Biji kopi, yang selama ini kita kenal, merupakan biji yang biasanya dikeringkan, disangrai, digiling dan diseduh untuk dijadikan minuman kopi. Biji kopi adalah biji dari buah kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi (genus Coffea family Rubiaceae).

Akhir-akhir ini kopi menjadi semakin trend, selain sebagai lifestyle drink, kopi juga dikenal sebagai makanan super yang diyakini berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Dalam berbagai tulisan, kopi diyakini memiliki banyak manfaat diantaranya, mengurangi gangguan fungsi otak, mengurangi reiko diabetes tipe 2, mencegah kanker, mmelindungi organ hati, mencegah depresi, dll.

 

Apa Itu Buah Kopi?

 

Buah kopi yang juga dikenal dengan nama coffee cherry atau coffee berry adalah salah satu jenis buah batu yang dihasilkan oleh tanaman kopi. Dianggap sebagai buah batu karena memiliki lubang di tengah yang menampung biji kopi mentah, buah kopinya kecil dan berwarna hijau dan bila sudah matang warnanya menjadi merah tua atau ungu.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya biji kopi merupakan benih dari buah kopi. Selama produksi kopi, daging buah ini biasanya dibuang dan biji kopi kemudian dikeringkan, disangrai, digiling dan diseduh menjadi kopi.

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah menunjukkan efek kesehatan dari buah kopi dan sekarang buah kopi ini mulai digunakan dalam minuman, suplemen, dan makanan.

 

Manfaat Kesehatan Buah Kopi

Selain kopi bubuk yang selama ini kita kenal, kopi juga bisa dimanfaatkan bagian daging buahnya sebagai bahan minuman yang menyehatkan. Berikut adalah beberapa manfaat buah kopi:

 

1. Antioksidan tinggi

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif dan kerusakan sel dengan melawan radikal bebas. Hal ini dapat mengurangi risiko banyak penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan penyakit lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah kopi mengandung antioksidan yang bermanfaat seperti asam klorogenat, rutin, asam protocatechuic dan asam galat.

Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa 20 atlet yang mengonsumsi 800 mg ekstrak buah kopi per hari selama 28 hari mengalami sedikit peningkatan dalam kapasitas antioksidan.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa buah kopi dapat digunakan sebagai agen anti tumor untuk menekan pertumbuhan tumor dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan.

 

2. Dapat membantu menurunkan berat badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak buah kopi memiliki efek anti obesitas karena adanya asam klorogenat di dalamnya. Asam klorogenat ini telah terbukti membantu membakar lemak dan meningkatkan penurunan berat badan.

Namun, penelitian tentang hal ini masih terbatas dan diperlukan lebih banyak lagi penelitian lebih lanjut di bidang ini.

 

3. Dapat meningkatkan kekebalan

Penelitian telah menunjukkan hubungan antara buah kopi dan sistem kekebalan tubuh. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak buah kopi membantu meningkatkan aktivitas sel kekebalan pada tikus.

Namun, studi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi bagaimana buah kopi dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan pada manusia.

 

4. Dapat meningkatkan kesehatan otak

Faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF atau Brain-derived neurotrophic factor) adalah jenis protein yang penting untuk mendorong pertumbuhan dan kelangsungan hidup sel-sel saraf di otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan 100 mg konsentrat buah kopi dapat meningkatkan kadar BDNF sebesar 143 persen. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

 

Kemungkinan Efek Samping Buah Kopi

 

Buah kopi umumnya dianggap aman jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Dalam satu penelitian pada hewan, buah kopi tidak menunjukkan efek samping saat diberikan kepada tikus. Selain itu, buah kopi memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit dibandingkan biji kopi, jadi jika anda sensitif terhadap kafein hindari konsumsi produk buah kopi.

 

Cascara, teh kopi yang banyak manfaatnya

 

Salahsatu produk minuman dari buah kopi adalah cascara, minuman sejenis teh ini dibuat dengan cara merendam daging buah kering dalam air panas sampai keluar rasanya. Dan kemudian airnya disaring dan ampas buahnya dibuang untuk minuman yang menenangkan dan menyehatkan.

Cascara dipercaya dapat mengobati beberapa masalah kesehatan seperti sembelit, serta pengobatan untuk batu empedu, penyakit liver, dan kanker. Hasil pengujian labolatorium di Jerman menemukan bahwa Cascara memiliki kandungan kafein yang rendah, tentunya menjadi kabar baik bagi pecinta manfaat teh manis dan kopi, yang ingin mengurangi dampak negatif dari caffein tapi tetap dapat menikmati citarasa kopi.