Resep Perawatan Rambut

Rambut kerap disebut-sebut sebagai mahkota kita. Memang benar adanya, rambut yang bagus membuat penampilan kita nampak lebih menawan, terutama bagi para wanita. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk perawatan rambut, salah satunya dengan resep perawatan buatan sendiri. Berikut kami berikan beberapa resep Perawatan Rambut.

1. Yang Anda butuhkan untuk resep pertama ini adalah, 1 ons kecap kedelai ditambah 1 mangkuk air hangat.

Cara: Setelah menyampo rambut Anda, basahi rambut dengan ramuan tadi. Biarkan selama 10 menit dan setelah itu bilas.

2. Untuk resep perawatan rambut kedua yang Anda butuhkan adalah, 2 sendok makan Molasses (sirup gula), 2 sendok teh agar-agar tanpa rasa, 1 sendok teh susu segar, 1 sendok teh bir basi.

Cara: Masukan semua bahan dalam mangkuk, lalu sisirkan ke rambut Anda. Tutup rambut dengan tutup kepala plastik lalu balut dengan handuk, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Beri shampo dan bilas sampai bersih, lalu keringkan. Resep ini berguna untuk mempertahankan warna rambut dan mencegah kerontokan.

3. Untuk resep perawatan rambut ketiga ini yang Anda butuhkan adalah: 1 butir telur, 1/2 alpokat, haluskan dan jadikan semacam pasta, 2 sendok makan minyak gandum.

Cara: Kocok telur dengan blender lalu tambahkan alpokat dan minyak gandum, terus blender hingga halus. Jika Anda berambut panjang, bagi rambut Anda dalam beberapa bagian dan oleskan resep ini dari kulit kepala terlebih dahulu lalu keluar, pijat-pijat pasta ini ke tiap bagian kulit kepala. Setelah merata tutup rambut Anda dengan penutup mandi plastik selama 30 menit. Bersihkan rambut Anda, bilas dengan air hangat selama lima menit dan gunakan shampo lalu bilas kembali hingga bersih. Resep ini berguna untuk menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut berkilau.

Memang membutuhkan sedikit usaha untuk melakukan tips-tips Perawatan Rambut ini, namun jika Anda mau telaten, niscaya Anda akan mendapatkan mahkota yang berkilau.

5 Tanda Rambut Dalam Keadaan Bahaya

Rontok, bercabang, dan kering merupakan masalah-masalah rambut yang umum kita jumpai. Sebelum menunjuk kesalahan pada produk perawatan rambut yang kita pakai, coba ukur dulu seberapa sehat rambut kita.

Rambut yang rusak, kasar dan kering pasti akan membuat rambut kita semakin sulit diatur dan tidak enak dipandang. Dan parahnya kita sering tidak sadar melakukan perbuatan-perbuatan keji pada rambut, seperti proses pewarnaan, penggunaan catokan dan hairdryer, serta perbuatan “perusak” lainnya, Jangan biarkan hal ini terjadi terlalu lama dengan mengenali 5 indikator rambut rusak berikut ini untuk langkah penangganan yang lebih cepat dan tepat.

  • Rambut rusak tak akan terlihat bersinar dan cenderung kusam. Lakukan deep conditioning. Jika rambut masih terlihat kusam maka ini bisa menjadi salah satu pertanda bahwa rambut kita telah rusak dan batangnya sudah tidak selembut seperti dulu.
  • Periksalah teksur rambut dengan cara memegang rambut kita dari bagian atas hingga ujung rambut menggunakan jari-jari. Apa yang kita rasakan? Apakah lembut atau kasar? Kondisi rambut yang kering dan rusak akan ditandai dengan batang rambut kasar, tidak rata plus bercabang.
  • Rambut yang sehat biasanya lembut, lembab, dan mudah diatur. Itu mengapa akan mudah sekali disisir. Tapi jika yang terjadi kebalikannya, yaitu rambut kita sering kusut serta sulit disisir, maka sudah dapat dipastikan rambut kita mengalami kerusakan.
  • Ambil senggam rambut kita dengan tangan dan perhatikan ujungnya. Apakah ada yang bercabang? Rambut yang kering dan perawatan rambut yang buruk adalah penyebab utamanya. Tidak ada cara lain untuk memperbaiki kondisi ini selain memotongnya. Jadi, semakin cepat kita tahu, semakin pendek pula rambut rusak kita yang harus dipotong.
  • Amati sisir, lantai dan kamar mandi kita, apakah banyak rambut kita yang tercecer disana? Kerontokan dalam jumlah yang banyak bisa menjadi tanda rambut kita telah rusak. Karena rambut yang tidak “prima” akan mudah rontok.(Astrid Anastasia)


