Ini kabar gembira untuk para pengidap diabetes mellitus (diabetesi) yang tergantung insulin. Jika saat ini, suplai insulin diberikan lewat injeksi (suntikan), maka dalam waktu tak lama lagi diabetesi mungkin bisa mendapatkan suplai insulin dalam bentuk kapsul. Jika terwujud, tentu hal ini akan sangat memudahkan para diabetesi.

Sebuah perusahaan Inggris, Diabetology, dan para pakar dari Cardiff University, tengah bekerja keras untuk menciptakan insulin oral ini. Kabar terakhir, mereka telah berhasil menyelesaikan masalah krusial terkait kapsul insulin tersebut, dan berencana mempresentasikan hasil uji klinis tahap awal mereka di hadapan Asosiasi Diabetes Amerika.

Insulin oral ini berbentuk kapsul dengan pelapis khusus untuk melindunginya dari pengaruh asam lambung, dan memungkinkannya melewati usus kecil di mana insulin dalam kapsul ini diserap. Dengan dosis minum dua kali sehari, masing-masing sebelum sarapan dan makan malam, insulin dalam kapsul ini diharapkan bisa mengontrol kadar gula darah para diabetesi.

Insulin biasanya diperlukan oleh para pengidap diabetes tipe 1. Namun kadang kala, insulin dibutuhkan pula oleh pengidap diabetes tipe 2 jika perubahan gaya hidup (termasuk diet dan olahraga) dan konsumsi obat antidiabetes oral gagal mengendalikan glukosa darah secara memadai.