Rambut rontok di usia muda kini sudah merupakan hal yang biasa terjadi. Hal ini tentu saja membuat orang tersebut merasa tidak nyaman, apalagi bagi wanita, karena rambut yang indah merupakan dambaan.

Rambut terbentuk di kantong kulit yang disebut folikel (kantung rambut). Papilla, yang tumbuh di dasar folik, berperan menumbuhkan rambut, yaitu ketika sel-sel tersebut mengubah asam amino menjadi keratin, yaitu sejenis protein yang menjadi bahan rambut. Tingkat produksi protein ini menentukan juga tingkat pertumbuhan rambut. Tingkat pertumbuhan rata-rata sekitar 1,2 cm per bulan, tumbuh lebih cepat pada perempuan antara usia 15 dan 30 tahun.

Penyebab

Penyebab kerontokan rambut biasanya berhubungan dengan masalah kekurangan nutrisi, bahkan ketika hanya sebagian saja zat nutrisi yang mengalami kekurangan, hal ini dapat menyebabkan rambut rontok. Orang yang kekurangan vitamin B6 akan menyebabkan rambutnya rontok dan orang-orang yang kekurangan asam folat akan menjadi botak, tetapi biasanya setelah asupan nutrisi tersebut dipenuhi rambutnya akan tumbuh normal kembali.

Penyebab lain kerontokan rambut adalah stress, seperti rasa kekhawatiran, kecemasan dan shock mendadak. Stres menyebabkan ketegangan parah pada kulit kepala. Hal ini dapat berakibat buruk pada pasokan nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut sehat.

Selain itu, sphilis, influenza kronis dan anemia, juga dapat menimbulkan gangguan kerontokan rambut, gangguan-gangguan kesehatan ini menyebabkan akar rambut menjadi lemah sehingga rambut menjadi mudah rontok.

Kebersihan kepala juga dapat berpengaruh pada kerontokan rambut. Kulit kepala yang kotor dan banyak daki juga akan melemahkan akar-akar rambut, karena kotoran menutupi pori-pori di kepala. Jika hal ini dibiarkan terus berlanjut maka rambut menjadi lemah dan mudah rontok.

Pengobatan

Rambut yang sehat tergantung pada jumlah asupan nutrisi. Protein yang cukup akan membuat rambut menjadi lebat. Untuk setiap harinya, anita membutuhkan asupan protein 60 gram, pria 80 - 90 gram, remaja laki-laki dan perempuan 80 hingga 100 gram. Kebutuhan protein ini biasanya dipasok oleh susu, buttermilk, yogurt, kedelai, telur, daging keju, dan ikan.

Kurangnya vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada rambut. Kekurangan beberapa vitamin B, dari besi, tembaga dan yodium dapat menyebabkan gangguan rambut seperti rambut rontok dan beruban prematur.

Kekurangan inositol dapat menjadi penyebab rontoknya rambut. Setiap orang yang memiliki masalah dengan rambutnya harus makan makanan yang kaya akan inositol seperti ragi dan hati.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita memiliki kebutuhan rendah akan inositol. Walaupun vitamin ini dapat membantu untuk merangsang pertumbuhan rambut wanita, kurangnya inositol mungkin bukan penyebab utama pertumbuhan rambut yang lambat. Wanita umumnya kekurangan yodium dan vitamin B1, salah satu zat yang dapat memperlambat sirkulasi pada kulit kepala sedemikian rupa sehingga rambut dapat rontok dan rambut baru tumbuh sangat lambat.

Wanita yang menjaga asupan kecukupan yodium yang memadai, vitamin B dan zat besi memiliki pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Meningkatkan asupan protein, khususnya hati, bibit gandum dan ragi, dan melengkapi diet dengan satu sendok teh suplemen inositol biasanya akan menghentikan rontoknya rambut pada pria.

Orang yang mengalami masalah rambut rontok dianjurkan untuk menerapkan pola makan yang seimbang dan lengkap, yang mampu menyediakan semua kebutuhan akan nutrisi penting. Misalnya saja pola makan yang terdiri dari (i) kacang-kacangan dan biji-bijian, (ii) sayuran dan (iii) buah akan memberikan jumlah yang cukup untuk semua nutrisi penting. Akan lebih baik lagi jika kita menambahkan dengan makanan khusus tertentu seperti susu, minyak sayur, madu, bibit gandum, ragi dan hati.

Cara Pengobatan Sendiri

Banyak cara tradisional yang sering digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Salah satunya adalah dengan cara menggosok kulit kepala dengan jari setelah mencuci rambut dengan air dingin. Kulit kepala harus digosok keras sampai mulai terasa panas. Ini akan mengaktifkan kelenjar sebaceous dan memberi energi pada sirkulasi darah di daerah tersebut, sehingga membuat rambut tumbuh sehat.

Selada juga dapat digunakan untuk mencegah rambut rontok. Campuran selada dan jus bayam diyakini dapat membantu pertumbuhan rambut jika rutin diminum sebanyak setengah liter sehari. Jus dari alfalfa (lecerne) dikombinasikan dengan wortel dan jus selada, diminum setiap hari juga membantu pertumbuhan rambut ke tingkat yang luar biasa. Kombinasi jus ini kaya dengan unsur-unsur yang sangat berguna untuk pertumbuhan rambut.

