Asupan makanan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, juga tinggi badannya. Semua orang tua pasti ingin anaknya menjadi tumbuh tinggi, selain faktor genetik, ternyata asupan makanan juga bisa membantu mempengaruhi tinggi badan si anak kelak.

Pemilihan makanan yang tepat di fase awal kehidupan si anak, sangat direkomendasikan untuk memperoleh progress tumbuh kembang yang baik. Anak yang sehat, tumbuh tinggi, tegak dan kuat merupakan dambaan semua orang tua.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu anak tumbuh sehat dan tinggi:

1. Lobak

Pada lobak ditemukan banyak hormon pertumbuhan, dan memakan lobak dapat membantu anak tumbuh tinggi. Lobak memiliki kandungan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat, yang dapat membantu meningkatkan hormon dalam tubuh, yang selanjutnya dapat membantu badan tumbuh tinggi. Untuk memperoleh manfaatnya, makan lobak setiap hari, bisa dengan memasukkannya ke dalam menu makan harian anda.

2. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang sangat baik untuk pertumbuhan anak, karena mengandung banyak nutrisi yang sangat diperlukan tubuh seperti zat besi, magnesium, potassium, zinc, vitamin K, vitamin D, vitamin A dan juga kalsium. Dua mineral yang dikandungnya, yaitu kalsium dan zat besi, berperan penting dalam membantu proses anak tumbuh lebih tinggi.

Sayuran berdaun hijau ini juga sangat baik untuk membuat sistem kekebalan tubuh anak-anak menjadi lebih kuat.

3. Buah-buahan

Buah-buahan seperti mangga, buah persik dan lain-lainnya, memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A, yang dapat membantu si anak untuk tumbuh tinggi. Makan buah-buahan juga dapat membantu anak mendapat sistem kekebalan tubuh yang sehat dan juga memperkuat tulang.

4. Bok choy

Bok choy, yang merupakan jenis kubis, mengandung banyak mineral, vitamin, serat, dan karbohidrat. Mengkonsumsi bok choy secara rutin akan merangsang pertumbuhan hormon-hormon tubuh yang mendorong naiknya tinggi badan.

5. Wortel

Wortel kaya akan kandungan vitamin A, yang terbukti bermanfaat dalam sintesis protein dalam tubuh. Biasakan anak untuk makan wortel, selain baik untuk penglihatan anak, wortel juga bisa membantu anak untuk tumbuh tinggi dan memiliki kulit yang baik.

6. Kedelai

Kedelai dapat membantu pertumbuhan yang sehat dari otot dan tulang dalam tubuh. Bagi seorang vegetarian, kedelai merupakan sumber terbaik dari protein. Kedelai kaya akan protein dan itu dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan tulang dan otot. Kedelai tersedia dalam berbagai bentuk olahan, misalnya tahu, tempe dan susu kedelai.

7. Brokoli

Brokoli kaya akan kandungan zat gizi, seperti kalsium, potasium, fosfor, magnesium, folat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, zinc, dan berbagai mineral lainnya, hal ini menjadikan brokoli sebagai superfood dengan manfaat bagi kesehatan yang sangat melimpah. Salah satu manfaat brokoli yaitu dapat membantu meninggikan badan anak-anak. Makan brokoli setiap hari dapat merangsang hormone-hormon pertumbuhan di dalam tubuh sehingga bisa menambah tinggi badan anak anda.

8. Ayam

Ayam merupakan sumber makanan yang kaya akan protein, yang sangat berguna untuk pembentukan jaringan baru pada tubuh serta untuk pembentukan otot, yang selanjutnya dapat membantu anak untuk tumbuh lebih tinggi. Juga, daging ayam relatif lebih sehat dibanding daging produk hewan lainnya.

9. Telur

Telur kaya akan protein yang berperan penting dalam membantu meningkatkan tinggi badan. Untuk memperoleh manfaatnya makanlah telur setiap hari, salah satu cara yang lebih sehat adalah dengan cara merebusnya, karena kandungan nutrisi di dalam telur tetap terjaga. Ada juga yang mengatakan bahwa makan putih telurnya saja lebih bermanfaat dalam upaya meninggikan badan, dibanding makan kuning telurnya.

Selain itu telur mengandung vitamin D dan kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang, yang akan menyangga badan tinggi si anak.

10. Susu

Susu merupakan sumber yang kaya akan kalsium, yang akan membantu memperkuat tulang dan juga dapat meningkatkan tinggi badan. Biasakan anak minum susu setiap hari di pagi hari untuk memastikan tubuh yang sehat dan tumbuh lebih tinggi.

11. Yoghurt

Sebagai sebuah makanan olahan dari susu, yogurt juga merupakan sumber yang kaya akan protein, kalsium dan vitamin D. Selain sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan tinggi badan anak, yogurt juga bermanfaat dalam melancarkan sistem metabolisme tubuh.

loading...