Kulit pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, hal ini karena kulit pisang memiliki kandungan yang tinggi akan vitamin B6, B12 dan juga mengandung mineral seperti magnesium dan kalium.

Kulit pisang juga dikenal sangat baik untuk kulit karena mengandung vitamin A, B, C, and E, yang semuanya itu berkontribusi dalam menyehatkan kulit.

Berikut adalah beberapa manfaat kulit pisang untuk kesehatan:

1. Memutihkan gigi

Beberapa orang meyakini bahwa dengan menggosok gigi menggunakan kulit pisang dapat memutihkan gigi. Meski hal ini masih merupakan kontroversi, tidak ada salahnya untuk dicoba, caranya cukup sederhana: gosokkan bagian dalam kulit pisang selama 5 menit, diamkan selama 2 menit, bersihkan dengan tissue, dan selanjutnya gosok gigi seperti biasa dengan sikat dan pasta gigi.

Mungkin orang menggunakan kulit pisang untuk memutihkan gigi karena kandungan magnesium dan potasiumnya. Seperti diketahui bahwa kulit pisang memiliki kandungan nutrisi seperti Vitamin B6 dan B12 dalam jumlah yang tinggi, magnesium, kalium, serta mengandung senyawa aktif polifenol dan karotenoid.

2. Mengobati kutil

Bagi sebagian orang, kutil mungkin tidak menyakitkan, tetapi cukup mengganggu penampilan dan sulit dihilangkan. Namun kandungan kalium dalam kulit pisang mampu menghilangkan kutil dan mencegahnya tumbuh kembali. Caranya cukup mudah, tempelkan kulit pisang di bagian kulit di mana terdapat kutil, lalu diamkan semalaman. Anda juga bisa menempelkan kulit pisang dengan bantuan plester. Lakukan secara rutin selama satu atau dua minggu sampai kutil menghilang.

3. Merawat mata

Kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk perawatan mata, salah satunya untuk melindungi mata dari bahaya radiasi sinar matahari dan menghilangkan kantong mata.

Kulit pisang juga bisa melindungi mata dari radiasi UV yang berbahaya, yang selanjutnya akan mengurangi kemungkinan terkena katarak. Untuk melindungi mata dari radiasi UV caranya yaitu dengan menggosokkan kulit pisang pada area kelopak mata, penggunaan secara teratur dapat menurunkan risiko terkena katarak.

Sedangkan untuk menghilangkan kantong mata, cobalah oleskan bagian dalam kulit pisang pada bagian bawah & atas mata, lakukan hal ini secara teratur dan kantong mata pun akan hilang secara perlahan.

4. Menurunkan kolesterol

Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol jahat ialah serat pangan larut air yang biasa disebut pektin, oleh karena itu kandungan pektin dalam kulit pisang juga bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi pektin dari bahan kulit pisang selama dua minggu mampu menurunkan kadar kolesterol sampai 52 persen.

Dengan menurunnya kadar kolesterol jahat atau LDL, maka hal itu sekaligus menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner.

5. Meredakan rasa nyeri

Kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk meredakan rasa nyeri, caranya tempelkan kulit pisang pada bagian kulit yang sakit, diamkan dan rasakan manfaatnya. Bisa juga membuat pasta dari minyak sayur dicampur kulit pisang, tempelkan pada bagian kulit yang sakit.

6. Mengobati gigitan serangga

Gigitan dari serangga dapat menyebabkan gatal dan rasa sakit, kulit menjadi kemerahan dan timbulnya benjolan atau bentol di area yang digigit. Untuk mengobatinya, gosokkan kulit pisang pada daerah yang sakit agar hilang dengan cepat.

7. Mengobati jerawat

Salah satunya adalah kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Caranya pun sangat mudah, yaitu cucilah kulit yang berjerawat dengan air bersih dan keringkan, tempelkan kulit pisang dan pijat-pijat ringan selama 10 menit, jika kulit pisangnya terasa kering gantilah dengan kulit pisang yang lain. Tunggulah sekitar 20 menit agar kulit dapat menyerap nutrisi dari kulit pisang, bilas dengan air hangat dan keringkan. Ulangi prosesnya 2-3 kali dalam sehari.

Kulit pisang juga mengandung antioksidan, termasuk lutein, yang dapat membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat matahari. Kulit pisang juga mengandung asam lemak teresterifikasi, yang telah digunakan untuk mengobati eksim dan psoriasis.

8. Meningkatkan suasana hati

Penelitian yang pernah dilakukan pakar di Amerika menyebutkan bahwa meminum jus kulit pisang hangat dapat meredakan emosi. Kulit pisang juga mengandung triptofan yang memperbaiki suasana hati dengan cara menaikan kadar serotonin. Serotonin inilah zat yang bertanggung jawab menyeimbangkan emosi dan mood seseorang. Selain kulitnya, buah pisangnya juga mengandung serotonin.

9. Mengatasi kulit keriput

Berkat kandungan nutrisinya, kulit pisang adalah agen hydrating yang baik dan dapat membantu mengobati kerutan dan tanda-tanda penuaan pada kulit. Kulit pisang dapat melembabkan kulit dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

Antioksidan yang terdapat dalam kulit pisang, sangat membantu dalam melawan kulit keriput, oleh karena itu kulit pisang dikenal sebagai agen anti-penuaan yang sangat baik.

Untuk memperoleh khasiatnya, hancurkan bagian dalam kulit pisang, kemudian oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Ini merupakan rahasia alam untuk menyamarkan kerutan-kerutan pada kulit wajah.

10. Mengatasi psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit, ditandai oleh rasa gatal dan kemerahan pada kulit, dan biasanya terjadi pada kuku, tangan, dan juga alat kelamin.

Kulit pisang dapat mengatasi atau setidaknya mengurangi penyebaran yang lebih luas ke bagian tubuh lain dari penyakit ini. Caranya adalah dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada bagian tubuh yang menderita psoriasis. Pada reaksi awalnya mungkin akan timbul kemerahan, tetapi makin lama akan berkurang.

loading...