Kenali 4 Musuh Rambut

Jika ingin menang dalam sebuah peperangan, yang perlu dilakukan pertama adalah mengenal betul siapa musuh kita sebenarnya. Ternyata, hal ini juga berlaku dalam mengatasi masalah rambut. Mari lindungi mahkota kita dari “musuh” yang mengganggu.

1. Polusi industri.

Kita tidak akan pernah dapat mencegah terjadinya penempelan partikel debu, kuman, asap yang terdapat dalam polusi udara pada rambut kita, terutama bagi rambut berminyak atau yang telah disemprotkan hair spray. Musuh rambut satu ini dapat membuat rambut mudah kotor dan rusak.

2. Matahari.

Sedikit paparan baik untuk rambut, tapi paparan matahari yang berlebih akan membuat sang surya menjadi musuh terburuk bagi kesehatan rambut kita. Matahari akan membuat rambut menjadi kering dan tidak jarang juga mengakibatkan rambut menjadi patah dan bercabang. Selain itu, sinar matahari mampu mengubah warna rambut kita menjadi kusam dan berwarna kemerah-merahan. Apabila aktivitas kita mengharuskan rambut terus terpapar oleh matahari maka pastikan rambut mendapatkan pelindungnya dengan cara melakukan perawatan rambut secara rutin 3 atau 4 kali seminggu.

3. Panas.

Panas akan mengintensifkan kondisi alami rambut kita. Jika rambut kita kering akan menjadi lebih kering, jika rambut kita berminyak maka akan menjadi lebih berminyak. Panas juga akan membuat rambut menjadi kotor lebih cepat karena ketika panas kepala kita akan berkeringat dan lembap sehingga menyebabkan kotoran lebih mudah menempel.

Untuk rambut normal, kita hanya perlu mencuci rambut secara rutin dan melakukan perawatan deep conditioning (kondisioner rambut dengan konsentrat tinggi yang mampu melembapkan rambut hingga batang kulit paling dalam) sebulan sekali. Bagi yang memiliki rambut kering, aplikasikan kondisioner setiap kali selesai mencuci rambut, dan lakukanlah perawatan deep conditioning 3 minggu sekali. Sedangkan untuk pemilik rambut berminyak, kita memerlukan pencucian rambut yang lebih sering dibanding jenis rambut yang lain dan hindari penggunaan sampo yang mengandung kondisioner.

4. Air.

Air bisa menjadi musuh rambut jika itu berasal dari laut atau kolam renang. Mengapa? Kandungan klorin dalam kolam renang akan membuat rambut menjadi kering dan merusak. Ketika berenang, disarankan agar kita bisa menggunakan topi renang atau langsung mencuci rambut serta mengaplikasikan kondisioner pada rambut kita setelah keluar dari kolam renang.

Air laut juga dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak. Bukan hanya karena kandungan garamnya saja yang tinggi, tapi pada saat kita berenang di laut secara bersamaan rambut kita juga akan terkena paparan sinar matahari yang merusak. Kondisi tersebut akan memperburuk proses perusakan rambut. Bilaslah segera rambut kita dengan air bersih dan aplikasikan kondisioner setiap kali kita selesai bermain di laut, terutama bagi kita yang memiliki rambut yang kering.

