Mangga dianggap sebagai salah satu buah yang paling lezat dan kaya nutrisi dengan berbagai varietas, masing-masing memiliki rasa, aroma, dan manfaatnya sendiri. Mangga matang, tanpa diragukan lagi, disukai oleh semua kelompok umur. Mangga mentah mengandung karbohidrat, protein, vitamin seperti vitamin A, C, K, asam folat, kolin, dan mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, kalium dan air.

Selain vitamin, mangga juga mengandung zat besi dan menyuplai lebih dari 80 persen kebutuhan magnesium dan kalsium harian. Mangga mentah lebih baik dimakan langsung tanpa diolah, karena banyak nutrisi seperti vitamin C akan hilang selama proses memasak.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang terbukti secara ilmiah dari mangga mentah:

 

1. Meningkatkan kesehatan hati

Mangga yang mentah bermanfaat untuk kesehatan hati karena membantu mengobati penyakit hati. Asam dalam mangga mentah dapat meningkatkan sekresi asam empedu dan membersihkan usus dari infeksi bakteri. Sekresi juga membantu meningkatkan penyerapan lemak dengan membersihkan racun keluar dari tubuh.

 

2. Mencegah keasaman

Mangga mentah kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino yang bekerja sama untuk menetralkan asam di lambung, sehingga dapat mengurangi refluks asam dan mengurangi keasaman. Untuk segera mendapat khasiatnya, cobalah makan sepotong mangga mentah.

 

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dan A dalam mangga mentah, bersama dengan nutrisi penting lainnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi mangga mentah, anda dapat memanfaatkan manfaat nutrisinya secara maksimal.

 

4. Mengelola gangguan darah

Studi menunjukkan bahwa mangga mentah dapat membantu mengelola kelainan darah seperti anemia, pembekuan darah, hemofilia dll. Dengan kandungannya yang kaya akan vitamin C, mangga hijau dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan juga membantu dalam memproduksi sel darah baru.

 

5. Meringankan masalah pencernaan

Mangga mentah kaya akan pektin, yang sangat bermanfaat dalam mengobati masalah pencernaan. Mangga juga merupakan obat yang efektif untuk diare, gangguan pencernaan dan sembelit. Mangga hijau sangat cocok untuk wanita hamil, karena dapat membantu meredakan mual di pagi hari.

 

6. Meningkatkan penurunan berat badan

Mangga mentah adalah salah satu buah terbaik untuk dimakan ketika anda ingin mengurangi kelebihan kalori. Buah mentah dapat membantu meningkatkan metabolisme, sehingga akan membantu membakar lebih banyak kalori, dan juga lebih rendah kalori dan mengandung lebih sedikit gula.

 

7. Meningkatkan energi

Makan mangga mentah di siang hari, diyakini dapat mengurangi rasa kantuk yang sering menyerang di siang dan sore hari. Hal ini karena makan mangga mentah akan memberi tubuh dorongan atau boosting energi, yang benar-benar menyegarkan tubuh. Mangga mengandung vitamin B and C, calcium, potassium, zinc, folate and protein.

 

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Mangga hijau mengandung niacin, juga dikenal sebagai vitamin B3, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Niasin meningkatkan kadar kolesterol darah dan dengan demikian mengurangi risiko penyakit seperti penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.

 

9. Melindungi tubuh dari dehidrasi

Mangga mentah membantu mengurangi efek panas yang hebat dan mencegah dehidrasi, dengan cara menghentikan kehilangan natrium klorida dan zat besi yang berlebihan dari tubuh.Selain itu, minum jus mangga mentah dapat mencegah kelebihan natrium klorida dan zat besi karena keringat berlebih.

 

10. Mengatasi penyakit kudis

Penyakit kudis adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C, yang menyebabkan pendarahan gusi, ruam, memar, kelemahan dan kelelahan. Karena mangga mentah kaya akan vitamin C, makan mangga mentah dapat membantu menyembuhkan masalah ini.

Mangga mentah juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kebersihan gigi dengan mencegah bau mulut dan melawan kerusakan gigi.

 

Apa pun yang berlebihan tidak pernah baik, terlalu banyak makan mangga mentah dapat menyebabkan gangguan pencernaan, disentri, iritasi tenggorokan, dan sakit perut. Jangan makan mangga mentah lebih dari 1 dalam sehari, dan jangan langsung minum air dingin setelah makan mangga mentah karena dapat menyebabkan iritasi.