Gula adalah salah satu bahan yang memiliki kontroversi sendiri. Gula dapat terkandung secara alami di dalam makanan, misalnya buah-buahan dan susu atau gula yang ditambahkan ke dalam makanan pada saat proses pengolahan makanan tersebut.

Kandungan gula yang tinggi seringkali terdapat dalam makanan olahan yang kita konsumsi hampir setiap hari. Studi telah menunjukkan bahwa gula tambahan telah terbukti meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, dislipidemia dan bahkan penurunan kesehatan kognitif.

Memilih bahan alternatif alami dan sehat untuk menggantikan gula rafinasi dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut ini adalah tujuh jenis bahan alami dan sehat yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gula:

 

1. Madu
Madu dianggap sebagai salah satu pemanis alami terbaik. Madu diperoleh dari nektar bunga oleh lebah madu. Sejak zaman dulu, madu telah digunakan sebagai pemanis alami karena kandungan fruktosanya tinggi. Madu lebih manis 25% dibandingkan gula. Madu mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam amino, dan asam organik.

Manfaat kesehatan dari madu mentah banyak, antara lain memiliki efek antioksidan, anti-inflamasi, antibakteri, anti-diabetes, serta meningkatkan system pencernaan, pernapasan, kardiovaskular dan sistem saraf.

Cara menggunakan: Gunakan madu ke dalam sereal sarapan, teh, kopi dan makanan lainnya.

 

2. Sirup maple
Sirup maple adalah pemanis alami lain yang biasa dikonsumsi. Ini adalah cairan kental yang dibuat dengan merebus getah yang dikumpulkan dari gula maple. Sirup maple mengandung sukrosa, oligosakarida, polisakarida, asam organik, asam amino, vitamin dan mineral. Sirup maple juga memiliki banyak phytochemical, termasuk senyawa fenolik yang menunjukkan sifat antioksidan, antimutagenik, antikanker, anti-inflamasi, antibiotik, efek hipoglikemik dan anti-neurodegeneratif.

Cara menggunakan: Sirup maple dapat ditambahkan ke makanan manis dan gurih seperti oatmeal, yogurt tawar, sayuran, ayam, saus salmon atau salad. Anda juga bisa menggunakan sirup maple dalam saus, teh, kopi dan kue.

 

3. Gula kelapa
Gula kelapa diproduksi dari nira kelapa, merupakan pemanis alami yang mengandung sejumlah besar vitamin, mineral, dan antioksidan. Gula kelapa memiliki jumlah fruktosa dan glukosa yang tinggi dan jumlah sukrosa yang rendah. Gula kelapa berwarna karamel dan sedikit lebih kasar dari gula halus.

Cara menggunakan: Gunakan gula kelapa di semua jenis masakan.

 

4. Kurma
Kurma memiliki rasa manis seperti karamel dan bisa menjadi pengganti gula rafinasi yang sehat. Kurma adalah sumber nutrisi yang sangat baik seperti vitamin C, vitamin B kompleks, selenium, potasium, tembaga dan magnesium. Kurma juga kaya serat makanan, terutama serat tidak larut, antioksidan, gula, terutama fruktosa dan glukosa dan rendah lemak dan protein.

Cara menggunakan: Gunakan kurma sebagai pasta, yang kemudian dapat dicampurkan ke dalam berbagai jenis makanan olahan yang anda buat. Anda bisa membuat pasta kurma dengan merendam kurma dalam air panas hingga menjadi lunak, lalu blender sampai halus bersama dengan satu sendok makan air.

 

5. Pisang
Pisang kaya akan kandungan nutrisi seperti kalium, vitamin C, magnesium, serat, vitamin B6, tembaga dan mangan. Pisang yang matang secara alami memiliki rasa yang manis dan dapat digunakan sebagai pemanis alami.

Cara menggunakan: Tambahkan pisang matang ke dalam blender dengan satu sendok makan air dan blender sampai halus. Anda bisa menggunakan pure pisang dalam oatmeal dan makanan panggang.

 

6. Molase Blackstrap
Molase Blackstrap adalah produk yang dibuat dari penyulingan tebu. Tebu dipress, saring airnya, kemudian direbus untuk membuat sirup tebu. Jika direbus untuk kedua kalinya menjadi molase dan setelah mendidih untuk ketiga kalinya, sirup cairan gelap menunjukkan yang dikenal sebagai molase blackstrap. Molase blackstrap ini kaya akan vitamin B kompleks, zat besi, seng, selenium, magnesium, dan kalium.

Cara Penggunaan: Molase blackstrap dapat digunakan untuk menggantikan gula sebagai tambahan ke dalam berbagai makanan olahan yang anda buat.

 

7. Selai buah buatan sendiri
Selai buah buatan sendiri dapat digunakan sebagai alternatif alami dan sehat untuk menggantikan gula. Buah beri, apel, anggur, dan pir dapat dihaluskan untuk membuat pasta yang dapat digunakan sebagai pemanis dalam banyak resep. Menggunakan buah-buahan segar sebagai pengganti gula juga akan memberi anda nutrisi yang cukup sepanjang hari.

Cara menggunakan: Dalam panci, tambahkan ½ cangkir air dan tambahkan buah favorit anda, yang telah diiris-iris. Didihkan sampai buahnya menjadi lunak dan mulai mengental. Gunakan selai buatan sendiri ini sebagai pengganti gula.