Apakah jenggot atau kumis anda mulai ubanan, padahal menurut anda mungkin belum saatnya jenggot anda beruban? Jenggot atau kumis atau rambut di kepala ubanan terjadi ketika melanin, senyawa yang bertanggung jawab untuk memberikan warna untuk folikel rambut anda, rusak.

Rusaknya atau menurunnya jumlah melanin bisa diakibatkan oleh berbagai sebab, antara lain defisiensi zat besi dan tembaga, faktor keturunan, merokok, stres, dan anemia.

Mengatur makanan harian dapat menormalkan kembali produksi melanin yang selanjutnya dapat mencegah ubanan, upaya tersebut misalnya meningkatkan asupan protein dan zat besi, berhenti merokok, berolahraga secara teratur untuk merangsang aliran darah dan menghindari stres.

Berikut adalah beberapa cara herbal untuk mencegah jenggot anda beruban lebih awal:

1. Buah malaka & coconut oil

Buah malaka memiliki banyak kandungan vitamin C, yang diyakini bisa mencegah tanda-tanda ubanan pada rambut. Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan 1 sendok makan jus buah malaka dengan setengah cangkir minyak kelapa. Lalu campuran tersebut balurkan ke janggut dan pijat-pijat, biarkan semalam dan bilas di pagi harinya. Lakukan hal ini seminggu sekali.

2. Daun kari

Kandungan vitamin B kompleks dan zinc yang terdapat dalam daun kari (Murraya koenigii) dapat mengembalikan pigmen alami rambut anda. Ambil segenggam daun kari dan jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Setelah berubah warna menjadi coklat renyah, gilinglah sampai menjadi bubuk halus. Campurkan bubuk daun kari tersebut ke dalam masakan anda, dan lihatlah hasilnya dalam beberapa bulan.

3. Teh hitam

Daun teh hitam mengandung banyak antioksidan yang dapat meningkatkan produksi melanin dan keratin, seperti diketahui keratin merupakan materi dasar penyusun kulit, rambut dan kuku. Untuk mendapat manfaatnya rebus 1 sendok makan daun teh hitam bubuk dalam 1 cangkir air dengan api kecil selama 5 menit, matikan api dan biarkan sampai dingin.

Kemudian saring air teh tersebut dan masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan ke jenggot anda, sisir agar tersebar merata, biarkan selama 15 menit lalu bisa dengan air bersih.

4. Butter cow

Protein yang terdapat dalam mentega sapi dapat membantu menggelapkan rambut kelabu dan membuat kumis / jenggot menjadi lembut. Caranya, ambil satu sendok teh mentega sapi, lalu balurkan dan pijat-pijat ke janggut anda. Biarkan selama 5 menit dan kemudian bilas. Untuk hasil terbaik, gunakan ramuan herbal ini setiap hari.

5. Lidah buaya

Kandungan allicin dan antioksidan dalam lidah buaya dapat mengembalikan tanda-tanda kelabu pada rambut anda. Untuk mendapatkan manfaatnya, campur setengah sendok teh mentega sapi dengan setengah sendok teh lidah buaya. Balurkan dan pijat-pijat ke janggut anda. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas.

6. Kulit kentang

Zat pati yang terdapat dalam kentang dapat bertindak sebagai pewarna alami yang secara langsung dapat menggelapkan rambut; Meski demikian, hasilnya bersifat sementara dan biasanya akan memudar kemudian. Caranya cukup mudah yaitu kupas 6 kentang ukuran sedang, jangan buang kulitnya. Rebus kulit kentang tersebut dalam 2 cangkir air, biarkan sampai mendidih selama 5 menit kemudian dinginkan dan saring.

Kemudian oleskan cairan putih tersebut ke janggut anda menggunakan kapas. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bersihkan dengan handuk basah.

7. Mentega susu

Masker yang terbuat dari mentega susu juga merupakan cara jitu untuk mencegah jenggot atau kumis anda beruban. Caranya campurkan satu sendok makan buttermilk dengan satu sendok makan jus daun kari. Panaskan dalam microwave selama 30 detik, lalu dinginkan. Setalah dingin, oleskan dan pijat-pijat pada jenggot anda. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas sampai bersih. Lakukan setiap hari.

8. Virgin coconut oil

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat mengembalikan aktivitas pigmen melanin dan oleh karena itu mencegah beruban rambut. Pijat-pijat secara ringan jenggot anda dengan virgin coconut oil sebelum tidur, lakukan setiap malam.

9. Makan makanan kaya protein

Salah satu cara enak untuk mencegah jenggot beruban adalah dengan cara meningkatkan asupan telur, keju, ikan, dan sarden dalam diet anda. Dengan kandungan yang kaya vitamin B12, semua bahan ini dapat mengembalikan tanda-tanda rambut beruban.

Catatan:
Tidak ada resep herbal di atas yang membuat perubahan hanya dalam semalam, lakukan dengan sabar. Dan sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan resep atau pengobatan herbal di atas, untuk menghindari kemungkinan efek samping yang merugikan.

loading...