Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang banyak diderita di masyarakat, dan merupakan kanker yang paling banyak diderita oleh wanita. Secara umum, gejala awal kanker payudara adalah benjolan atau penebalan pada jaringan kulit payudara, tetapi tidak semua benjolan tersebut menandakan kanker.

Pengobatan penyakit kanker payudara ini akan sangat tergantung pada tahap deteksi, jika terdeteksi pada stadium awal, kanker dapat diobati sebelum menyebar ke bagian lain tubuh. Itu sebabnya, wanita sering disarankan untuk melakukan skrining, karena gejala pada tahap awal bisa sulit untuk dideteksi. Sayang sekali bahwa ternyata kebanyakan penderita kanker payudara pergi ke rumah sakit setelah kankernya stadium lanjut., hal ini akan mempengaruhi prognosis dan tingkat kesembuhan pasien.

Gaya hidup aktif dan sehat juga dapat memainkan peran besar dalam mencegah kanker payudara. Selain itu terdapat juga beberapa jenis makanan yang juga berperan dalam mencegah terjadinya kanker payudara. Superfood ini sangat bergizi dan memiliki kemampuan dalam menghentikan sel-sel kanker ganas tumbuh dan menyebar.

Berikut adalah beberapa jenis superfood yang berguna untuk mencegah kanker payudara:

1. Jamur

Berbagai penelitian dalam beberapa tahun terakhir telah menemukan bahwa superfoods seperti jamur secara efektif dapat mencegah kanker payudara. Senyawa yang hadir dalam superfood ini dapat menghentikan penyebaran sel-sel kanker ganas.

Salah satu penelitian dilakukan oleh Ida Susanti dari Universitas Indonesia, yang menemukan manfaat jamur tiram (Pleurotus ostreatus) sebagai pembasmi kanker payudara. "Penelitian saya ini meneliti efek isolat dan beta-glukan dari jamur tiram untuk antikanker payudara," katanya.

2. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau dengan kandungan gizi yang sangat baik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah kemampuannya untuk menurunkan risiko kanker payudara. Untuk memperoleh manfaatnya, makanlah brokoli setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Sebuah penelitian di Pusat Kanker Universitas Michigan, Amerika Serikat, telah meneliti dan menguji sulforaphane, suatu senyawa pada brokoli dan kecambah brokoli dan menemukan bahwa sulforaphane bisa membunuh sel induk kanker (stem cells) dan mencegah tumbuhnya tumor baru.

3. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan kurkumin, suatu senyawa yang dapat mencegah sel kanker tumbuh dan menyebar. Sejumlah penelitian laboratorium pada sel kanker telah menunjukkan bahwa kurkumin memang memiliki efek antikanker, yaitu dapat membunuh sel kanker dan mencegah sel kanker untuk tumbuh kembali. Kurkumin pada kunyit memiliki efek terbaik untuk kanker payudara, kanker usus, kanker perut dan sel-sel kanker kulit.

Untuk memperoleh manfaatnya, tambahkan kunyit ke dalam makanan atau buat ramuan berbahan kunyit untuk diminum, lakukan hal ini setiap hari dan anda akan merasakan efeknya secara signifikan dalam menurunkan risiko kanker payudara.

4. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu makanan super yang sangat ampuh yang dapat mencegah sejumlah penyakit, termasuk kanker payudara.

Menurut sebuah penelitian laboratorium menyebutkan bahwa bawang putih tidak menimbulkan efek samping saat membunuh sel kanker. "Zat dalam bawang putih yang bernama diallyl sulfide (DAS), diallyl disulfide (DADS) dan diallyl trisulfide (DATS) memberikan perlindungan terhadap karsinogen," ungkap peneliti yang diterbitkan dalam jurnal American Cancer Association. Suatu penelitian sebelumnya pada tahun 2001, juga menjelaskan bahwa zat sulfur dalam bawang putih baik untuk mencegah pertumbuhan kanker.

Selain itu, sebuah studi di Prancis menemukan bahwa peningkatan konsumsi bawang putih dikaitkan dengan penurunan signifikan secara statistik pada risiko kanker payudara.

