi meredakan sakit kepala Anda, karena semangka mengandung mineral esensial yang menjadi kunci menghindari sakit kepala.

Tidak hanya semangka saja, ada beberapa buah-buahan lain yang banyak mengandung air. Jika tidak ada semangka, anda bisa menggantinya dengan melon, tomat dan timun.

Almond

Magnesium bisa menghilangkan sakit kepala dengan membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks. Penderita migren juga bisa mengandalkan diet magnesium. Almond mengandung banyak magnesium seperti alpukat, nasi merah dan kacang mete.

Feverfew

Tanaman yang mempunyai bau mirip jeruk nipis ini merupakan antiperadangan dan bekerja seperti ibuprofen. Tumbuhan semak dari keluarga asteraceae ini sangat populer sebagai herbal untuk mengatasi migrain. Selain itu, herbal ini juga diyakini bisa menghambat zat-zat kimia penyebab ketegangan pembuluh darah di kepala. Sebuah studi menemukan, 2/3 dari pasien migrain sembuh setelah menggunakan feverfew secara teratur. Untuk menjamin tingkat keamanan dan menentukan dosis yang tepat, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Peppermint

Herbal satu ini telah digunakan selama ratusan tahun untuk mengatasi sakit kepala. Semua bagian tanaman ini, mulai dari kandungan minyak, flavonoid, phenolic acids, dan triterpenes bisa digunakan sebagai obat. Studi pertama mengenai manfaat peppermint dipublikasikan pada 1879. Publikasi ini didukung oleh penemuan berikutnya di Jerman pada 1996. Studi ini menemukan, cairan ethanol yang mengandung 10% minyak peppermint sama efektifnya dengan 1.000 miligram acetaminophen dalam meredakan sakit kepala. Studi lain menemukan, 32 partisipan yang menggosokkan minyak peppermint di ubun-ubun mengalami pengurangan rasa sakit yang signifikan.

Cobalah menggosokkan atau memijatkan minyak peppermint ke ubun-ubun, turun ke kening, dan ke belakang leher. Cara ini dinyatakan efektif meredakan sakit kepala akibat gangguan pencernaan dan migrain dengan cara menimbulkan efek dingin pada kulit dan merilekskan otot-otot cranial. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan teh peppermint untuk meredakan migrain. Caranya, tuangkan satu cangkir air mendidih ke dalam wadah yang berisi 1-2 sendok teh daun peppermint kering, kemudian tutup dan biarkan selama 10 menit. Saringlah campuran sebelum diminum. Untuk meredakan migrain, minumlah 1-2 cangkir teh peppermint dingin setiap hari.

Passionflower

Herbal satu ini bersifat menenangkan. Mengonsumsi teh passionflower sebelum waktu tidur bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Satu percobaan klinis menemukan kalau herbal ini bisa menurunkan tingkat kecemasan.  Selain itu, passionflower juga diyakini mengandung antiperadangan dan penghilang rasa sakit, sehingga sangat bagus untuk migrain. Dosis yang dianjurkan sebanyak 4-8 gram herbal kering 3 kali sehari. Untuk membuat teh, Anda bisa menyeduh 0.5-2.5 gram passionflower ke dalam air mendidih selama 15 menit dan diminum 2-3 kali sehari.

Ginko biloba

Daun ginko biloba merupakan herbal yang populer untuk meredakan sakit kepala. Herbal ini bisa memperlancar aliran darah, sehingga cocok digunakan untuk sakit kepala yang dipicu oleh gangguan sirkulasi. Beberapa studi yang dilakukan para peneliti dari Perancis menemukan, herbal in efektif meredakan sakit kepala vaskular (migrain, sakit kepala berantai, dan sakit kepala akibat mabuk).

Salah satu studi bahkan menyebutkan kalau ginko bisa mengurangi migrain hingga 80%. Tapi, herbal ini bisa menimbulkan efek samping jika digunakan dengan obat sakit kepala seperti aspirin dan lithium. Karena itu, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Cabe merah

Cabe merah mengandung komponen capsaicin, yang diyakini meningkatkan daya tahan terhadap rasa sakit. Cabe merah dinyatakan efektif meredakan sakit kepala berantai (cluster headaches), dan umum digunakan dalam bentuk semprot hidung (nasal spray). Sebuah studi yang meminta partisipan menggosokkan obat yang mengandung capsaicin di bagian dalam dan luar hidung menemukan kalau pasien mengalami pengurangan 75% rasa sakit dan frekuensi sakit kepala, dalam waktu 5 hari.

Chamomile

Herbal ini mengandung antiperadangan dan komponen penghilang rasa sakit yang bisa membantu meredakan ketegangan emosional. Karena itu, herbal ini cocok untuk membantu sakit kepala akibat ketegangan. Chamomile bisa ditemukan dalam bentuk teh siap seduh.

Bawang Putih

Umbi bawang putih secukupnya ditumbuk halus; gunakan untuk kompres pada dahi.

Sambiloto

Bubuk kering sambiloto sebanyak +/- 1 gram diseduh dengan cangkir air panas. Setelah dingin diminum sekaligus, Lakukan 3 - 4 kali sehari.

Jahe

Jahe merah beberapa rimpang dan air secukupnya, kemudian dipipis hingga berbentuk pasta. Tambahkan minyak kelonyo secukupnya. Tempelkan pada pelipis dan belakang telinga penderita.

Sup panas

Coba mengonsumsi sup panas. Setelah itu, cobalah tidur dalam suasana tenang atau temaram.

