Minuman glukosa yang menjadi momok bagi mereka yang mengkampanyekan pola makan sehat memiliki keuntungan lain yakni dapat meningkatkan daya ingat," demikian menurut para ahli. Menurut ahli saraf dari Glasgow Caledonian University, minum setara dengan dua kaleng minuman ringan dapat meningkatkan ingatan sekitar 1/5 dan dapat menyerang dementia pada para orang tua. Dr. Leigh Riby yang memimpin penelitian mengatakan orang yang diteliti untuk pemeriksaan dapat mengambil manfaat dari meningkatnya jumlah gula dalam diet mereka.

Dr. Riby memfokuskan penelitian pada area otak yang dikenal sebagai hippocampus yang dapat mencipakan ingatan baru namun menurunkan serangan dementia. Dalam penelitian Dr. Riby menggunakan serangkaian tes daya ingat dan teknik nalar otak untuk menentukan bagaimana peserta penelitian merespon setelah minum minuman bergula tersebut. Ditemukan bahwa hippocampus dipenuhi dengan aktivitas setelah peserta mengkonsumsi minuman bergula tersebut dan mereka mampu mengingat 17 persen lebih banyak dibanding yang tidak minum.

Dalam penelitian ini, Dr Riby melibatkan dua puluh lima peserta yang berusia antara 18 dan 52 tahun yang ikur serta dalam penelitian ini dan mereka diminta untuk mengingat daftar kata-kata. Mereka yang minum air rasa jeruk yang mengandung 25 gram gula setera dengan sekaleng Coca-Cola dapat mengingat 11 persen lebih kata-kata. Jika peserta minum dua kali lipat jumlah gula, mereka menujukan peningkatan sekitar 17 persen. Selain itu mereka juga 100 mili detik lebih cepat dalam mengingat sejumlah kata. Penelitian ini menunjukan bahwa konsumsi minuman mengandung glukosa dapat meningkat daya ingat secara signifikan.

#dari berbagai sumber
loading...