Rambut memiliki kecenderungan kehilangan warna alami seiring bertambahnya usia. Karena itu wajar bagi rambut untuk berubah menjadi abu-abu seiring bertambahnya usia. Tetapi beruban terlalu dini adalah kondisi yang tidak wajar dan bahkan membuat anak muda terlihat lebih tua. Hal ini menyebabkan banyak keprihatinan bagi orang-orang yang terkena dampaknya, terutama perempuan. Rambut adalah pelengkap kulit, terdiri dari jenis sel yang sama seperti yang ditemukan di lapisan luar kulit, yang dikenal sebagai epidermis. Tumbuh dari folikel rambut yang merupakan reses yang dalam di epidermis. Kelenjar sebaceous dari kulit kepala mengeluarkan zat berminyak yang disebut sebum, yang merupakan sumber nutrisi, kilau dan rambut hitam. Rambut tidak dapat diberi makan secara eksternal, karena makanan yang dibutuhkan kulit kepala berasal dari aliran darah.

 

Penyebab Rambut Beruban

Pola makan yang salah dan kekhawatiran mental adalah dua penyebab utama rambut beruban secara prematur. Terutama karena kurangnya vitamin B, zat besi, tembaga dan yodium dalam makanan sehari-hari yang menyebabkan kelainan rambut pada usia muda akhir-akhir ini. Kekhawatiran mental menghasilkan ketegangan luar biasa pada kulit kepala yang mengganggu pasokan nutrisi penting yang diperlukan untuk kesehatan rambut. Demikian pula, kecemasan, ketakutan, kecemburuan dan kegagalan memiliki efek buruk pada rambut. Hal-hal semacam itu bisa berakibat mengeringkan sumsum kulit kepala, getah vital pada akar rambut.

Berbagai penyebab rambut beruban secara dini selain pola makan dan stress, adalah:

  • kondisi kulit kepala yang tidak bersih yang dapat melemahkan akar rambut karena pori-pori tersumbat oleh kotoran yang terkumpul; mencuci rambut dengan air panas dan keringkan dengan pengering listrik yang mengeluarkan udara panas;
  • penggunaan pewarna rambut pada tahap-tahap awal ketika rambut baru saja mulai beruban;
  • penyakit seperti pilek kronis, sinusitis, anemia, sembelit kronis; dan
  • penggunaan minyak rambut buatan pabrik, yang umumnya dibersihkan dengan asam dan beberapa asam memiliki kecenderungan untuk tetap berada dalam minyak.
  • Keturunan adalah faktor predisposisi lain yang memunculkan penyakit ini.

 

Pengobatan

Diet sangat penting dalam pencegahan dan perawatan rambut beruban prematur dan orang yang menderita gangguan ini harus mengambil diet yang kaya akan semua nutrisi penting. Vitamin yang dianggap berguna untuk uban prematur rambut adalah asam pantotenat, asam para-aminobenzoat atau PABA dan inositol. Kebutuhan harian minimum vitamin-vitamin ini tampaknya asam pantotenat 10 mg, asam para-aminobenzoat 100 gram dan dan inositol 2000 mg.

 

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, ketiga vitamin ini, yang termasuk dalam kelompok B, harus diberikan pada satu waktu dan lebih disukai dalam bentuk yang memberikan semua vitamin B, seperti ragi, wheat germ dan hati. Tiga vitamin anti rambut kelabu dapat diproduksi di saluran usus oleh bakteri. Jadi, minum satu liter yogurt setiap hari dengan satu sendok makan ragi sebelum setiap kali makan akan menjadi obat yang sangat baik untuk pencegahan dan perawatan rambut beruban prematur. Jika seseorang ingin mengambil tablet kalsium pantothenate dan PABA, mereka harus diambil selain ragi dan yogurt dan bukan sebagai pengganti mereka.

 

Gayelord Hauser, salah satu ahli gizi dunia paling terkenal, dalam bukunya 'The New Diet Do it', mengklaim bahwa perawatan ini akan mengembalikan rambut beruban kembali ke warna aslinya. Dia juga menyarankan penambahan zat besi dan yodium dalam bentuk makanan laut, untuk diet yang memadai untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Selain ikan, yang merupakan sumber utama yodium, kebutuhan mineral ini dapat dipenuhi dengan asupan yang memadai dari wortel, pisang dan sayuran serta buah-buahan lainnya yang serupa. Wortel sangat berguna dalam memberikan darah segar dan menjaga kesehatan rambut.

 

Solusi rumah

Obat rumahan tertentu telah ditemukan dan bermanfaat dalam pencegahan dan perawatan rambut beruban prematur. Yang terpenting di antara ini adalah penggunaan gooseberry India atau amla yang merupakan tonik rambut yang berharga untuk memperkaya pertumbuhan rambut dan pigmentasi rambut. Buah amla dipotong-potong, harus dikeringkan, sebaiknya di tempat teduh. Potongan-potongan ini harus direbus dalam minyak kelapa sampai bahan padat menjadi sedikit debu hangus. Minyak gelap ini sangat berguna dalam mencegah uban.

 

Air di mana potongan-potongan amla kering direndam semalaman dianggap sangat bermanfaat dalam perawatan uban prematur rambut, juga memberi nutrisi pada rambut. Air ini harus digunakan untuk bilas terakhir saat mencuci rambut. Memijat kulit kepala dengan satu sendok teh jus amla dicampur dengan satu sendok teh minyak almond atau beberapa tetes jus jeruk nipis, setiap malam terbukti bermanfaat dalam pencegahan dan perawatan rambut beruban yang prematur.

 

Asupan bebas daun kari dianggap bermanfaat dalam mencegah rambut beruban prematur. Ini memiliki khasiat untuk memberi vitalitas dan kekuatan pada akar rambut. Akar rambut baru yang tumbuh lebih sehat dengan pigmen normal. Daunnya bisa digunakan dalam bentuk chutney atau bisa juga diperas dengan susu mentega atau lassi. Ketika daun direbus dalam minyak kelapa, minyak membentuk tonik rambut yang sangat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mengembalikan pigmentasi rambut.

 

Mentega yang terbuat dari susu sapi memiliki khasiat untuk mencegah rambut beruban prematur. Gulungan kecil dapat diambil secara internal dan sedikit kuantitas dapat dipijat ke akar rambut dua kali seminggu.

 

Gambas atau oyong, direndam dalam minyak kelapa adalah obat lain yang efektif untuk uban yang terlalu dini. Potongan sayuran ini harus dikeringkan di tempat teduh. Potongan-potongan kering ini harus direndam dalam minyak kelapa dan disimpan selama tiga atau empat hari. Minyak kemudian harus direbus sampai padatan dikurangi menjadi residu yang menghitam. Minyak ini harus dipijat ke kulit kepala. Ini akan membantu memperkaya akar rambut dan mengembalikan pigmen ke rambut.

 

Pewarna rambut

Pasta daun pacar, direbus dengan minyak kelapa untuk mendapatkan minyak yang gelap, dapat digunakan sebagai pewarna rambut untuk menghitamkan uban. Pasta itu sendiri dapat diaplikasikan pada rambut dan dicuci setelah beberapa jam untuk mewarnai rambut abu-abu. Mencuci rambut dengan ekstrak teh pekat dua kali seminggu juga dianggap berguna dalam pewarnaan rambut abu-abu menjadi coklat atau hitam.

Semoga!