Healthy Articles

Berbagai Cara Untuk Mengatasi Mabuk Alkohol

Minuman alkohol akan memicu orang sering buang air kecil dan membuatnya mengalami dehidrasi (kehilangan banyak air). Jika sudah dehidrasi maka efek mabuknya akan semakin parah sehingga dianjurkan untuk banyak minum air putih untuk mengganti kadar air yang hilang.

Bila tubuh tidak lagi mampu mengurai racun dari alkohol yang diminum, terjadilah apa yang disebut kondisi hangover. Gejalanya antara lain sakit kepala, mual, diare, dehidrasi, pusing, emosi tidak stabil, lemas, serta timbul rasa sakit di seluruh bagian tubuh.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi mabuk alkohol, yaitu:

Madu

Madu mengandung senyawa fruktosa yang berguna untuk memecah unsur racun alkohol yang masuk ke tubuh. Alkohol sangat menyakitkan bagi tubuh karena minuman ini akan dipecah menjadi asetaldehida (acetaldehyde) yang merupakan senyawa racun bagi tubuh.

Menurut Dr John Emsley dari The Royal Society of Chemistry, dengan makan madu maka racun asetaldehida akan dikonversi oleh fruktosa menjadi asam asetat (acetic acid) yang kemudian dibakar selama proses metabolisme dalam tubuh dan dipecah menjadi karbondioksida yang akan dikeluarkan oleh tubuh.

Saat orang mabuk berat di malam hari, dianjurkan pada pagi harinya makan roti yang ditambahkan madu karena bisa jadi sumber kalium dan natrium yang juga mengatasi tubuh untuk melawan alkohol.

Susu

Minum segelas susu sebelum minum alkohol akan memperlambat penyerapan alkohol oleh tubuh yang berarti senyawa asetaldehida yang masuk bisa diminimalkan.

Zink dan Vitamin B

Enzim di dalam hati bisa mengubah alkohol menjadi asetaldehida, yaitu zat yang menyebabkan wajah memerah, sakit kepala dan mual yang merupakan efek dari mabuk. Untuk mendetoksifikasi alkohol ini, enzim hati memerlukan mineral zink (seng) dan vitamin B terutama B1. Karenanya orang yang sering mengonsumsi alkohol akan rentan terkena kerusakan hati.

Minum air putih

Dehidrasi merupakan salah satu efek samping utama dari mabuk. Karenanya jika seseorang habis minum, maka setelah sampai di rumah segeralah minum 500 ml air kelapa atau air putih. Cairan ini akan membantu menghidrasi tubuh serta meningkatkan jumlah elektrolit dan kadar glukosa dalam darah.

Minum banyak air sebelum maupun sesudah mengonsumsi minuman keras membantu tubuh menyediakan cadangan air bagi tubuh. Sebab minuman keras akan memicu tubuh untuk sering buang air kecil. Selain itu, air membantu membuang racun jahat yang membuat Anda tidak nyaman.

Usahakan perut sudah terisi sebelum minum alkohol

Mengonsumsi makanan bergizi sebelum pergi ke pesta atau mengonsumsi alkohol akan sangat berguna, karena makanan di perut akan memperlambat penyerapan alkohol oleh tubuh.

Minum campuran wortel, bit, jahe dan lemon

Buah bit, wortel, jahe dan lemon adalah bahan-bahan yang baik untuk hati, sebagai terapi dan juga untuk mengurangi efek mabuk. Cobalah mencampurkan 3 wortel, bit, setengah cm jahe dan setengah cangkir lemon. Minumlah satu gelas sehari campuran tersebut.

Olahraga

Olahraga berat seperti cardio bisa membantu memompa darah yang membuat tubuh lebih cepat mensirkulasikan darah melalui ginjal dan hati. Hal ini akan membuat tubuh semakin cepat mengeluarkan alkohol dari dalam sistem

Ginseng

Ginseng merupakan obat mabuk alkohol karena mampu mengembalikan keseimbangan tubuh. Cara: minum teh ginseng yang banyak dijual di  toko / apotik.

