Kita semua telah mendengar asam urat tapi sangat sedikit dari kita yang benar-benar tahu apa artinya. Asam urat dihasilkan dari pemecahan sel-sel tubuh secara alami dan juga dari makanan yang dikonsumsi.

Namun, jika produksi asm urat terlalu banyak atau jika ginjal tidak bisa mengeluarkannya dari darah secara normal, maka kadar asam urat dalam darah akan meningkat. Akibatnya, kristal padat dapat terbentuk di dalam persendian, mengakibatkan kondisi nyeri yang disebut gout. Asam urat tingkat tinggi juga bisa menyebabkan batu ginjal atau gagal ginjal.

Ada banyak tips diet untuk orang yang menderita asam urat tinggi. Anda mungkin perlu mengurangi asupan alkohol, makanan bergula dan mengurangi makanan kaya purin seperti daging, unggas, makanan laut dan kacang-kacangan. Konsumsi makanan kaya purin dan pencernaan purin menyebabkan pembentukan asam urat.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat mengurangi asam urat dan mencegah asam urat serta batu ginjal:

1. Air
Air adalah obat mujarab kehidupan. Air memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, termasuk kelebihan asam urat. Jika anda ingin tahu bagaimana cara menyembuhkan asam urat secara permanen, pastikan anda minum setidaknya 10 sampai 12 gelas air putih setiap hari. Hal ini merupakan perawatan yang paling mudah dan murah. Dengan melakukan ini, anda bisa menjaga kadar asam urat tetap normal. Inilah salah satu alasan mengapa kita diinstruksikan oleh dokter untuk minum cukup air sepanjang hari.

2. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau kaya akan kandungan vitamin C dan dapat membantu mengurangi keasaman tubuh serta tidak berkontribusi pada pembentukan asam urat. Jika anda bertanya-tanya bagaimana menurunkan kadar asam urat dengan cepat, pastikan anda mengonsumsi sayuran berdaun hijau sebanyak mungkin.

3. Flaxseed
Flaxseed dan minyak flaxseed atau biji rami mengandung lemak esensial yang disebut Omega 3, yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

4. Buah - buahan: Anggur, nanas dan ceri
Buah-buahan seperti anggur, nanas, ceri dan buah beri memiliki zat anti-inflamasi yang disebut anthocyanin, yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Buah-buahan ini juga dapat mencegah pembentukan kristal dari asam urat yang biasanya terjadi pada sendi.

5. Air jeruk
Jeruk memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C. Asam sitrat yang ditemukan dalam jeruk nipis adalah pelarut asam urat. Peras setengah butir jeruk ke dalam gelas dan minumlah air perasannya. Ulangi ini dua kali sehari untuk menjaga kadar asam urat tetap normal.

6. Cuka sari apel
Cuka sari apel atau apple cider vinegar telah banyak digunakan dalam upaya mengurangi berat badan. Namun, hanya sedikit dari kita yang tahu bahwa cuka sari apel juga mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang luar biasa yang dapat menurunkan kadar asam urat di tubuh. Cuka sari apel bisa dengan sempurna memecah dan mengeluarkan asam urat yang tidak diinginkan dari dalam tubuh.

Sangat penting untuk diingat bahwa anda jangan meminum cuka sari apel secara langsung, pastikan Anda mencampurnya dengan air yang cukup dan mengkonsumsinya dua kali atau tiga kali sehari.

7. Jus wortel, bit & mentimun
Kombinasi dari jus wortel, jus bit dan jus mentimun adalah obat yang efektif untuk mengobati asam urat tinggi dalam darah.

8. Produk susu rendah lemak
Cara lain untuk mengurangi kadar asam urat yang tinggi adalah dengan mengkonsumsi produk susu rendah lemak. Pastikan anda mengonsumsi produk susu rendah lemak setiap harinya untuk mencegah pembentukan asam urat tinggi dalam darah.

9. Makanan berserat tinggi
Makanan berserat tinggi biasanya bagus dikonsumsi, terutama untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah. Makanan berserat tinggi dapat menyerap asam urat dari aliran darah dan membantu membuang kelebihan asam urat dari tubuh melalui ginjal. Jika hasil tes darah anda didiagnosis memiliki kadar asam urat tinggi, solusinya cukup dengan meningkatkan asupan serat dalam makanan anda seperti gandum, brokoli, mentimun, seledri dan wortel. Buah-buahan seperti pir, apel, jeruk, stroberi dan blueberry juga kaya akan serat.

Teh hijau
Teh hijau menjadi sangat populer akhir-akhir ini karena banyak orang sudah mulai menyadari manfaatnya. Teh hijau adalah agen detoksifikasi yang sangat baik karena dapat membuang racun dari dalam tubuh. Konsumsi teh hijau setiap hari juga bisa mengobati asam urat tinggi di tubuh.

loading...