Healthy Articles

Makanan dan Minuman Peredam Stres

Keseharian Anda sering berada di bawah tekanan? Jika iya, sebaiknya jangan didiamkan terlalu lama. Hati-hati, stres yang berkepanjangan bisa berujung pada depresi.

Cobalah rutin mengonsumsi enam makanan berikut ini agar membantu Anda mengusir stres secara sehat, dikutip dari realbeauty / vivanews.com.

Jeruk

Sebuah studi di Jerman yang dimuat dalam jurnal Psychopharmacology menemukan, vitamin C dapat membantu Anda mengurangi stres dan mengembalikan tekanan darah dan kortisol (hormon penyebab stres) ke tingkat normal setelah Anda stres. Vitamin C juga  terkenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ubi Jalar

Ubi bisa mengurangi stres Anda. Sebab ubi akan memenuhi kebutuhan tubuh untuk mendapatkan karbohidrat saat Anda berada di bawah stres. Ubi yang mengandung vitamin beta-karoten akan membantu tubuh Anda untuk memproses karbohidrat.

Bayam

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan sakit kepala migrain dan rasa lelah. Semangkuk sayur bayam bening mengandung magnesium sebesar 40 persen dari kebutuhan harian Anda.

Salmon

Salmo kaya akan asam lemak omega-3. Diet tinggi asam lemak omega-3  melindungi tubuh dari penyakit jantung. Sebuah studi dari Diabetes & Metabolism menemukan bahwa omega-3 menjaga hormon stres kortisol dan adrenalin dari puncak.

Avokad

Lemak dan kalium dalam avokad membantu menurunkan tekanan darah. Institut Nasional Jantung, Paru, dan Darah menyebutkan, salah satu cara terbaik menurunkan tekanan darah adalah mengonsumsi kalium cukup (alpukat memiliki lebih dari pisang).

Sayuran hijau

Brokoli, kale, dan sayuran hijau juga dapat membantu tubuh kita agar tidak lemah saat stres.

Selain makanan ada, tips lain pengusir stres, antara lain:

  • Olahraga teratur
  • Mengonsumsi makanan kecil (seperti buah atau biskuit rendah kalori) sepanjang hari, yang akan membuat gula darah Anda stabil.


Minuman Penangkal Stres

Saat terjebak dalam kesibukan sehari-hari, stres akan mudah datang. Jangan biarkan stres menghalangi Anda menyelesaikan pekerjaan. Untuk mengurangi atau menghilangkan stres, cobalah menikmati lima minuman berikut ini.

1. Susu hangat

Saat sedang merasa suntuk atau jenuh, minumlah segelas susu hangat. Kandungan tryptophan pada susu akan mengalami proses metabolisme menjadi serotonin yang berfungsi memperbaiki mood. Lalu, kandungan kalsium, magnesium dan potasium bisa mengurangi tekanan darah yang meningkat karena stres.

2. Cokelat hangat

Minuman hangat akan meningkatkan suhu tubuh Anda dan bisa menimbulkan kenyamanan. Kandungan zat dalam cokelat juga bisa membuat mood Anda menjadi lebih stabil.

3. Teh hitam

Ubah kebiasaan minum kopi saat stres, ganti dengan minum teh hitam. Penelitian yang dilakukan tim dari University College London, Inggris, menunjukkan bahwa minum teh hitam empat kali sehari selama enam minggu mengurangi hormon kortisol pemicu stres.

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung theanin, yang meningkatkan relaksasi di otak. Yaitu, meningkatkan gelombang alpha yang menimbulkan efek tenang dan mengurangi gelombang betha yang membuat perasaan tertekan.

5. Air putih dingin

Air putih dingin juga bisa Anda jadikan obat stres. Tapi, setelah meminumnya pastikan Anda berjalan di luar ruangan dan menghirup udara segar. Air akan menggerakan darah dan udara segar merangsang produksi endorfin, hormon penghilang stres.

2012. smallCrab, just another blogs
Download Joomla Templates