Jahe

Jahe dikenal sebagai obat mual dan muntah. Jahe juga dipercaya bisa mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan merangsang pengeluaran  racun secara cepat. Tidak salah bila tanaman ini sering jadi pilihan untuk mengatasi mabuk karena alkohol.

Teh Hijau

Teh hijau merupakan antioksidan yang baik dengan khasiat antibakteri dan anti peradangan. Mampu meningkatkan kekebalan, sehingga  membantu tubuh tetap fit, dan bisa memproses zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.

Jus Jeruk atau Tomat

Jus buah segar dapat mengatasi kondisi mabuk. Seperti air, jus buah ini membantu membuang racun serta memasok kadar air dalam tubuh.

Minumlah jus buah karena kandungan gula pada buah-buahan (fruktosa) secara cepat terserap ke aliran darah sehingga akan mendongkrak energi dalam jumlah besar. Sejumlah studi menunjukkan fruktosa juga ambil bagian dalam mempercepat aliminasi racun-racun dari dalam tubuh, termasuk yang terdapat pada alkohol. Jus tomat dan jeruk diyakini paling baik, karena juga kaya nutrien seperti vitamin C.

Mentimun

Efek mabuk alkohol sangat terlihat pada mata. Cobalah pengobatan klasik dengan mentimun. Caranya: tidur telentang, lalu letakkan irisan mentimun pada mata. Mata yang merah dan berkantong akan pulih kembali karena sifat mentimun mendinginkan dan menyegarkan.

Teh Pepermint

Teh pepermint merupakan obat alami untuk mengatasi mabuk alkohol. Pepermint jadi pilihan karena kemampuannya menyembuhkan sistem pencernaan.

Black Currant & Cranberry

Kedua buah ini sangat kaya akan vitamin C dan zat nutrisi lainnya. Kandungan itulah yang terbaik untuk tubuh yang sedang stress. Blackcurrant memiliki kemampuan membersihkan dan memurnikan darah, sedang cranberry berfungsi sebagai antibakteri dan penguat organ ginjal.

Bubur Gandum

Oat adalah makanan dengan nilai A. Selain kaya gizi,oat sangat mdah dicerna karena merupakan makanan alkali.Oat dapat meredakan gangguan perut.

Minyak Adas dan Jupiter

Minyak adas (fennel) dan jupiter merupakan alat detoksifikasi yang manjur dan sangat baik untuk mengatasi mabuk alkohol. Gunakan minyak - minyak ini dalam pijit terapi aroma yang bisa Anda lakukan sendiri.

Jus Sayuran

Detoksifikasi merupakan salah satu cara membersihkan sisa-sisa racun akibat pengaruh alkohol. Untuk detoksifikasi sederhana, konsumsi jus sayur hijau segar, misalnya jus bayam dan seledri. Seledri dan bayam kaya akan vitamin B dan Mineral.

Minyak Lavender

Lavender salah satu obat alami penyembuh segala penyakit. Untuk meredakan mabuk alkohol, tambahkan 6-8 tetes minyak lavender ke dalam bak berisi air hangat. Gunakan untuk mandi.

Yoghurt Murni

Alasan utama perut terasa seperti diguncang-guncang atau ingin muntah adalah karena keseimbangan PH-nya terganggu. Yoghurt murni akan membantu menyeimbangkannya.

Buah Salam

Buah salam  yang sudah masak berwarna merah dapat mengobati mabuk akibat alkohol. Satu genggam buah salam masak ditumbuk sampai halus, peras dan saring. Airnya dapat diminum sekaligus.

Kopi atau Kafein

Alkohol  menyebabkan pembuluh darah membengkak, yang akan menuntun pada serious head throbbing. Kafein bisa mengatasi keluhan ini, tapi karena sifatnya juga diuretik, batasi konsumsi kafein hanya secangkir saja.

Bahkan menurut sebuah penelitian, minum kopi + obat sakit kepala atau obat yang mengandung paracetamol dapat meredakan efek mabuk alkohol dengan cepat, dan banyak pula orang yang percaya. Tetapi peneliti dan para ahli lainnya banyak yang meragukannya, karena sifat-sifat kafein dapat memperparah efek mabuk alkohol.

2012. smallCrab, just another blogs
Download Joomla Templates