Untuk memperoleh manfaatnya, sertakan bawang putih dalam makanan harian anda. Meski demikian, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, bawang putih harus dimakan mentah. Hal ini dikarenakan proses memasak akan menghancurkan enzim yang ada dalam bawang putih, padahal enzim tersebut yang bekerja mencegah pertumbuhan sel kanker.

5. Bayam

Bayam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dapat mencegah kanker payudara. Karotenoid dan glikolipid yang terkandung dalam bayam terbukti dapat menghambat pertumbuhan dari sel kanker payudara. Beberapa studi telah menemukan bahwa konsumsi bayam dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker payudara. Konsumsi bayam juga dapat membantu melawan efek pemicu kanker dari besi heme dalam daging merah.

Sebuah studi tahun 1997, yang meneliti korelasi antara risiko kanker payudara dengan diet tinggi beta karoten dan vitamin A, menemukan bahwa wanita yang makan bayam dan wortel lebih dari dua kali seminggu memiliki resiko kanker payudara yang berkurang sekitar 44%.

6. Salmon

Salmon merupakan salah satu superfood yang sangat bermanfaat dalam menurunkan resiko kanker payudara, hal ini dikarenakan salmon mengandung agen anti-kanker dan asam lemak omega-3. Kandungan omega-3, vitamin B12 dan vitamin D pada salmon menyediakan tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatur pertumbuhan sel dan mencegah kanker. Bahkan, beberapa jenis vitamin B12 (methylcobalamin) terbukti efektif dalam pengobatan kanker.

Suplemen minyak ikan dapat menurunkan resiko karsinoma duktal, suatu jenis yang paling umum dari kanker payudara, demikian menurut sebuah penelitian di Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention. Diperkirakan bahwa asam lemak omega-3 dalam minyak ikan mengurangi peradangan, yang dapat berkontribusi untuk kanker payudara. Dengan makan salmon sekitar 8 ons setiap minggu, akan memperoleh manfaat yang sama dalam penurunan risiko kanker payudara.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat berperan sebagai antioksidan kuat menghancurkan sel-sel kanker, termasuk kanker payudara.
Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Molecular and Cellular Oncology menjelaskan bahwa di dalam minyak zaitun terkandung zat sehat yang disebut dengan oleocanthal. Oleocanthal akan bekerja dengan cara memecah inti sel yang disebut dengan lisosom dan kemudian oleocanthal akan mengeluarkan protein yang dapat mematikan sel kanker, dan oleocanthal ini tidak membahayakan sel-sel sehat anda sehingga kesehatan anggota tubuh lainnya tidak terganggu.

Peneliti pun menyarankan agar anda yang merupakan penderita sel kanker segera mengganti konsumsi minyak biasa dengan minyak zaitun.

8. Delima

Delima mengandung asam ellagic, suatu antioksidan kuat yang dapat menghambat enzim yang berperan dalam perkembangan kanker payudara. Delima merupakan buah yang kaya akan antioksidan, juga dikaitkan dengan pencegahan penyakit jantung dan kanker prostat.

Untuk memperoleh manfaatnya, makanlah delima baik dalam bentuk jus maupun dimakan langsung, hal ini bermanfaat untuk mencegah munculnya kanker payudara.

9. Blueberi

Selain rasanya enak, blueberry memiliki nutrisi anti kanker juga kaya akan vitamin, mineral, dan anti oksidan yang dapat mencegah kanker payudara. Penelitian menunjukkan bahwa pterostilbene, suatu phytonutrisi dalam blueberry, dapat menghentikan pertumbuhan tumor kanker payudara dengan menyebabkan sel kanker menghancurkan diri sendiri, proses yang disebut apoptosis.

10. Telur

Kolin, suatu nutrisi penting yang banyak terkandung dalam telur, diklaim bisa menurunkan risiko kanker payudara sebesar 24%, demikian menurut sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan lebih dari 3.000 wanita. Kolin ditemukan dalam kuning telur dan berperan dalam memastikan agar sel berfungsi dengan baik.

loading...