Solusi Rambut Berminyak Dan Rambut Lepek

Rambut berminyak. Sedikit minyak pada rambut itu normal karena memang dibutuhkan untuk menjaga batang rambut dalam kondisi baik.

Terlalu banyak minyak dapat membuat rambut anda terlihat kotor dan tidak mengembang.

Jika rambut dan kulit kepala anda berminyak sebaiknya anda jangan menggunakan shampo atau conditioner maupun obat rambut yang terlalu berat untuk rambut anda.

Jika hanya kulit kepala yang berminyak maka gunakan shampo untuk rambut berminyak dan conditioner untuk rambut kering untuk menyeimbangkan. Jangan asal menggunakan obat rambut.

Anda bisa bersihkan rambut setiap dua hari sekali. Anda mungkin ingin sering mencuci rambut anda tapi kelenjar minyak pada kulit kepala dapat terstimulir akibat pijatan sehingga semakin sering mencuci rambut, kulit kepala menjadi semakin berminyak.

Mitos Rambut Rontok

Kondisi rambut bergantung pada bagaimana cara kita merawatnya. Ketahui fakta yang benar seputar rambut dan hindari kepercayaan berlebihan terhadap mitos yang kerap beredar.

Mitos: Pria lebih mudah botak

Alaminya, kita kehilangan 40-120 helai rambut setiap hari. Menurut Marc Avram, MD, seorang pakar transplantasi rambut di Manhattan, seiring dengan pertambahan usia, rambut kita kian menipis. Sekitar 30 persen wanita akan mengalaminya menjelang usia 50 tahun. Pada pria, kerontokan rambut terlihat lebih jelas (karena terjadi di daerah dekat dahi). "Sementara pada wanita, kerontokan sering terjadi di bagian puncak kepala," ungkap George Cotsarelis, Asisten Profesor di bidang Dermatologi, sekaligus Direktur Hair and Scalp Clinic di University of Pennsylvania.

Mitos: Faktor genetik sangat berperan penting

Benar. Namun, tak seperti yang sering beredar di masyarakat, yang menentukan gen botak bukanlah dari garis keturunan ayah saja. "Jika ada salah satu anggota keluarga kita yang botak, berarti kita juga memiliki 'bakat' yang sama," kata Cotsarelis. "Sebaliknya, apabila kita terlahir di keluarga yang berambut tebal, otomatis risiko kita untuk mengalami penipisan rambut jadi kecil."

Mitos: Pilihan makanan yang salah bisa memicu kerontokan rambut

Benar, pola makan termasuk salah satu faktor yang perlu diwaspadai. Pada penelitian oleh Dr Hugh Rushton, profesor dari Portsmouth University, ditemukan hubungan antara tipisnya rambut dan asupan zat besi serta asam amino lysine. Sebanyak 90 persen wanita yang berambut tipis ternyata mengalami kekurangan dua zat di atas. Lysine dapat membantu menyalurkan zat besi, untuk mendukung proses metabolisme tubuh. Apabila kadar kedua zat ini rendah, maka tubuh akan mengambil cadangan lysine yang terdapat di folikel rambut. Maka dari itu, penuhi kadar lysine dengan mengonsumsi daging, ikan, dan telur.

Mitos: Rambut yang diwarnai lebih rentan terhadap kerontokan

Fakta: Mewarnai atau meluruskan rambut boleh dilakukan sejauh tidak menyakitkan kulit kepala. "Apabila kita merasa kesakitan saat perawatan ini dilakukan, itu berarti folikel rambut rusak," ungkap Cotsarelis. Sementara itu, hair extension tidak disarankan karena menimbulkan kerusakan permanen pada folikel. Akibatnya, dalam beberapa tahun ke depan, rambut semakin menipis. Kita bisa menenangkan batang rambut dari proses pewarnaan dengan produk perawatan yang tepat. Tak hanya menutrisi batang rambut, tetapi proses itu juga membuat warna rambut berkilau. Coba: Kerastase Masque Chroma Riche, masker rambut dengan vitamin E dan UV filter.

#dari berbagai sumber

loading...