Penggunaan minyak kelapa setiap hari dicampur dengan air kapur sirih an air jeruk nipis pada rambut, mencegah rontoknya rambut dan dapat memperpanjang rambut. Selain itu keramas dengan menggunakan daun-daunan berwarna hijau juga baik bagi rambut, misalnya daun ketumbar dan daun bayam dapat membantu petumbuhan dan menyebabkan rambut menjadi lembut.

Pengobatan tradisional lainnya yang efektif menggunakan santan kelapa, ini bisa dilakukan dengan memijat kulit kepala dengan menggunakan santan kelapa, efeknya akan menyuburkan rambut.

Keramas dengan menggunakan tanah porang juga sering dilakukan oleh masyarakat tradisional di pedesaaan untuk mendapatkan rambut yang tumbuh subur dan panjang.

Untuk mengatasi bagian kepala yang mengalami kebotakan, sebagian orang menggunakan kunyit yang ditumbuk dan dicampur dengan susu, kemudian dibalurkan pada bagian kepala yang botak sebelum tidur.

Penggunaan lidah buaya untuk keramas juga merupakan hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat.

Makanan Sehat untuk Rambut

Meskipun banyak cara untuk mengobati rambut rontok, tetapi kita sebaiknya berusaha mencegah kerontokan rambut itu, salah satunya adalah memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan rambut. Berikut adalah 10 bahan makanan yang bisa membantu rambut anda lebih sehat.

1. Salmon
Sepertinya salmon selalu menempati posisi pertama untuk makanan yang bisa menyehatkan tubuh. Kaya akan asam lemak Omega-3, sumber protein alami ini juga dipenuhi vitamin B-12, juga zat besi. Asam lemak Omega-3 dibutuhkan untuk memberikan nutrisi pada kulit kepala. Kekurangan zat ini bisa menyebabkan kulit kepala kering, sehingga terlihat kusam. Vegetarian? Coba tambahkan flaxseed (biji bunga sejenis rami) dalam makanan sehari-hari. Ini adalah jenis tumbuhan yang juga kaya Omega-3.

2.  Sayuran berwarna hijau tua
Bayam dan brokoli adalah sayuran yang kaya vitamin A dan C. Kedua nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sebum, atau minyak alami yang diproduksi kulit kepala Anda. Sebum bermanfaat untuk kondisioner rambut alami. Selain itu, sayuran berwarna hijau tua kaya akan zat besi dan kalsium.

3. Biji-bijian
Lentil dan kacang merah seharusnya menjadi bagian penting dalam perawatan rambut. Tak hanya memberikan protein yang baik untuk pertumbuhan rambut, biji-bijian ini juga kaya zat besi dan biotin. Meski jarang, kekurangan biotin bisa menimbulkan rambut rapuh. American Dietetic Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi 3 atau lebih cangkir lentil atau kacang-kacangan setiap minggunya.

4. Kacang-kacangan
Kacang asal Brazil adalah sumber alami yang memproduksi selenium, mineral penting untuk kulit kepala. Sementara walnut mengandung alpha-linolenic acid, salah satu asam lemak omega-3 yang membantu memberikan kelembapan pada rambut. Kacang-kacangan juga sumber alami yang memberikan seng, seperti kacang mede, pecan, dan almon. Seng amat penting untuk menjaga rambut kuat dan tak rontok dari akar.

5. Unggas
Protein tinggi yang ada di unggas akan memberikan kesehatan pada rambut. Tanpa protein yang cukup atau protein yang berkualitas rendah, rambut mudah patah, sementara kekurangan protein bisa menyebabkan rambut kekurangan warna. Unggas juga menyediakan zat besi yang mudah diserap.

6. Telur
Telur adalah penyedia protein yang baik, juga memiliki biotin dan vitamin B-12, penting untuk kecantikan.

7. Whole grains
Roti gandum dan sereal gandum whole grain memiliki kandungan seng, zat besi, dan vitamin B. Makanan semacam ini juga bisa me-recharge energi antara makan siang dan makan malam.

8. Oyster
Tak hanya berkhasiat untuk meningkatkan gairah bercinta, tiram pun baik untuk kesehatan rambut. Tiram mengandung antioksidan yang kuat, karena kandungan sengnya. Namun, karena tak semua orang suka atau mudah mendapatkan makanan ini, Anda bisa menggantinya dengan daging sapi atau daging domba.

9. Produk susu rendah lemak
Skim milk dan yogurt adalah sumber alami kalsium, mineral penting untuk pertumbuhan rambut. Bahan makanan ini juga mengandung air dadih dan kasein, dua sumber protein. Anda bisa mengkonsumsi yogurt sebagai sarapan. Tambahkan walnut atau flaxseed untuk tambahan asam lemak Omega-3 dan seng.

10. Wortel
Wortel terkenal sebagai makanan yang kaya vitamin A, yang membuat kulit kepala lebih sehat, juga mata, tentunya. Karena kulit kepala yang sehat amat penting untuk mendapatkan rambut yang berkilau, lembab, maka akan baik jika Anda rajin mengkonsumsi wortel sehari-hari.

Ketika menyangkut makanan, variasi adalah hal yang penting. Keseimbangan pemilihan makanan, seperti protein, buah-buahan, sayuran, whole grain, ikan, dan produk susu akan membantu rambut lebih sehat. Jika Anda sedang dalam proses diet, perlu diingat bahwa kalori yang rendah pun bisa memicu kerontokan rambut.

dari berbagai sumber

loading...