Asupan makanan sehat merupakan hal yang wajib bagi kita semua, tetapi tidak semua makanan sama bagi pria maupun wanita, masing-masing punya kebutuhan yang berbeda. Beberapa jenis makanan umum yang menyehatkan bagi wanita, sebaiknya dihindari oleh pria agar tetap sehat dan "prima".

Pria biasanya sedikit lebih 'bebas' dalam memilih makanan, tetapi penting juga untuk mengetahui dan berhati-hati dengan beberapa jenis makanan dan minuman, karena diantaranya ada yang bisa membuat masalah khas pria, yaitu mampu menurunkan libido dan kesuburan, bahkan membuat mr. p menjadi loyo.

Pola makan yang buruk juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker.

Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh pria, karena bisa berpotensi mengganggu kesehatan, khususnya gairah seks dan kesuburan pria:

1. Kedelai

Meskipun dianggap sehat, kedelai merupakan salah satu makanan yang harus dihindari pria karena dapat menurunkan jumlah sperma jika dimakan berlebihan, demikian menurut klaim suatu penelitian.

Hormon estrogen yang tinggi berakibat buruk bagi pria, yaitu dapat mengganggu fungsi seksual reproduksi, karena itu kadar hormon etsrogen harus berada dalam nilai optimum saat umur tertentu. Nah, makan kedelai ternyata dapat meningkatkan kadar hormon estrogen.

Tetapi, kandungan bahan estrogen pada kedelai tidak selalu sama, karena dipengaruhi oleh keadaan tanah dan iklim, yang penting jangan makan kedelai secara berlebihan.

2. Produk roti

Produk roti mengandung lemak dan gula dalam jumlah yang tinggi yang dapat menyebabkan meningkatnya lemak perut dengan cepat. Oleh karena itu hindarilah makan roti secara berlebihan, atau jangan menjadi kebiasaan yang teratur.

Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam roti dapat meningkatkan kadar gula darah. Selain itu roti juga berpotensi dapat meningkatkan kadar kolesterol, mengandung kadar natrium / sodium yang tinggi, dan mengandung indeks glikemik yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga mampu memicu risiko diabetes tipe 2.

Roti putih juga diketahui mengandung kadar protein gluten yang cukup tinggi. Protein ini dapat memicu penyakit seliaka atau penyakit di mana orang mengalami sakit perut setelah makan roti.

3. Chocolate putih

Tidak seperti coklat (dark chocolate) yang terbuat dari biji kakao, coklat putih dibuat dari lemak biji kakao dicampur dengan susu dan bahan-bahan lain. Coklat putih bisa sangat tidak sehat untuk pria, karena mengandung tinggi lemak dan
tidak mengandung antioksidan seperti yang dikandung dalam chocolate hitam.

Makan terlalu banyak coklat putih dapat menyebabkan kerusakan gigi dan obesitas, serta berbagai keburukan lemak.

4. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol secara teratur sangat tidak sehat bagi siapa pun, dan terutama untuk pria, karena dapat menyebabkan penurunan libido atau gairah seksual pada pria dan menghancurkan fungsi seksual tubuh. Penyalahgunaan alkohol menyebabkan terganggunya produksi testosteron dan menyebabkan menyusutnya atrofitestis yang berpotensi menyebabkan infertilitas dan impotensi.

Alkohol lebih populer dikenal sebagai perusak fungsi hati, padahal selain mempengaruhi fungsi hati, alkohol juga mengganggu fungsi hipotalamus, kelenjar hipofisis anterior, dan testis, yang semuanya menjadi bagian dari sistem reproduksi pria.

5. Daging sapi

Cukup mengejutkan, ternyata daging sapi termasuk salah satu makanan yang mungkin harus dihindari pria. Hal ini rupanya berhubungan dengan pakan sapi, terdapat sapi yang diberi pakan buatan yang kadang dicampur dengan hormon tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan berat sapi.

Nah, hormon yang diumpankan ke sapi tersebut salah satunya dapat mengganggu kadar testosteron pria, yang selanjutnya dapat menciptakan masalah ketika datang ke ereksi dan jumlah sperma.

6. Makanan kaleng

Jika anda gemar mengkonsumsi makanan kaleng seperti sup kaleng, mie, kari, dll, secara teratur, ternyata zat pengawet yang terdapat dalam makanan kaleng tersebut dapat membahayakan sperma anda.

Selain itu, kaleng kemasan makanan tersebut juga berpotensi mengandung zat-zat berbahaya seperti Bisfenol A (BPA) yang dapat mempengaruhi kesuburan. Menurut sebuah penelitian, pria dengan tingkat BPA tinggi memiliki konsentrasi sperma 23 persen lebih rendah daripada pria dengan konsentrasi BPA lebih rendah. Selain itu, DNA sperma dengan level BPA tinggi juga mengalami kerusakan sebesar 10 persen.

7. Pizza

Kandungan lemak jenuh dan kalori yang tinggi pada pizza, dan bila konsumsi bersamaan dengan minuman ringan, maka kombinasi ini bisa sangat buruk bagi ereksi anda.

Konsumsi pizza juga akan meningkatkan asupan lemak jenuh dan garam yang bisa berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, dan penyakit jantung.

Seperti halnya pizza, fastfood juga mengandung banyak lemak jenuh, zat pengawet, penambah rasa, pemanis dan pewarna buatan, yang semuanya bisa berdampak buruk bagi kesuburan pria, jika dikonsumsi berlebihan.

6. Mint

Mint atau mentol memang menyegarkan namun jika pria mengonsumsinya sebelum bercinta hal ini dapat mengurangi testosteron dan libido.

Sebuah penelitian di tahun 2002 menyebutkan bahwa daun mint mampu menurunkan jumlah dan pergerakan sperma pria, meski demikian, beberapa penelitian lainnya membantah hasil tersebut.

loading...