Sawo merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer, banyak ditanam di pekarangan dan buahnya banyak dijual di pasaran. Sawo memiliki buah berbentuk bulat, berkulit coklat & tipis, rasanya manis dan menyegarkan. Buah sawo juga memiliki kandungan zat gizi yang baik bagi kesehatan, kaya akan kandungan air, Vitamin A, B, C, kalsium, fospor, zat besi dan mineral lainnya.

Sawo memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh, bahkan buah sawo baik dimakan oleh ibu hamil karena bisa mengurangi kejadian morning sickness. Sawo juga bisa dimakan untuk menjaga dan mencukupi kebutuhan energi untuk aktifitas harian anda, mencegah dan mengobati berbagai masalah kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat sawo bagi kesehatan tubuh, tidak hanya buahnya, bahkan biji dan daunnya juga:

1. Sawo kaya vitamin A & C

Vitamin A dalam sawo bermanfaat dalam membantu fungsi penglihatan dan menjaga penglihatan tetap baik di usia tua. Sedangkan Vitamin C, seperti yang terkandung dalam buah jeruk dll, berkhasiat membantu kita untuk memiliki kekebalan tubuh yang kuat, mengurangi gangguan jantung, dan lain-lain.

2. Membantu ibu hamil

Kandungan Vitamin B dalam sawo dapat membantu wanita hamil mengurangi morning sickness, sedangkan kandungan kolagen di dalamnya dapat membantu dalam mengatasi penyakit yang berhubungan dengan lambung. Vitamin, karbohidrat dan elektrolit dalam sawo juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan menyusui.

3. Meningkatkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam sawo sangat baik untuk sistem pencernaan, hal ini bisa membuat anda terhindar dari sembelit dan susah buang air. Makan sawo secara teratur juga dalah mencegah anda dari terkena sindrom iritasi usus besar.

Sawo juga mengandung tanin, suatu zat anti inflamasi, dengan kadar yang tinggi. Hal ini menjadikan sawo berkhasiat dalam menjaga dan meningkatkan sistem pencernaan melalui pencegahan penyakit seperti esofagitis, enteritis, sindrom iritasi usus dan gastritis. Sawo juga dapat mengurangi peradangan dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

4. Sumber energi

Kandungan yang kaya akan fruktosa dan sukrosa dalam sawo menjadikannya buah ini merupakan sumber yang kaya akan energi bagi tubuh. Jika anda memiliki aktifitas yang padat, cobalah untuk membekal sawo dan memakannya jika anda merasa lapar, hal ini ibarat anda mencharge ponsel jika baterai mulai habis.

5. Mengusir batu ginjal

Biji sawo yang dihancurkan memiliki efek diuretik, oleh karena itu dapat membantu menyehatkan kandung kemih dan mengusir batu ginjal.

6. Menguatkan tulang dan gigi

Sawo memiliki banyak kandungan mineral yang sangat baik untuk memperkuat tulang, yaitu fosfor, zat besi, kalsium, seng, tembaga, dan selenium. Oleh karena itu, makan sawo secara teratur akan menjaga tulang tetap kuat sampai usia tua nanti.
Kandungan fosfor dan kalsium dalam sawo juga bagus untuk menjaga kesehatan gigi.

7. Menyehatkan rambut

Ekstrak biji sawo dapat digunakan untuk membantu melembabkan dan melembutkan rambut. Selain itu juga dapat memelihara kulit kepala dengan mengurangi kondisi kulit yang iritasi dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak dari ekstrak biji sawo juga dianggap efektif dalam mengobati rambut rontok yang disebabkan oleh penyakit dermatitis seboroik.

8. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan, serat makanan dan nutrisi dalam sawo, dapat memberikan perlindungan terhadap kanker dan bisa mengikat karsinogen (racun) untuk melindungi selaput lendir usus besar. Kandungan Vitamin A dalam sawo juga memberikan perlindungan terhadap kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

9. Mengontrol tekanan darah

Kandungan magnesium dalam buah membuat pembuluh darah dalam kondisi sangat baik, sedangkan kalium di dalamnya Mengatur tekanan dan sirkulasi darah. Besi, di sisi lain, membantu dalam menyembuhkan anemia.

10. Menjaga berat badan

Sawo dapat membantu menyingkirkan retensi air dari tubuh dan juga dapat membantu meningkatkan metabolisme, hal ini membuat bisa membantu menurunkan berat badan.

Karena memiliki sifat diuretik, sawo juga bisa membantu membuang racun dari dalam tubuh melalui urinasi, hal ini juga bisa disebut bahwa sawo memiliki manfaat detoksifikasi.

11. Menyehatkan kulit

Kandungan Vitamin E dalam sawo dapat melembabkan kulit, yang selanjutnya akan membuat kulit menjadi sehat dan cantik, serta bebas dari kerutan, sehingga anda terlihat lebih muda karena memiliki kulit yang sehat.

12. Mengatasi radang mulut

Daun sawo juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi radang mulut. Caranya dengan mencuci bersih daun sawo lalu rebus selama 10 menit, gunakan rebusan dari daun sawo untuk berkumur. Selain itu, sawo mentah juga bisa digunakan untuk mengatasi radang mulut.

13. Menghentikan pendarahan

Sawo memiliki sifat haemostatik, yaitu bisa menghentikan kehilangan darah. Dengan demikian, sawo bisa dimanfaatkan untuk menghentikan pendarahan pada bagian tubuh yang terluka atau cedera.

loading...