Bawang, baik bawang merah maupun bawang putih, kaya akan senyawa sulfur dan terkenal karena memiliki sifat antibakteri, antivirus dan anti-inflamasi. Sifat pengobatan dari bawang ini telah digunakan sejak zaman kuno untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan, seperti masalah pencernaan, jantung, sirkulasi darah dan lainnya.

Manfaat bawang ini ternyata tidak hanya bisa diperoleh dengan cara memakannya saja, tetapi juga banyak orang percaya bahwa menempelkan irisan bawang pada telapak kaki bisa bermanfaat menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan bahkan menempatkan irisan bawang di kamar juga bisa mengusir penyakit.

Dalam ilmu pengobatan tradisional China, diyakini bahwa pada telapak kaki terdapat titik akses yang terhubung ke berbagai organ tubuh bagian dalam, misalnya perut, paru-paru dan lain-lain, yang dikenal sebagai sistem meridian, yang berkorelasi sangat erat dengan sistem saraf. Pada telapak kaki diyakini memiliki banyak ujung saraf yang berbeda (sekitar 7.000 meridian), yang secara langsung terhubung ke berbagai organ tubuh.

Diyakini bahwa, ketika irisan bawang ditempelkan pada telapak kaki, hal ini akan membuat khasiat pengobatan dari bawang terserap melalui telapak kaki, selain itu juga bermanfaat dalam menghilangkan bau kaki, serta menyerap racun dan bahan kimia.

Berikut adalah beberapa manfaat irisan bawang untuk kesehatan:

1. Membantu mengobati flu dan pilek

Bawang telah lama dikenal memiliki sifat therapeutik yang telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk salah satunya untuk mengobati flu atau pilek. Caranya pun sangat mudah, iris bawang merah, masukan ke dalam kaus kaki dan pakailah kaus kaki itu sewaktu tidur.

Hal ini mungkin dikarenakan bahwa bawang memiliki sifat terapeutik alami dan telah sejak lama digunakan untuk pengobatan di masyarakat. Bawang memiliki kandungan tinggi quercetin, suatu antioksidan yang bermanfaat dalam melawan demam, asma, bronkhitis, meningkatkan respon imun dan melawan berbagai gangguan kesehatan lainnya, bawang juga dikenal sebagai agent anti inflamasi alami, anti biotik dan anti virus.

2. Meredakan sakit telinga

Sakit telinga lebih sering terjadi pada anak-anak dibanding orang dewasa, bisa menyerang sebelah atau kedua telinga dan bisa sangat menyakitkan. Bawang mengandung sifat anti inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi infeksi telinga dan mengurangi rasa sakitnya.

Untuk memperoleh khasiatnya, cobalah untuk meletakan irisan bawang di bawah telapak kaki selama semalaman. Selain itu bisa juga dibuat semacam jus bawang, yaitu masukan sepotong bawang putih ke oven +/- 15 menit, dinginkan, potong-potong dan remas sampai keluar jusnya lalu saring hingga bersih, dan teteskan ke telinga menggunakan pipet. Atau bisa juga dengan memotong bawang mentah menjadi semacam bentuk penyumbat telinga.

3. Membantu membuang racun dari tubuh

Meletakan irisan bawang di bawah kaki juga dapat membantu menyerap racun dari tubuh dan membantu membuang asam lambung.

Selain itu, mengkonsumsi bawang secara teratur dapat membantu mendetoksifikasi racun dari dalam tubuh. Bawang memiliki kandungan tinggi senyawa sulfur, yang tidak hanya menyebabkan bau bawang, tetapi juga merupakan agen detoksifikasi yang kuat, terutama untuk hati. Bumbu dapur yang tinggi sulfur ini juga dapat membantu tubuh untuk detoksifikasi tubuh dari logam berat seperti timbal, arsenik dan kadmium.

Dengan lebih dari 100 senyawa yang mengandung sulfur, bawang dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit, dari diabetes hingga penyakit jantung, jika dikonsumsi setiap hari.

4. Mengobati pembengkakan kelenjar

Bawang putih memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan, dan hal ini ternyata bisa dimanfaatkan dalam mengobati pembengkakan kelenjar getah bening. Caranya pun sangat mudah, bisa dengan mengkonsumsi bawang mentah atau mencampurnya dalam menu masakan. Bisa juga dengan memijat bagian yang bengkak dengan minyak bawang putih. Atau bisa dengan meletakan irisan bawang di bawah telapak kaki selama semalaman.

loading...