Nangka merupakan buah yang populer, selain rasanya yang enak dan harum aromanya, nangka juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nangka memiliki kandungan yang tinggi akan kalium, serat, vitamin C, vitamin B6, dan magnesium. Selain itu nangka juga mengandung kalsium, vitamin A, zat besi, dan bahkan protein.

Buah tropis yang banyak terdapat di Asia Tenggara ini, selain ditanam di kebun dan pekarangan rumah bahkan banyak tumbuh liar di hutan-hutan, memiliki ukuran buah yang besar dan berat serta dilindungi oleh duri-duri lunak. Buah matangnya yang harum dan manis, bisa dimakan langsung maupun dibuat es buah yang menyegarkan, juga bisa dibuat keripik renyah untuk camilan.

Nangka memiliki banyak manfaat, kayunya serta buahnya sudah sangat umum dimanfaatkan, bahkan daun, akar dan kulitnya dikenal memiliki sifat obat dan telah digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Studi praklinis menunjukkan bahwa nangka memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antibakteri, antikariogenik, antijamur, antineoplastik, hipoglikemik, dan menyebabkan penurunan sementara dalam aktivitas seksual.

Berikut adalah beberapa manfaat makan nangka secara teratur bagi kesehatan:

1. Mencegah kanker

Nangka mengandung sejumlah besar tiga fitonutrien tertentu seperti lignan, isoflavon dan saponin, yang masing-masing memiliki manfaat sebagai anti-kanker yang kuat. Sementara saponin yang dikenal untuk mencegah kanker usus besar dan leukemia, lignan dan isoflavon membantu dalam mengobati kanker endometrium.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Nangka mengandung vitamin A yang tinggi, yang bermanfaat dalam melindungi mata dari infeksi, meningkatkan pandangan mata dan mencegah masalah penglihatan. Vitamin A merupakan anti-oksidan yang dapat meningkatkan penglihatan dan melindungi mata dari radikal bebas. Vitamin A juga dapat melindungi mata dari infeksi bakteri dan virus dengan memperkuat selaput lendir yang membuat layer pada kornea. Makan nangka secara teratur dapat melindungi kornea dan juga melawan infeksi.

3. Menyediakan energi

Karbohidrat dan vitamin B dalam nangka membuatnya menjadi sumber kaya energi. Vitamin B1 dan B2 akan mengkonversi karbohidrat tersebut menjadi energi; dan ini merupakan suatu kombinasi yang unik dari nangka sebagai buah penyedia energi. Karena indeks glikemiknya yang rendah, makan nangka akan menyuplai energi tetapi tidak akan menyebabkan kenaikan tingkat gula darah. Hal ini sangat baik bagi penderita diabetes.

4. Meningkatkan sistem pencernaan

Makan nangka secara teratur dapat meningkatkan sistem pencernaan, hal ini karena kandungannya yang tinggi serat (3,6 g untuk setiap 100 g). Kandungan serat yang tinggi dalam nangka dapat membantu pencernaan lebih sehat dan ekskresi efektif yang membuat saluran pencernaan menjadi bersih dan sehat. Hal ini akan mengurangi sembelit dan juga melindungi usus besar dengan membuang racun dan bahan kimia karsinogenik dari usus besar.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Makan nangka dapat mencegah kulit keriput dan meningkatkan kecerahan kulit, hal ini berkat kandungan antioksidan dalam nangka yang dapat menetralisir radikal bebas. Makan nangka juga dapat melindungi kulit yang kerusakan akibat paparan sinar matahari.

6. Mengurangi berat badan

Kandungan serat yang tinggi dalam nangka dapat membantu dalam detoksifikasi tubuh. Selain itu, buah nangka rendah lemak dan rendah kalori sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah. Makan nangka membuat kita merasa kenyang dan bisa menghindari makan 'berat', sehingga baik bagi orang yang sedang diet.

7. Mengatasi insomnia

Kandungan mineral tembaga dalam nangka lebih mudah diserap oleh tubuh dan pada gilirannya akan membantu dalam menghindari masalah seperti kecemasan, panik dan sulit tidur, yang semuanya disebabkan oleh defisiensi tembaga. Kandungan magnesium dan zat besi dalam nangka dapat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Magnesium juga membantu dalam mencegah anemia yang merupakan salah satu penyebab utama insomnia.

8. Meningkatkan memori

Makan nangka secara teratur dapat membantu dalam meningkatkan fungsi kognitif. Antioksidan dalam nangka membantu dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak, sehingga mengurangi kapasitas kognitif.

9. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Nangka memiliki kandungan yang tinggi akan Vitamin C, yaitu 13.8 mg per 100 grams, yang merupakan antioksidan terbaik dan efisien dalam melawan radikal bebas dalam tubuh.

Ternyata nangka tidak hanya dilengkapi dengan vitamin C, tetapi juga gula sederhana yang dianggap dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tikus, yang melibatkan analisis sifat meningkatkan kekebalan dari gula yang terdapat dalam nangka, para peneliti menemukan bahwa buah nangka memiliki polisakarida yang dapat membantu dalam meningkatkan fungsi sel fagositik, yang merupakan sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh.

10. Mengurangi tekanan darah

Karena kandungan kalium-nya, makan nangka dapat mengurangi dan mengendalikan tekanan darah, yang selanjutnya akan dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung, stroke, dan gangguan jantung lainnya.

Kalium berperan dalam mengontrol natrium, seperti diketahui, kadar natrium dalam tubuh yang tidak terkendali dapat menyebabkan kerusakan besar ke jantung dan arteri. Selain itu kalium juga berperan dalam menjaga keseimbangan elektrolit bersama dengan mengatur fungsi otot, termasuk otot jantung. Hal ini menjadikan peran kalium sangat penting dalam mengendalikan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

11. Memperkuat tulang

Makan nangka secara teratur juga bermanfaat dalam memperkuat tulang. Selain mengandung kalsium, nangka juga mengandung vitamin C dan magnesium yang dapat membantu dalam penyerapan kalsium.

loading...