Secara umum, tubuh mempunyai beberapa cara untuk membuang limbah sebagai hasil akhir makanan/minuman yang dikonsumsinya. Pembuangan limbah cair setelah disaring oleh ginjal, limbah dibuang melalui saluran kencing.

Gagal ginjal menunjukkan bahwa ginjal sudah tidak dapat dan tidak mampu menyaring limbah tubuh yang bersifat cairan, sehingga limbah cair akan berlebih dalam tubuh dan meracuni tubuh itu sendiri.

Pada prinsipnya ada gagal ginjal akut yang disebabkan kondisi tertentu seperti mencret dan muntah hingga dehidrasi, luka bakar berat dimana sekitar lebih dari 40% bagian tubuh terbakar dengan kedalaman luka bakar tingkat 2 sampai dengan 4.

Keracunan miras seperti pemakaian spiritus atau obat nyamuk dalam oplosan minuman keras.

Selain gagal ginjal akut, didapatkan pula gagal ginjal kronis yang biasanya disebabkan penyakit yang kronis seperti Kencing Manis, Darah Tinggi tak terkontrol. Sistemic Lupus, atau pemakaian obat berlebihan tanpa control dokter.

Gagal ginjal akut bila cepat ditangani dan segera dicuci darahnya hingga kadar kreatinin dan ureumnya normal, serta kembali dalam keseimbangan alamiah dapat kembali sembuh, tetapi gagal ginjal kronis, harus menjalani cuci darah seumur hidup.

Perlu hati-hati: makanan bagi orang dengan gagal ginjal

Pemberian makanan yang telah diawetkan seperti cornet, abon , ikan asin, buah buahan dalam kaleng/sayur dalam kaleng, keju dan susu yang diawetkan akan berpotensi memperberat penyakit ginjal. Begitu pula pemberian makanan yang mengandung soda atau penyedap Mono Sodium Glutamat juga memperberat dan menurunkan fungsi ginjal.

Buah-buahan segar terutama pisang berpotensi menurunkan fungsi ginjal karena mengandung Natrium atau Calcium tinggi dan dapat merubah keseimbangan asam – basa dalam darah. Kalaupun hendak dikonsumsi, buah buahan tersebut harus disetup hingga matang, buah dapat dikonsumsi tetapi air setup harus dibuang.

Sayuran kalau hendak dimakan mentah, dipotong tipis tipis, kemudian dibilas beberapa kali untuk menghilangkan garam mineralnya. Sayur yang dimasak seperti sayur bayam, atau sayur asem, boleh dikonsumsi sayurnya, tetapi air kuahnya dilarang untuk dikonsumsi.

Tentunya juice apapun termasuk dalam golongan buah buahan, begitu pula herbal termasuk dalam golongan sayur atau buah, dan lebih berbahaya bila diberikan tambahan zat kimia tertentu.

loading...