Bau badan bisa merupakan masalah bagi banyak orang, hal ini bisa mengurangi rasa percaya diri bagi orang tersebut. Selain menjaga kebersihan badan dan penggunaan parfum, ternyata terdapat jenis-jenis makanan yang bisa mengurangi bau badan anda.

Menggunakan parfum memang dapat membantu menghilangkan bau badan, tetapi setelah beberapa jam efke parfum biasanya akan luntur dan bau badan asli akan tercium. Beberapa jenis makanan tertentu dapat membantu mengurangi masalah bau badan dari dalam hingga batas tertentu.

Dengan mengkonsumsi makanan di bawah ini secara teratur, perubahan hormonal tertentu bisa terjadi dalam tubuh anda yang dapat membantu menghilangkan bau badan.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat menghilangkan bau badan:

1. Apel

Apel dilengkapi dengan kandungan yang kaya akan antioksidan yang dapat membuang semua racun dari dalam tubuh anda dan dapat mengurangi bau keringat anda, sehingga pada akhirnya akan menghilangkan bau badan.

2. Apple cider vinegar

Cuka sari apel atau apple cider vinegar juga merupakan makanan yang dapat membuat memperbaiki bau badan anda, hal ini dikarenakan cuka sari apel memiliki kemampuan untuk membunuh mikroba penyebab bau dalam tubuh anda dan juga dengan mengeringkan keringat yang keluar.

3. Jeruk

Karena kaya akan kandungan asam sitrat, jeruk memiliki kemampuan untuk membuang racun dan limbah dari tubuh anda melalui kotoran dan tidak melalui keringat, sehingga membuat anda tidak terlalu berbau.

Seperti jeruk, lemon juga memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, hal ini membuat lemon dapat mengurangi keringat berlebih dan juga menghilangkan zat penyebab bau dari tubuh.

4. Seledri

Seledri juga merupakan salah satu makanan yang dapat membantu menghilangkan bau badan, hal ini dikarenakan seledri mengandung enzim tertentu yang dapat mengurangi keringat. Selain itu, seledri juga dapat membantu mengeluarkan feromon dari tubuh anda, membuat bau badan anda lebih menarik untuk lawan jenis!

5. Mangga

Buah mangga memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang bisa membersihkan aliran darah dan mengurangi kelebihan panas badan yang juga menjadi sumber bau badan. Selain itu mangga bisa memperbaiki masalah pencernaan yang juga menjadi salah satu pemicu datangnya bau badan.

6. Jahe

Jahe juga merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menghilangkan bau badan dan menjaga bau badan tetap segar, hal ini karena jahe dapat membuang racun dan limbah dari dalam tubuh anda.

Minumlah wedang jahe secara rutin 1x sehari setiap malam sebelum tidur. Apabila tidak tersedia wedang jahe, rebuslah jahe kemudian menambahkan sedikit gula agar lebih nikmat.


Hindari makanan-makanan penyebab bau badan

Selain mengkonsumsi makanan untuk mengurangi bau badan, menghindari makanan di bawah ini juga diyakini dapat mengurangi bau badan, antara lain:

- Daging merah
Daging merah termasuk makanan yang sulit dicerna oleh usus kita. Butuh waktu yang cukup lama bagi tubuh untuk mencerna daging tersebut. Akibatnya, ada zat yang masih tersisa dalam usus berupa racun. Zat inilah yang menyebabkan keluarnya bau keringat kurang sedap.

- Rempah-rempah
Memang rempah sangat bermanfaat untuk bumbu masak, tetapi ada beberapa rempah yang dapat membuat bau badan menyengat. Adapun rempah-rempah tersebut antara lain seperti bawang merah, bawang putih, bumbu kari, dan terasi. Hindarilah rempah-rempah tersebut agar bau badan tetap terjaga.

- Alkohol dan kafein
Ngopi setiap pagi memang sudah menjadi kebiasaan orang saat di kantor. Namun kebanyakan dari mereka tidak sadar sebenarnya kebiasaan tersebut dapat menimbulkan bau badan. Selain orang yang suka ngopi, konsumsi alkohol berlebihan juga bisa menjadi penyebab bau badan. Oleh sebab itu, jika ingin terhindar dari bau badan, kurangi konsumsi kopi dan alkohol sebisa mungkin.

- Junkfood
Makanan-makanan instan pada dasarnya dibuat dengan berbagai macam senyawa. Kandungan-kandungan senyawa ini nantinya akan membusuk dalam tubuh dan bahkan sulit diurai. Sehingga menyebabkan bau keringat menjadi kurang sedap. Makanan-makanan tersebut seperti mie instan, sarden, dan masih banyak lagi.

- Tembakau
Apakah kamu suka merokok? Jangan heran apabila bau badan menyerang. Bau tersebut dapat muncul disebabkan karena senyawa kimia dari asap rokok memecah asam pada keringat. Akibatnya, keringat kamu akan lebih bau.

loading...