Gigi yang sehat merupakan salah satu kunci dari kesehatan yang baik, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Menyikat gigi sangat penting untuk mencegah kerusakan gigi, gigi berlubang dan penyakit gusi.

Selain menyikat gigi, terdapat juga beberapa jenis makanan yang dapat membantu anda mempunyai gigi sehat. Makanan dengan kandungan mineral dan vitamin yang dapat menetralisir asam dan merangsang produksi air liur merupakan jenis makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan gigi kita.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan atau minuman yang akan meningkatkan kesehatan gigi:

1. Air

Minum air setiap kali memakan sesuatu akan mencuci mulut dan membersihkan sisa-sia makanan yang tertinggal di dalam mulut, sehingga akan mencegah timbulnya bakteri atau kuman-kuman lain yang bisa menyebabkan masalah gigi, misalnya pembentukan plak gigi dan gigi berlubang.

Selain itu, banyak minum air putih juga bisa menjaga produksi saliva, atau air ludah, sehingga kebersihan dan kesehatan di dalam mulut akan selalu terjaga.

Manfaat lainnya meminimalkan timbulnya gigi sensitif, dengan berkumur atau meminum air putih, gigi sensitif yang biasanya timbul saat mengonsumsi makanan atau minuman panas, dingin, manis, atau asam menjadi sedikit reda.

2. Susu

Susu menyediakan kalsium dan fosfat bersama dengan vitamin D, yang memungkinkan tubuh untuk memanfaatkan kalsium yang dapat memperkuat gigi dan tulang. Kalsium ini juga membantu menjaga gigi tumbuh dengan sehat dan mencegah gigi berlubang.

Kalsium pada susu bukan hanya penting untuk tulang, juga dapat membuat gigi lebih kuat dan sehat. Kalsium membantu melindungi gigi ari penyakit periodontal (gusi) dan menjaga tulang rahang tetap kuat dan sehat. Karena perempuan lebih beresiko terhadap penyakit periodontal jika mereka tidak menyerap cukup kalsium dari makanan sehari-hari mereka, hal ini sangat penting bagi perempuan untuk makan dan minum banyak makanan yang kaya kalsium.

3. Keju

Karena merupakan makanan olahan dari susu, keju juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan gigi, karena kandungan kalsium dan fosfor. Keju mampu menghambat pengeroposan email gigi, karena keju dapat merangsang aliran air ludah dan menghilangkan rasa asam di rongga mulut. Lemak dalam keju juga mampu mengurangi plak dan bakteri di permukaan gigi.

Keju tidak hanya berfungsi sebagai pencegah gigi berlubang, tetapi juga dapat membantu menyembuhkan gigi yang berlubang. Asupan keju secara teratur ditambah dengan sikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur membuat proses pemutihan alami gigi dan penyembuhan lubang gigi semakin cepat. Sedangkan, kandungan kasein – protein utama yang terdapat dalam susu – berfungsi sebagai pelindung gigi.

4. Jeruk

Jeruk dapat membantu menjaga gusi tetap sehat dengan memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat, termasuk jaringan ikat pada gigi di rahang.

Minum jus jeruk juga bisa membantu membuang bakteri keluar dari mulut, hanya saja karena jus jeruk bersifat asam, anda harus minum air putih setelah minum jus jeruk untuk menetralisir raaa asam di mulut.

Vitamin C dalam jeruk juga dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat mencegah atau memperlambat perkembangan gingivitis atau radang gusi.

5. Apel

Apel merupakan buah yang dapat meningkatkan produksi air liur yang bermanfaat untuk menjaga kesehtan gigi dan mulut, diantaranya mencegah terbentuknya lubang gigi. Kandungan vitamin dan mineral dalam apel juda dapat meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan.

Tekstur yang keras dari apel dan tidak lengket akan membuat gigi anda terjaga dan tetap bersih. Buah renyah ini dapat bertindak layaknya sikat gigi mini, sewaktu dikunyah, daging apel dapat membantu menggosok noda yang membandel pada gigi dan gusi.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan gigi, seperti fosfor, magnesium, kalium, seng, dan yang paling penting, kalsium. Kalsium memiliki manfaat untuk remineraliasi gigi. Kacang dengan kandungan kalsium tertinggi adalah almond dan kacang brazil.

Selain itu kacang tanah, almond, walnut, kacang mete, dll, memiliki banyak serat yang diperlukan, tiamin, vitamin, dll, yang semuanya dapat menjaga kesehatan gigi.

Ada juga orang yang memanfaatkan kacang tanah untuk membantu memutihkan gigi dengan cara yang mudah, yaitu dengan mengunyah kacang tanah sampai hancur lalu bersihkan gigi anda menggunakan pasta gigi hingga bersih, lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasilnya. Tapi, hati-hati saat mengunyah kacang, karena hal ini sama saja dengan melakukan banyak tekanan pada gigi, yang mungkin dapat menyebabkan kerusakan gigi.

7. Teh

Teh, baik teh hijau dan hitam mengandung polifenol yang dapat menetralisir bakteri yang membentuk plak. Dengan minum teh, pembentukan asam menyerang gigi dapat dicegah. Hijau dan teh hitam juga memiliki kemampuan untuk melawan penumpukan plak. Minum teh hijau juga sangat baik untuk kesehatan mulut.

Kemampuan anti inflamasi dalam teh hijau dapat membantu mengendalikan masalah gusi. Sebuah survei di Jepang hampir 1.000 orang menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau secara teratur memiliki gusi sehat daripada mereka yang tidak. Sebuah penelitian di Jerman juga menemukan hasil yang positif pada orang yang diminta untuk mengunyah permen yang mengandung ekstrak teh hijau.

8. Chocolate hitam

Kandungan tannin dalam cokelat hitam dapat membantu menghancurkan plak, yang apabila bereaksi dengan asam bisa menimbulkan penyakit gusi.

Selain itu, kakao dalam cokelat juga dapat mengurangi produksi asam, selain itu chocolate hitam juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di gusi.

“Dark choholate” juga mengandung polyphenol  dan flavanois yang merupakan zat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Flavanoids ini sebenarnya merupakan zat yang bisa melindungi tubuh dari kanker, selain itu zat ini juga berguna bagi kesehatan gigi, yakni dapat mengurangi kerusakan gigi. Sedangkan polyphenol sangat bermanfaat untuk membatasi kerja bakteri di dalam mulut, sehingga dapat mencegah terjadinya bau napas tak sedap, penyakit gusi, juga gigi berlubang

9. Strawberry

Seperti jeruk dan buah jeruk lainnya, stroberi yang penuh dengan permen-bangunan vitamin C. Vitamin C diperlukan untuk produksi kolagen, protein kunci yang mempertahankan kekuatan gusi Anda 'dan integritas - dan gusi yang kuat merupakan bagian integral dari kesehatan mulut secara keseluruhan. Hanya setengah cangkir stroberi segar memberikan lebih dari 70 persen dari nilai harian untuk vitamin C!

10. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon dan mackerel Atlantik adalah salah satu sumber makanan yang baik beberapa vitamin D. Vitamin D sangat penting untuk kesehatan mulut karena memungkinkan tubuh Anda untuk menyerap dan menggunakan kalsium, nutrisi yang melindungi gigi dan gusi dari penyakit. Vitamin D ditemukan pada ikan salmon membuat lebih mudah untuk gigi dan tulang untuk mendapatkan kekuatan penuh kalsium dari makanan yang Anda makan.

loading...