Terong atau terung merupakan sayuran yang banyak dijumpai di pasaran dan banyak dimanfaatkan oleh ibu-ibu sebagai menu masakan di rumah. Terung merupakan anggota tanaman famili Solanaceae, banyak dibudidayakan sejak masa prasejarah di timur dan selatan Asia, saat ini Indonesia termasuk 5 besar penghasil terong di dunia sesudah China, India, Mesir serta Turki.

Buah terong mengandung beberapa nutrisi yang dikategorikan sebagai antioksidan, yaitu asam caffeic, asam klorogenat dan nasunin, selain itu terong juga mengandung Vitamin A, B6, C, kalium, magnesium, zat besi dan folat.

Terong mengandung nasunin, suatu antioksidan yang dapat memberi perlindungan pada membran sel tubuh dari serangan radikal bebas lewat menyediakan nutrisi untuk otak. Membran sel otak memiliki kandungan lipid yang tak terbatas melindungi sel tubuh dari hantaman radikal bebas namun juga menyerap zat gizi untuk tubuh dan mengeluarkan sisa metabolisme tubuh.

Nasunin juga memiliki kemampuan antiangiogenesis, yang dapat membantu mencegah sel kanker untuk tumbuh dan mengembangkan diri. Juga nasunin memiliki kemampuan untuk mengikat zat besi bila ada kondisi kelebihan zat besi pada tubuh.

Kandungan lainnya dalam terong, yaitu asam klorogenat juga dapat dianggap sebagai antioksidan kuat dengan banyak manfaat, antara lain bermanfaat menurunkan LDL (kolesterol buruk), mengusir radikal bebas penyebab kanker, melindungi dan mencegah sel-sel tubuh bermutasi menjadi sel-sel kanker, dan memiliki sifat antivirus yang dapat membantu mengobati dan mencegah penyakit karena virus.

Berikut adalah beberapa manfaat terong bagi kesehatan tubuh:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian telah menunjukkan bahwa terong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol lebih rendah dalam tubuh dan membantu meningkatkan aliran darah. Hal ini merupakan manfaat dari kandungan asam klorogenat dalam terong, yang merupakan antioksidan.

2. Mencegah kelebihan zat besi

Senyawa nasunin dalam terong memiliki kegunaan untuk mengikat zat besi bila terjadi kelebihan zat besi pada tubuh. Zat besi sangat baik dan berguna dalam tentu bagus untuk peranannya dalam sistem kekebalan serta sirkulasi oksigen dalam tubuh. Namun bila konsentrasi dalm darah terlalu banyak, zat besi akan memperbesar kemungkinan terkena penyakit jantung dan kanker.

3. Memberi nutrisi dan menyehatkan otak

Kandungan phytonutrisi anthocyanin yang disebut nasunin dalam kulit terong ungu sangat berkhasiat untuk menutrisi salah satu organ terpenting tubuh kita, yaitu otak. Selain menutrisi otak, nasunin juga berguna untuk melindungi membrane sel otak dari radikal bebas berbahaya. Dengan adanya nasunin ini, otak kita akan mendapatkan nutrisi yang lebih baik dan memudahkan untuk berpikir.

4. Membantu menghentikan kebiasaan merokok

Bila seseorang sudah terbiasa merokok, untuk menghentikannya memang sangat sulit, bukan? Nah, jika Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok, tak ada salahnya menambah terong dalam pola makan sehari-hari Anda. Terong dapat membantu menekan hasrat merokok karena terong mengandung sejumlah kecil nikotin.

5. Mencegah anemia

Manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh yang lain yaitu dapat mencegah terjadinya anemia. Itu karena kandungan nutrisi, vitamin dan zat besi yang terdapat dalam terong yang sangat berguna dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia  yang sering terjadi pada beberapa orang yang kekurangan akan zat besi.

6. Sebagai anti bakteri

Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam terong dapat menjadi sumber anti virus dan anti bakteri yang sangat efektif . Ini semua karena kandungan yang terdapat pada terong yaitu antara lain folat, serat, Vitamin B, mangan, tembaga, kalium, Vitamin K, triptofan, Vitamin C dan magnesium.

7. Mengontrol kadar gula darah

Terong memiliki kandungan serat yang tinggi serta rendah akan karbohidrat larut, sehingga terong sangat bermanfaat dalam mengontrol dalam penyerapan glukosa serta mengatur kadar gula dalam darah. Oleh karena itu terong merupakan salah satu makanan yang baik bagi penderita penyakit diabetes tipe 2.

8. Melembabkan kulit kepala

Terong memiliki beberapa kandungan mineral serta vitamin yang sangat baik untuk menutrisi kulit kepala agar selalu sehat. Sehingga memungkinkan untuk terhindar dari berbagai masalah yang biasanya timbul pada kulit kepala.

9. Meningkatkan gairah seks pria

Adapun beberapa mitos dalam masyarakat yang menyatakan bahwa terong membuat loyo badan . Akan  tetapi mitos ini justru salah karena faktanya terong sangat kaya akan manfaat. Karena terong malah dapat meningkatkan gairah sexual pada pria, disebabkan karena efek afrodisiaknya. Terong juga merupakan salah satu jenis sayuran yang bermanfaat untuk kesuburan pria.

10. Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat terong untuk kesehatan kulit yaitu dapat mencegah penuaan dini, itu dikarenakan kandungan vitamin E yang terkandung di dalam terong. Untuk mendapatkan manfaat hasil yang maksimal dalam mencegah penuaan dini serta keriput konsumsilah terong secara rutin.

Selain itu, terong juga mengandung banyak air, hal ini akan membantu tubuh dan menjaga tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik. Kandungan mineral dan vitamin dalam terong juga dapat membantu menjaga kondisi kulit.

11. Mencegah kanker usus besar

Terong mengandung kaya akan serat dalam jumlah yang tinggi yang dimana sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengobati kanker usus besar. Ini semua di karenakan terong berfungsi dalam penyerapan bahan - bahan kimia dan racun yang merupakan penyebab dari terjadinya kanker usus besar.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, terong juga dapat mencegah sembelit.

12. Anti kanker

Kandungan polifenol dalam terong memiliki efek untuk anti kanker, sementara anthocyanin dan klorogonat berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Inilah yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan akan mencegah pertumbuhan sel kanker.

13. Menjaga berat badan

Kandungan serat dalam terong dapat membantu mengurangi nafsu makan dan menunda rasa lapar, sehingga makan terong sangat baik jika anda sedang berusaha menurunkan berat badan. Terong sangat baik jika anda sedang diet, karena rendah kalori, tidak mengandung lemak dan tingginya serat.

14. Mencegah pembekuan darah

Terong dapat membantu mencegah pembekuan darah, ini merupakan manfaat dari kandungan Vitamin K dan bioflavonoid dalam terong, yang dapat memperkuat kapiler di dalam tubuh.

loading...