Pada menu makanan laut, kepiting adalah barang yang paling populer. Tidak hanya lezat tetapi juga mengandung lemak esensial, nutrisi dan mineral. Di antara banyak manfaat daging kepiting adalah perannya dalam mendukung kesehatan mata dan meningkatkan kesehatan jantung serta sistem kekebalan tubuh.

Ahli gizi menyarankan orang untuk mengkonsumsi daging kepiting dua atau tiga kali seminggu. Penelitian telah mengungkapkan bahwa seseorang dapat makan 45 persen dari bagian kepiting dan memiliki potensi untuk memperkuat tubuh anda dari dalam. Makan daging kepiting membuat anda kurang rentan terhadap penyakit jantung kronis dan juga memberikan energi ke tubuh.

Berapa Nilai Gizi Daging Kepiting?
Dalam 100 gram daging kepiting mengandung 59 mg kalsium, 0,8 mg zat besi, 1,5 g lemak, 19 g protein, 29 IU vitamin A, 7,6 mg vitamin C dan 9,78 mcg vitamin B12. Selain itu juga mengandung nutrisi lain seperti tembaga, asam lemak omega 3, fosfor, selenium, vitamin B12, dan seng.

Berikut adalah beberapa khasiat daging kepiting bagi kesehatan:

1. Membantu menurunkan berat badan
Daging kepiting sangat rendah kalori dan hanya mengandung sekitar 1,5 g lemak dalam 100 g. Dan sisa kalori berasal dari protein. Ini menjadikannya pilihan makanan laut yang sempurna bagi mereka yang kelebihan berat badan, obesitas atau yang mencoba untuk tetap sehat.

2. Meningkatkan penglihatan
Kepiting adalah sumber vitamin A yang bagus, yang dikenal untuk meningkatkan penglihatan. Vitamin A mengandung senyawa organik seperti retinol, retina, asam retinoat, dan beta-karoten yang berkontribusi terhadap kesehatan mata dengan memainkan peran utama dalam siklus visual dan mencegah degenerasi makula dan katarak.

3. Mencegah kerusakan sel
Selenium adalah mineral penting yang banyak ditemukan dalam daging kepiting yang dapat membantu mencegah sel dan jaringan dari kerusakan potensial yang disebabkan oleh radikal bebas. Selenium juga bekerja dengan memainkan peran penting dalam berfungsinya hormon tiroid dengan melindungi kelenjar tiroid terhadap kerusakan oksidatif sehingga membantu dalam produksi hormon tiroid.

4. Melindungi hati
Daging kepiting merupakan sumber asam lemak omega 3, selenium, dan tembaga yang membantu menurunkan kolesterol jahat. Kolesterol jahat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Namun, pasien jantung memiliki sangat sedikit pilihan makanan karena adanya kolesterol dan kalori dalam makanan. Daging kepiting bisa menjadi pilihan yang sangat baik bagi mereka karena adanya nutrisi yang luar biasa ini. Daging kepiting juga rendah akan lemak jenuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa kepiting juga mengandung sterol yang menghambat penyerapan kolesterol dan meningkatkan ekskresi kolesterol dalam masalah feses.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jika sistem kekebalan tubuh Anda lemah, itu akan membuka jalan bagi patogen untuk menyebabkan penyakit. Jadi, untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, anda bisa mengonsumsi kepiting. Kehadiran selenium di dalamnya telah dikaitkan dengan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah radikal bebas menyerang sistem kekebalan tubuh, dengan demikian menjaga sistem kekebalan tubuh anda akan tetap kuat.

6. Meningkatkan kesehatan mental
Daging kepiting diperkaya dengan protein, seng dan asam lemak omega 3 yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kognisi dan konsentrasi. Ini juga membantu memperkuat myelin, substansi lemak kaya lipid yang terbentuk di sistem saraf pusat dan melindungi sistem saraf, sementara juga mengurangi plak dan peradangan pada jalur saraf.

7. Menjaga kulit, mata dan sistem saraf
Riboflavin, juga dikenal sebagai vitamin B2, diperlukan untuk menghasilkan molekul lemak (steroid), sel darah merah dan untuk menjaga kulit, mata dan sistem saraf. Riboflavin membantu dalam menyerap zat besi di saluran pencernaan dan memecah protein, lemak dan karbohidrat untuk memasok energi ke tubuh.

8. Membantu mempercepat dalam pemulihan luka
Luka dan cedera membutuhkan banyak waktu untuk menyembuhkan dan makanan memainkan peran penting dalam mempercepat proses pemulihan tersebut. Kepiting dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat karena mengandung seng, vitamin B12 dan vitamin C, yang ketika dikonsumsi akan menghasilkan eritrosit yang akan membantu dalam membangun jaringan baru.

9. Mencegah kanker prostat
Kepiting memiliki sejumlah besar selenium yang menghilangkan efek karsinogenik dari kadmium, arsenik, perak dan merkuri. Hal ini dapat membantu mempercepat menghilangkan sel kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Cancer Research menemukan bahwa makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi seperti daging kepiting dapat mencegah penyebaran kanker prostat ke bagian tubuh yang lain.

10. Menstabilkan level insulin
Kepiting kaya akan kromium yang dikatakan dapat menurunkan gula darah, kadar insulin dan menstabilkan tingkat insulin pada diabetes tipe 2. Jadi, jika anda penderita diabetes, anda dapat memakan daging kepiting tanpa khawatir banyak tentang efeknya.

Perhatian: Ada beberapa orang yang alergi terhadap kerang. Kerang dapat menyebabkan sakit perut, kesemutan di mulut, pembengkakan wajah, bibir, lidah, jari atau tangan, pusing, dll. Hindari kepiting sepenuhnya jika anda menderita alergi.

Semoga!