Madu

Minum madu yang dicampur dengan segelas jus jeruk.

Teh kental

Minumlah wedang teh kental 1 cangkir, diberi air jeruk nipis 1 sendok makan dan sedikit garam (tanpa gula, tapi bisa menggunakan madu). Atau

Sediakan gelas dan masukkan 1 sendok makan gula putih, sedikit garam, sedikit jeruk nipis, kemudian masukkan setengah gelas air panas yang sudah diseduh dengan teh. Aduk hingga larut. Kemudian minum setelah agak dingin, lalu tidur sebentar.

Teh hitam

Seduh secangkir teh hitam. Tambahkan perasan air lemon. Saat masih hangat, minum perlahan. Ini berguna untuk meredakan sakit kepala Anda segera.

Kangkung

Seikat daun dan batang kangkung direbus setengah masak, dimakan sebagai sayur.

Bunga Melati

Ambil 1 genggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Campur semua bahan, remas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air dalam rantang. Cara menggunakannya, air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi.

Kencur

Ambil 2-3 lembar daun kencur ditumbuk sampai halus, dioleskan sebagai kompres pada dahi.

Pegagan

Di kenal sebagai obat sakit kepala dan mampu memperbaiki dinding pembuluh darah. Daun pegagan bentuknya seperti ginjal atau kaki kuda, pinggirnya bergerigi.

Segenggam daun pegagan di tambah ¼ sendok jinten di tambah segelas air jadi setengah, saring, minum.

Portulaka (Portulaca grandiflora)

Cuci seluruh bagian portulaka segar, kecuali akar (30 gr) tambahkan 2 gelas air, lalu rebus sampai mendidih selama 15 menit, Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Jika sakit berulang, lakukan 2-3 kali dalam sehari.

Terapi untuk Atasi Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, sakit kepala juga dapat diatasi dengan berbagai macam terapi, antara lain:

Rendam kaki di air hangat

Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala dan juga menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

Kompres kepala dengan kain dingin

Ambillah kain lembut atau handuk kecil, lalu basahi dengan air bersuhu dingin. Lalu, tempelkan di kepala dan leher bagian belakang. Cara tersebut bisa mengurangi rasa sakit karena membuat efek relaksasi.

Indian Head Massage

Juga dikenal sebagai Champissage di India, ini merupakan bagian dari sistem penyembuhan Ayurveda. Sejak lama diketahui pijatan di kepala a la India ini lebih bersifat menjaga kesehatan ketimbang mengobati. Indian head massage melibatkan kesehatan mental, emosi dan spiritual. Pijatan meliputi area pundak, leher, lengan atas dan lengan belakang, kulit kepala dan wajah. Prosesnya menggunakan tekanan jempol dan jari-jemari yang berfungsi meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan saraf dan otot. Dengan mengalirkan oksigen ke sel dan membuang racun dari tubuh, Indian head massage juga membantu memelihara rambut.

Meditasi

Meditasi mempraktikkan pada proses memfokuskan pada diri-sendiri dalam diam sebagai upaya mencapai ketenangan pikiran. Prinsipnya, meditasi membantu orang menenangkan diri, sehingga tekanan atau stres menjadi berkurang. Kita tahu, jika merasa bahagia dan tenang maka dalam menangani masalah yang muncul juga akan lebih baik. Inilah alasan kenapa meditasi yang dilakukan secara teratur dapat mengontrol dan mengurangi terjadinya migren.

Saat muncul sakit kepala cobalah untuk bermeditasi. Pejamkan mata, tarik napas dan tahan selama lima detik kemudian buang secara perlahan. Fokuskan pikiran Anda pada hal-hal yang menyenangkan. Dengan begitu Anda bisa mengurangi ketegangan otot pemicu sakit kepala, akibat tekanan psikologis.

Aromaterapi

Pengobatan herbal tradisional yang bertujuan untuk menangani akar masalah, bukan hanya gejalanya. pengobatan spesifik akan diberikan dikaitkan dengan penyebab sakit kepala, hampir sama dengan diagnosis dokter. Misalnya, sakit kepala pra-haid (PMS) biasanya diredakan dengan aroma mawar atau chamomile.

Menghirup udara segar

Menghirup udara yang bebas segar ternyata membuat kita lebih bisa menghilangkan sakit kepala akibat stres. Cobalah sesekali menghirup udara segar agar tekanan sakit kepala akibat stres bisa terkurangi.

Tidur

Mengistirahatkan sejenak tubuh kita bisa membuat otot dan saraf kita yang dulunya tegang menjadi rileks kembali. Tidur bisa mengurangi rasa sakit kepala dan bisa menyegarkan tubuh kita saat bangun kembali. Tetapi kebalikannya, tidur terlalu lama malah akan menyebabkan sakit kepala.

Pijat sendiri

Gunakan jari telunjuk dan ibu jari untuk menekan secara perlahan batang hidung Anda. Dan, lakukan juga pijatan pada pelipis secara bergantian. Tapi ingat, jangan tekan terlalu keras.

Begitulah, banyak sekali cara-cara alternatif untuk meredakan sakit kepala, tentu saja masih banyak lagi cara lainnya. Setiap orang pasti memiliki cara dan pengalaman yang berbeda dalam meredakan sakit kepalanya, yang penting dari cara alternatif ini adalah keyakinan cara ini akan menyembuhkan. Dan sebaiknya gunakan obat-obatan sebagai jalan terakhir meredakan sakit kepala anda.

#dari berbagai sumber

loading...